7 Tips Keuangan Agar Bisa Berkurban Setiap Tahun

21 July 2021

Di antara sekian banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari raya idul adha, menyembelih adalah yang utama. Meski yang paling dianjurkan untuk melakukannya adalah mereka yang tergolong dalam kategori mampu. Agar termasuk dalam kategori tersebut, seorang muslim bisa melakukan berbagai tips keuangan supaya bisa mengumpulkan dana untuk membeli hewan qurban.

Kali ini, akan diulas lebih lanjut tentang bagaimana cara agar bisa melakukan qurban setiap tahun. Semoga salah satu atau beberapa cara di bawah bisa cocok untukmu ya.

  • Memperkuat niat dan mencari tahu apakah sudah memenuhi syarat

Dalam ajaran Islam, niat adalah sesuatu yang tak boleh disepelekan. Segala sesuatu harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Karena itu, kamu bisa memulainya dengan niat ingin berqurban di tahun mendatang. Selanjutnya, cari tahu apakah kamu sudah memenuhi syarat seperti apakah kebutuhan pokok sudah terpenuhi dengan baik atau tidak.

  • Menentukan prioritas dengan memilih hewan qurban

Dalam mengatur keuangan tentu harus bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan juga keinginan. Dengan begitu, kamu akan mengalokasikan dana sesuai dengan pos yang ada. Ini penting karena nantinya kamu akan membuat pos untuk tabungan qurban. Setelah mampu menentukan prioritas, saatnya memilih hewan qurban apa yang akan kamu beli nantinya. Ini akan berpengaruh terhadap berapa dana yang harus kamu kumpulkan.

  • Membuat pos tabungan setiap bulan

Saat sudah melakukan langkah-langkah di atas, ini adalah satu tips keuangan yang bisa kamu pilih. Yaitu membuat pos tabungan khusus untuk berqurban. Misalnya, kamu sudah menentukan akan berqurban kambing. Kemudian telah menemukan harga perkiraan kambing. Jika dimulai di bulan setelah idul adha seperti sekarang, maka kira-kira dibutuhkan 11 hingga 12 bulan agar dapat membelinya. Maka kamu harus menabung sejumlah uang dengan membagi harga perkiraan kambing dengan jumlah bulan menuju idul adha berikutnya.

Ibadah makin lancar dan sempurna dengan aplikasi Maqmur, download sekarang juga!

  • Menggunakan jasa pihak ketiga

Dalam perbankan, ada jenis tabungan yang bisa tidak diambil dalam waktu tertentu atau tidak memberikan kartu ATM. Jenis tabungan ini cocok jika ingin digunakan sebagai cara untuk menabung dengan tujuan qurban, yang notabene jangkanya tidak terlalu panjang. Setiap bulan atau periode tertentu, kamu bisa memasukkan sejumlah dana pada tabungan tersebut. Dan saat mendekati idul adha nanti, kamu bisa mengambilnya dan membeli hewan qurban.

  • Membeli hewan qurban secara kolektif atau patungan

Jika dirasa berkurban sendiri tidak mampu, kamu bisa mengambil opsi qurban kolektif atau patungan. Untuk berqurban sapi, sejumlah tujuh orang bisa mengumpulkan uang bersama untuk membelinya. Bagaimana hukum qurban patungan? Dalam sebuah hadits dijelaskan, “Kami pernah bepergian dengan Rasulullah SAW, kebetulan di tengah perjalanan hari raya Idul Adha (yaumul nahr) datang. Akhirnya kami patungan membeli sapi sebanyak tujuh orang untuk dikurbankan,” Maka dapat disimpulkan bahwa patungan boleh dilakukan untuk tujuan qurban.

  • Menabung emas untuk dijadikan hewan qurban

Jika kamu termasuk pribadi yang mudah goyah saat menabung uang, maka emas bisa juga dijadikan pilihan. Mengingat nilainya yang cenderung stabil, kamu bisa mengumpulkan sejumlah uang kemudian membeli emas yang senilai hewan qurban. Emas bisa menjadi opsi yang aman karena butuh usaha yang lebih untuk mencairkannya menjadi uang. Berbeda dengan tabungan yang sewaktu-waktu bisa diambil dalam keadaan apapun (tidak mendesak).

BACA JUGA : Ternyata Seperti Ini Cara Mengatur Keuangan Menurut Islam

  • Membeli hewan anakan dengan usia yang bakal cukup saat diqurbankan

Tips terakhir adalah dengan membeli hewan anakan dengan usia yang nantinya akan cukup saat dikurbankan. Cara ini memang agak sedikit repot karena biasanya kamu harus memelihara sendiri hewan yang akan dikurbankan. Tapi ada juga kok yang bisa jadi pihak ketiga dan menyediakan anakan untuk kurban di tahun selanjutnya.

Itu dia setidaknya tujuh tips keuangan yang bisa kamu lakukan agar bisa berqurban setiap tahun. Semoga salah satu dari tips yang kami tuliskan berguna dan cocok untukmu ya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami