Ternyata Ada Lho Ayat Alquran Tentang Korupsi

24 August 2021

Belakangan ini ramai dibicarakan kasus korupsi bansos Covid-19 dimana pelaku mendapatkan keringanan vonis. Ini memang bukan kali pertama kasus korupsi jadi perbincangan publik, meski diketahui hukuman untuk pelakunya terbilang berat. Dalam agama Islam tentu tidak ada ajaran untuk melakukan korupsi. Meski begitu, ada beberapa ayat alquran tentang korupsi yang mungkin perlu kamu tahu.

Ayat-ayat ini perlu dipahami dan dimaknai dengan tepat sehingga semoga bisa menghindarkan kita dari perilaku korupsi atau yang sejenisnya. Tanpa berlama-lama, simak ayat-ayat alquran tentang korupsi berikut ini:

  • Surat An-Nisa ayat 29, larangan memakan harta sesama

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَاۡكُلُوۡۤا اَمۡوَالَـكُمۡ بَيۡنَكُمۡ بِالۡبَاطِلِ اِلَّاۤ اَنۡ تَكُوۡنَ تِجَارَةً عَنۡ تَرَاضٍ مِّنۡكُمۡ‌ ۚ وَلَا تَقۡتُلُوۡۤا اَنۡـفُسَكُمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمۡ رَحِيۡمًا

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.”

  • Surat Al-Maidah ayat 38, balasan bagi mereka yang mencuri

وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقۡطَعُوۡۤا اَيۡدِيَهُمَا جَزَآءًۢ بِمَا كَسَبَا نَـكَالًا مِّنَ اللّٰهِ ؕ وَاللّٰهُ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

Artinya: “Adapun orang laki-laki maupun perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) balasan atas perbuatan yang mereka lakukan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Temukan fitur islami terlengkap hanya di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

  • Surat Al-Baqarah ayat 188, larangan suap

وَلَا تَاۡكُلُوۡٓا اَمۡوَالَـكُمۡ بَيۡنَكُمۡ بِالۡبَاطِلِ وَتُدۡلُوۡا بِهَآ اِلَى الۡحُـکَّامِ لِتَاۡکُلُوۡا فَرِيۡقًا مِّنۡ اَمۡوَالِ النَّاسِ بِالۡاِثۡمِ وَاَنۡـتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ

Artinya: “Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.”

  • Surat Al-Anfal ayat 27, larangan mengkhianati amanat

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَخُوۡنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوۡلَ وَتَخُوۡنُوۡۤا اَمٰنٰتِكُمۡ وَاَنۡـتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.”

BACA JUGA: Ayat Al-quran Yang Bisa Dibaca Sebagai Pengingat Diri

Untuk alasan apapun, korupsi merupakan tindakan yang sebaiknya tidak dibenarkan. Bahkan dalam ajaran Islam pun diserukan hal yang sama. Nah pada agama Islam, korupsi dibagi menjadi beberapa poin atau kategori yaitu :

  1. Risywah atau suap
  2. Saraqah atau pencurian
  3. Al-gasysy atau penipuan dan pengkhianatan

Ketiganya merupakan perbuatan tercela dan bagi yang melakukannya akan mendapatkan dosa yang sangat besar. Pun disebut bahwa perbuatan ini hukumnya haram untuk dilakukan. Selain itu, para ulama fiqih juga sepakat bahwa mendapatkan dan menggunakan harta dari hasil korupsi sama halnya dengan makan hasil rampasan, judi dan curian. Yang mana hal-hal tersebut hukumnya haram.

Oleh karena itu, dengan bekal pengetahuan yang tertulis di atas semoga kamu tidak akan pernah melakukan korupsi dalam bentuk apapun ya. Sebab, Islam dengan jelas melarang dan menganggap perilaku ini sebagai tindakan haram.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021