Home » Zakat Profesi, Dalil Hingga Cara Perhitungannya

Zakat Profesi, Dalil Hingga Cara Perhitungannya

Tidak semua orang sudah familiar dengan zakat profesi atau zakat penghasilan. Padahal dalam agama Islam, ada lho zakat yang harus dikeluarkan untuk orang-orang dengan profesi tertentu atau bagi orang yang memiliki penghasilan dan telah memenuhi syarat. Jika kamu adalah salah satu yang belum tahu banyak tentang zakat profesi, maka kamu sudah berada di laman yang tepat. Di sini kamu akan mengetahui segala hal tentang zakat profesi.

Apa Itu Zakat Profesi?

Sesuai dengan namanya, zakat profesi adalah zakat yang harus dikeluarkan dari hasil profesi apabila sudah mencapai nisab. Zakat ini dilaksanakan setiap kali seseorang mendapatkan penghasilan, biasanya satu kali dalam satu bulan. Meski ada juga yang melaksanakan zakat ini dengan akumulasi satu tahun. Lebih lanjut dijelaskan mengenai penghasilan, MUI melalu fatwanya menerangkan bahwa penghasilan adalah pendapatan seperti gaji, honor, upah dan sebutan lainnya. Hal tersebut mesti didapatkan dengan cara yang halal, baik secara rutin ataupun tidak.

Siapakah yang wajib mengeluarkan zakat penghasilan ini? Zakat ini dilakukan oleh orang yang memiliki profesi baik yang dilakukan secara mandiri atau di bawah naungan perusahaan atau perseorangan. Pejabat, pegawai, dokter, pengacara, konsultan dan lainnya termasuk dalam orang-orang dengan profesi dan memiliki penghasilan. Yang terpenting, seseorang yang harus menunaikan zakat ini mesti memiliki penghasilan yang telah memenuhi nisab.

Berapa Nisab Zakat Profesi?

Beberapa waktu lalu, Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas menetapkan standar nisab atau batas harta untuk mereka yang ingin menunaikan zakat penghasilan di tahun 2021. Inilah yang menentukan apakah seseorang wajib mengeluarkan zakat penghasilan atau tidak. Pada Kompas, Direktus Utama Baznas, Arifin Purwakananta menjelaskan bahwa ketentuan ini diputuskan agar nantinya bisa menjadi pedoman dalam pembayaran zakat di seluruh Indonesia. Dengan begitu, nantinya tidak akan ada lagi kebingungan apakah harta seseorang sudah mencapai nisab atau tidak.

Dalam aturannya disebutkan bahwa besaran nisab zakat ini adalah senilai 85 gram emas per tahun. Dengan menghitung rata-rata harga emas Antam selama tiga bulan terakhir yaitu Rp938.000 per gramnya, maka Baznas menetapkan bahwa besaran nisab untuk tahun 2021 adalah Rp79.738.414 per tahun atau Rp6.644.868 per bulan. Dengan begitu, jika seseorang telah memiliki harta sebanyak nilai yang disebutkan tadi maka wajib baginya untuk berzakat 2,5 persen.

Bagaimana Perhitungan Zakat Profesi?

zakat profesi
Ilustrasi sejumlah uang untuk zakat

Formula pasti yang dipakai untuk menghitung zakat penghasilan adalah :

2,5% x Jumlah penghasilan dalam 1 bulan

Tentu saja dengan mengukur apakah penghasilan kamu dalam satu bulan sudah memenuhi nisab atau belum. Di Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia, nisab zakat ditentukan berdasarkan harga emas di tahun tersebut. Jika ingin ditunaikan setiap bulan, maka nilai nisabnya adalah :

1/12 x nilai 85 gram emas

Namun jika nilai penghasilan dalam satu bulan tidak bisa mencapai nisab tersebut, maka zakat ini bisa dilakukan dengan cara mengakumulasi pendapatan pada tahun tersebut. Jika sudah lebih dari nisab, maka bisa membayarkan zakat.

Adakah Dalil Yang Menyebutkan Tentang Kewajiban Zakat Ini?

Ada. Dalam surat Al-Baqarah ayat 267 dijelaskan mengenai zakat profesi. Ayat tersebut berbunyi :

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Berdasarkan ayat tersebut, para ulama kemudian menetapkan bahwa zakat penghasilan ini hukumnya wajib dilakukan terutama bagi yang telah memenuhi syarat.

Maqmur saat ini bekerjasama dengan Dompet Dhuafa untuk penyaluran zakat. Punya pertanyaan mengenai zakat di Maqmur? Temukan jawabannya di Pusat Bantuan : Zakat.