Tidak Bisa Mudik, Cara Ini Bisa Dilakukan Untuk Tetap Bersilaturahmi

13 May 2021

Rasanya memang berat ya mengetahui fakta bahwa tahun ini kita tidak lagi bisa melakukan mudik. Pandemi masih berlangsung dan angka penularan masih juga tinggi. Sedih dan kecewa karena kita tak bisa berjumpa dengan keluarga besar dan sanak saudara. Berkumpul, makan hidangan lebaran dan tentunya halal bihalal.

Namun ada baiknya kalau semua ini kita lakukan dengan ikhlas. Tak apa kalau tahun ini belum diberi kesempatan untuk merasakan mudik dan pulang kampung seperti dulu. Walau bukan berarti kita tidak bisa merayakan semaraknya hari raya. Kamu tetap bisa kok bersilaturahmi meski tidak mudik. Misalnya dengan menggunakan cara-cara ini.

Silaturahmi online pengganti mudik

Beruntungnya kita hidup di zaman yang sudah canggih, apa pun bisa dilakukan secara online. Termasuk juga dengan silaturahmi. Ketika tak bisa berkumpul di kampung halaman, kamu tetap bisa mengajak keluarga besar untuk berkumpul secara online. Dengan menggunakan panggilan grup, kamu bisa tetap bertatap muka dan bermaaf-maafan dengan saudara-saudara lainnya. Memang sih silaturahmi kali ini tanpa jabat tangan dan pelukan, tapi saling bersyukur saja masih diberikan kesehatan dan bisa merayakan lebaran.

Mudik ke kampung halaman dengan virtual tour

Sering kali yang kita rindukan dari mudik tak hanya tentang keluarga dan saudara saja, tapi juga tentang kampung halaman itu sendiri. Suasana yang berbeda dari tempat tinggal atau kota tempat mencari nafkah membuat kita selalu merindukan momen mudik di hari raya. Kamu bisa menuntaskan rindu dengan meminta orang tua atau saudara melakukan kampung halaman tour. Lakukan panggilan video dan minta mereka mengajakmu berkeliling ke tempat-tempat yang kamu rindukan. Ya meski tidak bisa datang secara langsung, kamu tetap bisa berkeliling secara virtual.

Saling berkirim parsel atau bingkisan

Kamu pasti pernah kan menjumpai pemudik yang membawa banyak bawaan dalam berbagai bentuk? Bisa jadi isinya adalah oleh-oleh makanan khas dari kota mereka tinggal. Ini memang yang terjadi dalam fenomena mudik hari raya. Kita berbondong-bondong membawa banyak buah tangan untuk dibagikan ke sanak saudara. Tahun ini, mudik ditiadakan tapi bukan berarti kita berhenti berbagi. Kamu tetap bisa berbagi dengan cara mengirimkan parsel atau bingkisan berisi makanan atau apapun yang khas dari kotamu. Berkirim kue kering atau hidangan lebaran juga bisa sih kalau-kalau kamu rindu masakan ibumu.

Masak hidangan lebaran ala ibu

Mungkin kamu salah satu dari sekian banyak orang yang merindukan mudik karena sedang dalam perantauan. Hidup jauh dari orang tua tentu membuat kamu rindu akan banyak hal tentang mereka. Salah satunya adalah merindukan masakan ibu. Saat lebaran, ibu biasanya akan memasak makanan lebaran kesukaanmu. Tapi tahun ini kamu tidak bisa merasakannya. Kenapa tidak coba membuatnya sendiri saja? Kamu bisa meminta resep pada ibumu untuk kamu praktekkan sendiri di dapurmu. Ya ini bisa jadi pilihan jika ibu tidak bisa mengirimkan makanan kesukaanmu karena jarak yang terlalu jauh.

Mengirimkan ‘salam tempel’ memakai dompet digital

Lebaran biasanya identik juga dengan salam tempel atau memberi uang saku. Ini umumnya dilakukan oleh generasi yang lebih tua ke generasi yang lebih muda. Pemberian salam tempel ini paling dinanti dan bisa timbul insiden saling berebut yang lucu. Sayang sekali tahun ini kita tidak bisa menikmati momen berbagi salam tempel ini. Meski begitu, kamu tetap bisa memberikan uang saku dengan menggunakan dompet digital. Jadi meski berjauhan tapi tradisi salam tempel masih bisa dilakukan.

Jangan sedih ya kalau tahun ini kita tak lagi bisa merasakan mudik. Memang sih banyak momen yang akan kita rindukan seperti bertemu dengan keluarga dan menyantap hidangan lebaran bersama. Meski begitu, hari raya tetap bisa dirayakan dengan suka cita. Dengan teknologi, semua bisa didekatkan meski tak sedang berdekatan.

Jangan lupa, selain melakukan hal-hal di atas sebagai pengganti mudik. rayakan lebaran dengan ibadah yang lebih baik. Dengan begitu, menyongsong Ramadhan selanjutnya akan terasa lebih bersemangat sebab kita telah memulainya dengan ibadah yang lebih khidmat.

Download Aplikasi MAQMUR Di Sini

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021