Ternyata Meludah Ke Arah Kiblat Itu Dilarang

30 June 2021

Dalam agama Islam, ada aturan serta larangan yang harus ditaati dan mencakup berbagai hal pada aspek kehidupan umatnya. Salah satu yang mungkin belum kamu ketahui adalah tentang meludah. Tahukah kamu bahwa ada larangan meludah ke arah kiblat? Perihal ini mungkin terdengar sepele namun tak boleh disepelekan.

Perlu diketahui bahwa bagi seorang muslim hukumnya sunnah untuk selalu menghiasi diri dengan adab atau tata krama. Hal ini dimaksudkan demi menjaga diri serta perilaku dalam masyarakat. Dalam hal meludah juga ternyata ada aturannya. Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai mengapa meludah ke arah kiblat tidak diperbolehkan. Serta hadits yang mendukung dan menjelaskan perihal ini juga akan disebutkan. Karena itu, baca artikel ini baik-baik ya.

Adab Meludah Dalam Islam

Pernah tidak kamu menemukan seseorang meludah di jalanan? Bagi sebagian orang tentu hal ini tidak pantas dan menjijikkan, meski ada juga yang tidak menganggapnya sebagai masalah selama tidak mengenai orang lain. Dalam agama Islam, hal seperti ini sebenarnya tidak ada nash yang melarangnya. Sehingga segala sesuatu hukumnya ibahah atau boleh kecuali ada dalil yang kemudian mengharamkannya.

Meski begitu, ada baiknya jika meludah di jalanan tidak dilakukan. Terlebih jika pelakunya sedang dalam keadaan tidak sehat seperti sedang menderita penyakit menular melalui air liur atau ludah. Sebab, Rasulullah SAW bersabda “Janganlah saling menyakiti.” (HR Malik)

Bagaimana Dengan Meludah Ke Arah Kiblat?

Bagi umat Islam, arah kiblat itu mulia dan juga terhormat. Ini adalah acuan untuk beribadah seperti sholat dan juga berdoa. Bahkan, sholat saja baru terbilang sah kalau menghadap ke kiblat kan? Lantas bagaimana ya hukumnya meludah ke arah kiblat?

Unduh Aplikasi MAQMUR Di Ponselmu Sekarang Juga

Ada banyak sekali hadits tentang meludah, di antaranya ada yang berupa larangan untuk melakukannya menuju arah kiblat. Salah satunya adalah RIwayat Imam Ahmad yang menjelaskan “Jika salah satu dari kalian sholat, hendaknya tidak meludah ke arah kiblat. Sebab orang yang sholat adalah orang yang sedang bermunajat kepada Allah SWT.”

Hadits Yang Menyebutkan Tentang Meludah

Dari hadits di atas kita bisa mengetahui bahwa adab meludah adalah menjauhi kiblat dan sebelah kanan. Selain itu, ada juga beberapa hadits lain yang menyebut tentang perihal meludah. Seperti dalam Kitab Hasyiyah Qalyubu wa Umaiah, “Dimakruhkan meludah di luar sholat menuju arah depannya sendiri secara mutlak ke arah kiblat dan juga ke arah kanan.”

Selain itu, Al Imam As Syaukani dalam Kitab Subulussalam juga menyebut bahwa hukum meludah ke sebelah kanan sama dengan ke kiblat. Hadits lain dari Abdul Razaq meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, dikatakan bahwa beliau membenci meludah ke arah kanan meski hal ini dilakukan di luar sholat. Ini juga senada dengan hadist riwayat Umar bin Abdul Aziz yang turut melarang.

Balasan Untuk Yang Meludah Ke Arah Kiblat

Ada juga hadits-hadits yang menyebutkan tentang apa balasan bagi mereka yang melakukan hal ini. Salah satunya adalah dari Abu Daud dari Huzaiffah menjelaskan, Rasulullah bersabda “Barang siapa meludah ke arah kiblat, bakal ludahnya itu akan datang di hadapannya di hari kiamat.”

Selain itu, mengenai ganjaran atas perkara ini juga disebabkan pada riwayat Ibnu Khuzaimah dari Abdullah bin Umar. Ia berkata bahwa Rasulullah bersabda “Akan dibangkitakan orang berdahak ke arah kiblat pada hari kiamat dalam keadaan dahak menempel di wajahnya.”

Dengan adanya hadits-hadits serta penjelasan di atas, semoga kita makin paham ya ternyata ada dasar dalil yang membahas tentang meludah. Perlu dipahami juga bahwa meludah di sembarang tempat memang seharusnya tidak dilakukan, terlebih di era pandemi seperti sekarang ini. Lebih baik jika kita selalu membawa tisu atau sapu tangan sebagai langkah preventif jika ingin meludah sewaktu-waktu di tempat dan waktu yang tidak terduga.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021