Wajib Sujud Sahwi Jika Melakukan 6 Perkara Ini

10 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Pernah tidak ketika shalat kemudian kamu lupa berapa jumlah rakaat yang kamu lakukan? Tak perlu panik, karena Islam adalah agama yang memudahkan maka ada solusinya kok. Namanya adalah sujud sahwi.

Makna Sujud Sahwi

Kata sahwi merupakan kata serapan dari bahasa Arab dimana ia memiliki arti lalai atau lupa. Maka dengan begitu sujud sahwi dapat diartikan sebagai sujud yang dilakukan karena kelalaian atau lupa akan rukun shalat yang dikerjakan. Salah satu kelalaian atau lupa yang sering dilakukan adalah mengenai jumlah rakaat yang sedang dilakukan. Dalam sebuah hadits disebutkan:

Apabila kalian ragu dalam (jumlah bilangan rakaat) sholat, maka tinggalkan keraguan dan ambilah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya. Lalu jika ternyata shalatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan.

HR. Muslim no. 571

Penyebab Sujud Sahwi

Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa sujud sahwi terjadi karena kita lalai atau lupa.

Nah secara lebih jelas, Al Allamah Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin menyebutkan bahwa penyebab seorang muslim harus sampai melakukan sujud sahwi dalam shalat ada tiga yaitu:

  • Menambah,
  • Mengurangi,
  • Ragu karena lupa.

Jika sudah merasa melakukan ketiga hal di atas, maka diwajibkan untuk menunaikan sujud sahwi.

Tata Cara Sujud Sahwi

Dengan bekal hadits dan kesepakatan yang dibuat oleh ulama, tata cara untuk melakukan sujud ini adalah dengan sujud dua kali sebelum salam. Ya, sujud ini sunnahnya dilakukan di dalam salam seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadits:

Setelah beliau (Rasulullah SAW) menyempurnakan sholatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam.

HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim

Adapun tata cara lebih lanjut untuk melakukan sujud sahwi adalah:

  • Mendahului Dengan Takbir.

Beliau (Nabi) sholat dua rakaat kemudian memberi salam kemudian bertakbir lalu sujud seperti sujud biasa atau lebih lama. Kemudian Beliau mengangkat kepalanya lalu bertakbir kemudian meletakkan kepalanya lalu bertakbir lalu sujud seperti sujudnya yang biasa atau lebih panjang. Kemudian Beliau mengangkat kepalanya dan bertakbir,

HR. Imam Bukhari, Muslim, dan Abu Hurairah
  • Layaknya Sujud Biasa

Tidak ada yang berbeda dengan cara sujud sahwi dan sujud biasa. Sujud ini dilakukan dengan mendekatkan tujuh anggota tubuh ke alas shalat. Tujuh anggota tubuh tersebut adalah kening, telapak tangan, lutut dan ujung kaki.

  • Membaca Bacaan Sujud Sahwi

Adapun bacaan untuk sujud ini adalah Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw yang artinya adalah “Maha suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa“.

  • Lupa Lagi? Ulang Lagi

Sujud sahwi meski banyak (yang dilupakan dalam sholat) tetap dua sujud seperti sujud sholat. Tempat sujud sahwi adalah waktu antara tasyahud akhir dan salam. Kesunahan sujud sahwi luput sebab salam secara sengaja, demikian juga luput bila lupa tetapi jeda setelah salam terlalu lama. Tetapi ketika jeda setelah salam cukup singkat, maka ia melakukan sujud sahwi. Artinya, ia kembali masuk ke dalam sholat.

Perkara Yang Membuatmu Wajib Melakukan Sujud Sahwi

  • Ragu akan jumlah rakaat shalat yang telah dilakukan. Jika ini terjadi, yakinkan diri dan lanjutkan shalat. Lalu, sebelum mengakhiri dengan salam lakukan sujud sahwi terlebih dahulu.
  • Membaca bacaan shalat yang tidak sesuai dengan waktunya. Misalnya membaca al-fatihah saat duduk tasyahud.
  • Ragu tentang rukun yang sudah dilakukan. Misalnya, ragu apakah sudah melakukan doa qunut atau belum.
  • Mengikuti imam yang melakukan kesalahan dalam shalat. Lakukan sujud sahwi setelah imam mengucapkan salam namun sebelum kamu mengakhiri shalat dengan salam.
  • Tidak melakukan sunnah muakad seperti rukuk atau tasyahud awal.
  • Melakukan sesuatu yang membatalkan shalat apabila secara sengaja karena lupa.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021