Tidur Setelah Sahur, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui

27 April 2021

Salah satu godaan terbesar yang ada di bulan Ramadhan ternyata tak hanya soal makan minum serta amarah saja, tapi juga tidur setelah sahur. Untuk bangun sahur saja kadang mata terasa sangat berat. Ditambah dengan rasa kenyang, rasanya tidur adalah hal yang paling menyenangkan. Kalau ini yang sering terjadi padamu, kamu wajib terus membaca artikel ini ya.

Kebiasaan tidur setelah sahur, apakah diperbolehkan?

Pada dasarnya, tidur setelah sahur atau waktu makan lainnya bukannya tidak diperbolehkan. Hanya saja ada hal yang harus diperhatikan. Misalnya tentang jeda waktu antara kedua aktivitas tersebut. Yang paling disarankan tentu saja tidak langsung tidur ketika perut kenyang. Mengapa? Sederhananya, tidur dalam keadaan perut berisi akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna. Makanan yang dicerna akan berubah menjadi sumber energi. Tapi ini kemudian jadi sia-sia karena tidak ada aktivitas yang dilakukan untuk mempergunakannya.

Sudah Download Aplikasi Maqmur? Klik Di Sini

Gangguan kesehatan karena tidur setelah sahur

Ternyata, tidur setelah sahur atau waktu makan lainnya tidak disarankan bukan tanpa alasan. Yang utama adalah karena alasan kesehatan. Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi karene kebiasaan ini, seperti :

  • Asam lambung. Dalam posisi tidur, terlentang atau miring bisa membuat makanan yang belum tercerna dengan baik di lambung naik ke kerongkongan. Ini bisa menyebabkan perut menjadi kembung bahkan asam lambung. Biasanya akan muncul tanda seperti tenggorokan panas, mual, mulut pahit hingga panas di dada.
  • Berat badan naik. Seperti yang telah disebutkan di atas, makanan yang dicerna tubuh menghasilkan sumber energi. Namun tidur tidak mengolah sumber energi tersebut sehingga kalori pun tak terbakar. Jika dilakukan secara terus-menerus, jangan terkejut jika berat badan naik drastis.
  • Tekanan darah meningkat. Tahukah kamu kalau kebiasaan ini sama bahayanya dengan emosi? Dalam sebuah penelitian disimpulkan bahwa mereka yang makan kenyang dan langsung tidur bisa cenderung mengalami peningkatan tekanan darah. Jika ini dilakukan terus-menerus bisa berakibat lebih fatal seperti penyakit jantung dan stroke loh.
  • Kualitas tidur terganggu. Kenyang memang membuat kita jadi lebih mengantuk. Tapi biasanya akan diiringi juga dengan rasa gelisah sehingga kamu jadi sering terbangun. Padahal tidur yang baik adalah ketika telah mencapai deep sleep atau tidur nyenyak. Jika ini terus berlangsung, kualitas tidurmu jelas akan terganggu.
  • Sakit tenggorokan. Sensasi panas bisa terjadi di tenggorokan jika kamu langsung tidur setelah makan. Ini ada hubungannya dengan naiknya asam lambung ke tenggorokan. Tak hanya menimbulkan mual, tenggorokan juga bisa seperti terbakar hingga muncul peradangan.
  • Susah buang air besar. Untuk bisa mengosongkan lambung, butuh waktu sekitar 2 sampai 3 jam setelah aktivitas makan. Sayangnya, langsung berbaring atau tidur setelah makan ternyata berdampak pada proses pengosongan lambung ini. Akibatnya, kamu bisa mengalami susah buang air besar.

Sabda Rasulullah SAW mengenai tidur setelah sahur

Tak hanya memberikan petunjuk tentang pentingnya makan sahur dan keistimewaan yang dibawanya, ada juga sabda Rasulullah SAW mengenai tidur setelah sahur. Diketahui bahwa Rasulullah tidak memiliki kebiasaan tidur setelah sahur. Beliau melakukan aktivitas agar apa yang dikonsumsi tercerna dengan baik. Rasulullah SAW pun bersabda :

“Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah dan sholat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.” (HR Abu Nu’aim dari Aisyah ra).

Dari sabda Rasulullah SAW di atas maka dapat disimpulkan bahwa sebaiknya tidak langsung tidur setelah makan atau sahur. Lebih baik mengisi waktu dengan berdzikir atau sholat, sebab lebih bermanfaat dan berpahala juga. Terlebih ketika habis waktu sahur, maka datang waktu untuk sholat subuh. Ketimbang tidur, bukankah sebaiknya kita menunggu dengan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat?

Berapa jeda terbaik untuk tidur setelah sahur?

Dalam makan sahur biasanya kamu akan mengonsumsi makanan pokok lengkap dengan lauk pauk berupa sayur dan protein. Ini berpengaruh terhadap berapa lama semua itu dicerna dengan sempurna oleh lambung. Setidaknya butuh waktu sekitar dua hingga tiga jam untuk tubuh mencerna. Ini juga waktu yang disarankan agar tubuh tetap sehat. Oleh karenanya, sebisa mungkin untuk tidak tidur setelah sahur.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021