Video Nagita Slavina Shalat Viral, Karena Arah Kiblat Atau Apa Ya?

11 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Segala yang berkaitan dengan kehidupan artis memang menarik untuk diperbincangkan. Dari yang heboh sampai yang sederhana, seperti video yang belakangan viral di Tiktok. Dalam video singkat tersebut terlihat ada beberapa orang melakukan aktivitas, makan hingga shalat. Ternyata yang sedang shalat tersebut adalah Nagita Slavina. Lantas mengapa jadi heboh ya?

Video Tiktok Nagita Slavina tersebut diunggah oleh akun @nagita.fc dan tak lama viral. Berbagai komentar ditinggalkan oleh netizen. Ada yang kagum, ada juga yang bertanya-tanya. Wah ada apa sih?

Ternyata Nagita Slavina yang mengenakan mukenah berwarna pink itu terlihat sedang menunaikan shalat dalam posisi duduk di atas kursi berwarna putih. Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan beberapa netizen, di antaranya ada yang mengutarakan ‘Selama masih bisa berdiri kenapa harus duduk? Semoga bisa belajar sama-sama yakalau orang sakit aja ada yang pengen berdiri salatnya” 

Meski begitu, pendapat lain datang dari netizen-netizen lain. Seperti sebuah akun yang berkomentar ‘Netizen yang budiman, salat dengan duduk nggak harus lumpuh dulu’‘  Ada juga komentar dari seorang non-muslim yang juga mengatakan ‘Aku non islam, tapi aku kepikiran Mbak Gigi gitu karena lagi hamil tua. Kenapa pada negatif ya?” Lantas sebenarnya apakah yang dilakukan oleh Nagita Slavina tersebut memang tidak diperbolehkan? Ini dia beberapa informasi dan penjelasan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Pada dasarnya, Islam adalah agama yang memberi kemudahan pada tiap umatnya. Hal ini termasuk juga untuk perihal ibadah. Kemudahan ini tercantum dalam Al-quran surat At-Taghabun ayat 16 yang memiliki arti:

Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Dari sini kita dapat melihat bahwa boleh melakukan hal-hal yang mencerminkan ketakwaan kepada Allah sesuai dengan kesanggupan. Pun dalam surat Al-Bawarah ayat 286 juga disebutkan:

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Dan ada pula sabda Rasulullah yang berbunyi:

Apabila kalian diperintahkan dengan suatu amalan, maka tunaikanlah semampu kalian.

HR. Bukhari, no.7288 dan Muslim no.1337

Memang benar jika shalat dalam posisi duduk dianjurkan bagi mereka yang sakit dan tidak memungkinkan untuk shalat dalam posisi berdiri. Namun untuk ibu hamil seperti kondisi Nagita Slavina hal tersebut diperbolehkan. Sebab banyak ulama dan ustadz yang menyebutkan bahwa:

Apabila seseorang tidak mampu shalat berdiri, maka boleh baginya shalat sambil duduk. Menurutku duduk dengan bersila saat berdiri dan rukuk lebih utama. Hal ini tidak mudah apabila seseorang shalat dengan duduk di kursi.

Jika kondisi kehamilan yang tidak memungkinkan untuk berdiri atau ibu hamil merasa tidak sanggup shalat dengan kondisi normal, maka boleh dalam posisi duduk. Ada pun beberapa tata cara shalat duduk untuk ibu hamil yang bisa dilakukan seperti yang dilansir dari Ibupedia berikut ini:

Shalat Duduk Dengan Bersila

Posisi shalat duduk dengan bersila sempat disebutkan oleh istri Rasulullah. Dari Aisyah ra :

Aku melihat Nabi Muhammas SAW shalat sambil duduk bersila.

HR Nasai

Shalat Duduk Menghadap Kiblat

Dengan posisi atau cara apapun, shalat harus dilakukan dengan menghadap kiblat. Sebab menghadap ke arah kiblat termasuk dalam syarat sahnya shalat.

Shalat Duduk Dengan Isyarat Pengganti

Dengan cara ini, seluruh gerakan shalat dapat diganti apabila ibu hamil tidak mampu melakukannya. Mengganti gerakan shalat dengan isyarat pengganti pun juga bisa dilakukan pada sebagian rukun misalnya rukuk dan sujud yang digantikan dengan isyarat rukuk seperti membungkuk sebisanya.

Shalat Duduk Dengan Kaki Di Depan

Selain bersila, selonjor kaki di depan juga bisa dilakukan oleh ibu hamil saat shalat. Hal ini bisa dipertimbangkan ketika bersila membuat kaki jadi lebih sakit atau sedang bengkak karena kehamilan.

Memang benar jika paling dianjurkan untuk melakukan shalat sambil berdiri atau posisi pada umumnya. Namun karena Islam adalah agama yang memudahkan, bagi mereka yang tidak mampu atau memiliki kondisi yang tak memungkinkan tetap ada kemudahan dan keringanan agar masih bisa menunaikan ibadah wajib.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021