Wanita Haid Baca Al-quran Digital, Bolehkah?

29 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Haid adalah hal alami yang terjadi pada hampir semua wanita setiap bulannya. Untuk wanita yang beragama islam atau muslimah, saat sedang haid ada beberapa kewajiban yang diberikan kelonggaran. Seperti tidak diperbolehkannya melakukan shalat dan puasa. Selain itu, mereka yang tengah haid juga tidak boleh menyentuh dan membaca al-quran. Lalu apakah artinya juga tidak diperbolehkan seorang wanita haid baca al-quran digital?

Pada dasarnya, setiap muslim memang dianjurkan untuk selalu membaca al-quran. Sebab begitu banyak keutamaan dan manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah bisa membuat hati menjadi lebih tenang. Nah, membaca al-quran kini juga makin mudah karena sudah tersedia aplikasi al-quran digital seperti MAQMUR. Dengan perkembangan teknologi ini, muslim kini dapat membaca al-quran dimana dan kapan saja.

Hukum Wanita Haid Membaca Al-quran

Sebelum menjawab pertanyaan apakah wanita haid boleh membaca al-quran digital atau al-quran lewat HP atau tidak, mari kita pahami terlebih dahulu hukum membaca al-quran bagi mereka. Dalam sebuah dalil disebutkan bahwa al-quran bersifat mulia dan hanya boleh disentuh oleh mereka yang dalam keadaan suci.

Sesungguhnya al-quran ini adalah sebuah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihata (Lauhul Mahfuzd), tidak diperbolehkan menyentuhnya kecuali bagi hamba-hamba yang dalam keadaan suci.

QS Al-Waqiah: 76-79

Hal ini juga diperkuat dengan dalil Nabi yang disebutkan oleh Amr Ibn Hazm ra, dimana beliau mengatakan bahwa Rasulullah bersabda:

Hanya orang-orang dalam keadaan sucilah yang diperkenakan untuk menyentuh Al-quran.

HR Imam Malik

Selain itu, ada juga pendapat Imam Nawawi yang mewakili mayoritas ulama menyebutkan bahwa:

Dalam mahzab kami (Syafi’iyyah) yang yang sedang dalam keadaan junub dan bagi para wanita yang haid maka diharamkan untuk membaca Al-Qur’an baik itu sedikit maupun banyak, atau bahkan hanya sebagian ayat saja.

Al-Majmu Syarh Al-Muhadzab

Dari dalil dan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa wanita haid tidak diperbolehkan memegang dan membaca al-quran. Sebab salah satu syarat sahnya adalah dalam keadaan suci.

Hukum Wanita Haid Membaca Al-quran Digital

Lalu apakah hukum serupa juga berlaku jika yang dibaca adalah al-quran digital atau al-quran yang ada di dalam HP? Nah, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa hukum aturan tersebut berlaku untuk mushaf al-quran. Sedangkan al-quran digital disebut bukan termasuk dalam mushaf al-quran.

Dari Pikiran Rakyat, Syekh Ali Jaber menyampaikan bahwa wanita muslim yang sudah biasa membaca al-quran tidak dilarang untuk membaca al-quran ketika sedang haid. Namun mereka dilarang menyentuh al-quran atau mushaf al-quran. Jika yang disentuh adalah al-quran digital atau al-quran pada HP, maka diperbolehkan. Hanya saja, beliau menegaskan bahwa hukum ini berlaku untuk mereka yang sudah terbiasa membaca al-quran. Seperti wanita yang rutin membaca al-quran, sedang melakukan hafalan atau mengajari anak-anaknya.

Itulah sebabnya Islam dianggap sebagai agama yang tidak memberatkan dan tidak menyusahkan. Bahkan ketika dilarang memegang dan membaca mushal al-quran saat haid, seorang wanita muslim tetap bisa membaca al-quran dalam keadaan tertentu.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021