Tradisi Idul Adha Yang Ada Di Indonesia

18 July 2021

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi. Berbagai momen mulai dari kelahiran, kematian hingga peringatan hari-hari besar keagamaan biasanya dirayakan dengan cara-cara tertentu. Karena sudah memasuki bulan Dzulhijjah menurut penanggalan Islam, kira-kira apa ya tradisi idul adha yang ada di Indonesia?

Berikut ini adalah beberapa tradisi idul adha yang tak hanya unik tapi juga meriah serta mengandung makna. Dimana saja idul adha dirayakan dengan tradisi khasnya?

  • Manten Sapi di Pasuruan

Di Pasuruan, Jawa Timur, sapi-sapi yang akan disembelih mendapatkan perlakuan unik. Mereka akan didandani bagai sepasang pengantin dan dipakaikan kain putih serta dikalungi bunga. Setelah dimandikan, dihias, sapi-sapi diarak keliling kampung menuju masjid. Nantinya, setelah disembelih, daging sapi akan diolah oleh para ibu-ibu. Biasanya, ritual ini dilakukan di satu hari sebelum sapi-sapi disembelih di hari raya idul adha.

  • Kaul dan Abda’u di Maluku Tengah

Kaul Abda’u yang merupakan rangkaian perayaan di hari raya kurban di Tulehu, Maluku Tengah. Kaul adalah proses penyembelihan seperti pada umumnya namun dilakukan dua kali. Pertama saat selesai sholat id, yang kedua adalah penyembelihan satu ekor kambing inti dan dua ekor kambing pendamping. Pada proses yang kedua, kambing akan digendong oleh pemuka adat dan agama untuk diarak menuju masjid Negeri Tulehu dengan iringan shalawat dan takbir. Kemudian ada Abda’u dimana para pemuda bersinglet dan memakai ikat kepala putih akan berbondong ke rumah Imam Negeri Tulehu. Disana mereka akan memperebutkan bendera warna hijau dengan renda emas yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran.

  • Sedekah Bumi Apitan di Semarang

Dalam rangka menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Sang Maha Pencipta, masyarakat Semarang melakukan tradisi sedekah bumi apitan di hari raya idul adha. Sesuai dengan namanya, dalam tradisi ini tumpeng dan hasil bumi lainnya akan diarak dan dibawa keliling layaknya pawai. Hasil bumi yang biasanya terdiri dari hasil tani dan ternak ini akan dibagi-bagikan dan diperebutkan oleh para warga.

BACA JUGA : Puasa Arafah, Waktu Pelaksanaan Hingga Keutamaannya

  • Mepe Kasur di Banyuwangi

Mepe kasur atau menjemur kasur merupakan tradisi idul adha yang dilakukan oleh masyarakat suku Osing di Kemiren, Banyuwangi. Tradisi ini biasanya diawali dengan tarian gandrung terlebih dahulu. Kasur berwarna merah dan hitam kemudian dikeluarkan dan dipukul dengan lidi atau rotan dari pagi hingga sore. Tradisi mepe kasur ini dipercaya tak hanya dimaksudkan untuk menjaga kebersihan tapi juga bisa menolak bala. Di malam harinya, ada acara lain yang juga dilakukan yaitu Tumpeng Sewu dimana ada selamatan massal sebagai ungkapan rasa syukur.

  • Ngejot di Bali

Islam memang bukan agama mayoritas di pulau Bali namun bukan berarti tidak ada tradisi khas di sana. Adalah Ngejot, tradisi berbagi makanan, minuman dan buah-buahan yang dilakukan oleh umat Islam di pulau dewata ini. Konon tradisi ini sudah turun temurun sejak lama. Tujuannya tak lain adalah untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga yang tidak beragama Islam. Selain itu tradisi ini juga merupakan wujud syukur adanya toleransi tinggi yang menciptakan kehidupan bertetangga yang harmonis dan akur.

  • Toron di Madura

Tahukah kamu kalau masyarakat Madura lebih sering melakukan mudik di hari raya idul adha ketimbang idul fitri? Ternyata inilah yang disebut dengan Toron. Khususnya masyarakat MAdura yang sedang merantau, momen idul adha selalu dijadikan waktu untuk pulang kampung. Sesampainya di kampung halaman, mereka tentu akan berkumpul dengan keluarga. Tak lupa juga, silaturahmi dengan keluarga, kerabat dan teman-teman juga dilakukan dan termasuk dalam tradisi Toron ini.

Unduh Aplikasi Maqmur, Lengkap Dengan Fitur Islami

Itu dia sedikit tradisi idul adha yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Kira-kira di daerahmu ada tradisi yang tak kalah unik untuk merayakan hari raya idul adha? Boleh cerita dong!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021