THR Cair, Begini Cara Kelola di Tengah Pandemi

6 May 2021

Alhamdulilah ya, tahun ini masih diberi rejeki berupa THR. Tapi jangan sampai sekadar lewat ya, harus bijak meski sepertinya tahun ini THR yang diterima akan lebih utuh ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Mengapa? Sebab tahun ini mudik kembali ditiadakan dengan aturan yang lebih ketat. Artinya uang THR tidak dialokasikan untuk pulang kampung dan keperluan yang menyertainya.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa santai dalam mengelola uang THR ya. Kamu harus tetap bijak dan cermat serta sebisa mungkin hemat mengingat pandemi ini belum diketahui kapan berakhirnya. Dampaknya pada bidang ekonomi tidak ada yang bisa memprediksi. Sebab itu sebaiknya jika ada tambahan dana seperti THR ini, kamu kelola dengan baik. Nah, untuk mengelola uang THR tahun ini, kamu bisa menggunakan tips-tips berikut ini :

  • Prioritaskan untuk membayar hutang

Memiliki hutang di masa pandemi atau tidak sama-sama memiliki efek yang mengerikan. Sebisa mungkin hutang segera dilunasi agar tidak menjadi beban materi atau pikiran. Mumpung THR kali ini jumlahnya bisa dibilang utuh karena tidak terpakai untuk mudik, kamu bisa alokasikan sebagian besar untuk membayar hutang. Idealnya sih sekitar 30-50 persen bisa kamu ambil untuk membayar hutang. Tak apa kalau harus menahan keinginan konsumtif, sabar dulu hingga hutang terlunasi.

  • Membayar zakat dan juga bersedekah

Ketika memiliki rejeki berlebih, bersedekah bisa dilakukan dan membuatmu mendapatkan pahala. Dengan menerima uang THR misalnya, kamu bisa menyisihkan sedikit untuk berbagi pada yang membutuhkan. Selain itu, di bulan Ramadhan dan menjelang idul fitri seperti ini jangan lupa untuk membayar zakat. Adalah zakat fitrah, amalan yang wajib dilakukan di penghujung Ramadhan menjelang idul fitri.

  • Beli kebutuhan lebaran boleh saja

Meski tidak berlebaran, dalam artian tidak pulang kampung atau bertemu sanak saudara, bukan berarti kamu tidak merayakan idul fitri seperti biasanya. Kamu tetap bisa membeli kebutuhan lebaran kok, misalnya membeli baju baru, baju ibadah atau makanan lebaran. Selama tidak berlebihan, kamu bisa mengalokasikan sebagian THR untuk memenuhi kebutuhan lebaran atau kebutuhan sehari-hari juga.

  • Simpan untuk dana darurat

Tidak ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir. Pun tentang bagaimana dampaknya nanti terhadap ekonomi, atau lebih spesifiknya pada keuanganmu. Sekarang sih kamu boleh saja merasa senang karena THR sudah cair dan utuh. Tapi bukan berarti kamu bisa menghabiskannya begitu saja. Ada baiknya jika kamu menyisihkan sebagian untuk dana darurat. Bukannya mengharap hal buruk terjadi tapi bersiap sedia selagi bisa kenapa tidak? 20 sampai 30 persen dari THR bisa kamu sisihkan untuk dana darurat ya.

  • Ingin berinvestasi, boleh saja

Sekarang ini salah satu cara untuk mengelola uang bisa dilakukan dengan cara investasi. Kamu bisa juga melakukan ini dengan uang THR karena ini termasuk uang dingin atau uang yang tidak akan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tugasmu adalah mencari tahu investasi jenis apa yang paling cocok untukmu. Jika pemula, mungkin kamu bisa memulainya dengan investasi emas atau reksadana. Atau kamu mungkin akan mempertimbangkan investasi syariah demi menghindari riba atau lainnya.

  • Disimpan untuk membuka bisnis? Ok saja

Jika ingin menggunakan THR untuk modal usaha atau membuka bisnis, ada baiknya jika kamu menyelesaikan tanggung jawab seperti hutang, zakat serta tagihan penting. Jika sudah, kamu bisa tuh mulai menyisihkan untuk modal. 30 persen rasanya nilai yang cukup untuk modal usaha. Tentu keputusan untuk menggunakan THR sebagai modal usaha harus dibarengi dengan perencanaan bisnis yang tepat. Misalnya seperti pemilihan jenis usaha dan target pasar.

  • Memberi THR untuk orang-orang terdekat yang membutuhkan

Biasanya sebuah lingkungan tempat tinggal dilengkapi dengan satpam atau petugas keamanan serta petugas kebersihan. Di hari yang fitri ini, boleh loh kamu berbagi rejeki. Tak perlu memusingkan nominalnya, sebab berapapun nilainya yang penting diberikan secara ikhlas. Beri THR orang-orang terdekat tersebut dengan nominal yang sepantasnya. Ini bisa dihitung sebagai sedekah juga ya.

Itu dia 7 cara kelola THR di tengah masa pandemi. Kamu bisa praktekkan satu atau semua cara di atas sesuai dengan kemampuan. Yang penting, niatkah semua tindakan untuk Allah semata sama seperti ketika kamu mengucapkan niat sholat atau membaca alquran.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021