Tentang Putus Asa Dalam Islam

18 August 2021

Sudah merasa berusaha begitu keras, namun tidak dapat hasil seperti yang diinginkan. Sudah membuat permohonan, namun tidak juga dikabulkan. Lantas, putus asa dan ingin menyerah. Apakah kamu sedang mengalami hal ini? Putus asa dalam islam ternyata termasuk dalam sikap yang dilarang. Sebaiknya tidak dilakukan sebab ada bahaya yang bisa menimpa, bahkan juga disebut dalam alquran.

Putus asa dalam islam

Dalam Islam, kita mengenal tiga kunci sukses kehidupan yaitu berusaha atau ikhtiar, doa dan juga tawakal. Ketiganya ini penting dan mesti diamalkan agar hidup selalu berkah. Ini juga berarti islam tidak mengenal sifat putus asa bahkan ketika diuji Allah dengan cobaan terberat sekalipun. Sebab ujian Allah merupakan caraNya untuk menguji keimanan.

Dalam islam, putus asa merupakan sesuatu yang dilarang. Bahkan jika terus menerus tertanam dalam diri, akan membuat seorang muslim mengalami bahaya dan kerugian. Untuk mengetahui lebih dalam, baca tulisan ini hingga akhir.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download di Playstore sekarang juga!

Larangan untuk berputus asa

Tahukah kamu bahwa berputus asa dilarang dalam ajaran Islam? Sikap ini jika dipelihara terus menerus akan membawa bahaya. Ada beberapa firman Allah SWT yang menyebut perihal ini, di antaranya:

  • “Ibrahim berkata, “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat”.” (Q.S. Al Hijr: 56).
  • “Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.” (Q.S. Az Zumar: 53)

Dari ayat-ayat di atas, sebagai muslim patutnya kita tidak berputus asa terlebih jika masih beriman kepada Allah SWT serta Rasul-Nya, Muhammad SAW. Pun Allah akan mengampuni dosa sebab hanya Ia-lah yang akan mengampuni dan menyayangi umat-Nya.

Bahaya putus asa menurut alquran

Selain menyebut mengenai larangan akan sifat putus asa, Allah melalui ayat-ayat alquran juga menjelaskan mengenai bahaya yang dapat mengenainya. Adapun ayat-ayat alquran yang membahas tentang bahaya putus asa sebagai berikut:

  • Membuat manusia lupa akan kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT

“Dan apabila Kami rasakan sesuatu rahmat kepada manusia, niscaya mereka gembira dengan rahmat itu. Dan apabila mereka ditimpa suatu musibah (bahaya) disebabkan kesalahan yang telah dikerjakan oleh tangan mereka sendiri, tiba-tiba mereka itu berputus asa”. (Q.S. Ar Ruum: 36).

  • Akan rugi dunia akhirat mereka yang hidup dalam putus asa

“Dan diantara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi, maka jika ia memperoleh kebaikan, tetaplah ia dalam keadaan itu dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata”. (Q.S. Al Hajj: 11).

  • Memiliki derajat yang sama dengan orang kafir

“Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya; dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”. (Q.S. Yusuf: 87).

Adakah hal-hal di atas yang kamu inginkan terjadi pada dirimu? Tentu saja tidak, bukan? Oleh karenanya, sebagai seorang muslim kamu harus tetap berusaha dan tidak berputus asa.

BACA JUGA: Doa Sabar Menghadapi Cobaan Hidup, Ketahui Dan Amalkan

Cobaan dan ujian akan selalu menjadi bumbu dalam kehidupan. Ini juga termasuk salah satu cara Allah untuk menunjukkan kasih sayangNya. Oleh karena itu, janganlah berputus asa. Tetap ikhtiar, berdoa padaNya dan berserah diri atau tawakal. Niscaya Allah tunjukkan jalan terbaik untukmu. Amin

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021