Amalan Saat Hujan Turun, Kamu Sudah Tahu?

14 June 2021

Apa sih reaksi pertamamu ketika hujan turun? Sebagian dari kamu mungkin suka dengan hujan karena membawa aroma segar dan hawa dingin. Tapi bagi sebagian lainnya mungkin kesal karena membuat rencanamu gagal, menunda aktivitas atau lainnya. Perlu diingat bahwa bagaimanapun hujan adalah ciptaan Allah SWT. Bahkan ada dalil tentang hujan yang tertulis dalam alquran. Selain itu, mungkin kamu belum banyak tahu bahwa ada banyak amalan saat hujan turun yang bisa kamu lakukan.

Beberapa di antaranya bahkan dilakukan oleh Rasulullah. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hujan, ada baiknya kamu selesaikan membaca artikel ini. Harapannya, kamu nantinya akan lebih bijak dan bersyukur ketika hujan turun.

Amalan Saat Hujan Turun

  • Waktu yang tepat untuk berdoa

Tahukah kamu kalau saat hujan adalah salah satu waktu yang tepat untuk berdoa, mengapa? Sebab saat inilah waktu yang mustajab atau doamu tak akan ditolak. Ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : (1) Bertemunya dua pasukan, (2)Menjelang sholat dilaksanakan, dan (3) Saat hujan turun.” Pada hadits riwayat lain yakni HR Al Hakim dan AL Baihaqi juga disebutkan, “Dua do’a yang tidak akan ditolak: (1) do’a ketika adzan dan (2) do’a ketika ketika turunnya hujan.” 

  • Bersyukur atas turunnya hujan

Kamu pasti dengar bahwa hujan bagaimanapun adalah berkah. Karena itu, ketika hujan turun sebaiknya kamu bersyukur atas nikmat ini. Adapun doa yang bisa dibaca ketika hujan turun, “Allahumma shoyyiban naafi’aa” yang memiliki arti Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. Doa ini juga yang dibaca oleh Rasulullah ketika melihat hujan turun menurut hadits dari Ummul Mukminin.

  • Dianjurkan untuk berwudhu

Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda “Apabila air mengalir di lembah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci”. Kemudian kami bersuci dengannya.” Ini kemudian dimaknai sebagai berwudhulah dengan air hujan hanya jika airnya mengalir dengan deras. (Ibnu Qudamah)

  • Tidak mengeluh atau mengutuk hujan

Kadang kala, hujan memang datang mendadak atau bahkan di waktu yang tidak diinginkan. Kita kemudian mengeluh dan mengutuk atau mencela. Ini tentu bukan perbuatan yang baik sebab hal tersebut menimbulkan dosa. Tentang berkata buruk atau baik ini juga tertulis dalam hadits, “Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dia pikirkan lalu Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu. Dan ada juga seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang membuat Allah murka dan tidak pernah dipikirkan bahayanya lalu dia dilemparkan ke dalam jahannam.” (HR.Bukhari)

  • Berdoa agar hujan yang turun tidak merusak

Pada hadits riwayat Bukhari, Rasulullah pernah memanjatkan doa secara khusus ketika hujan turun sangat lebat. Kala itu, Nabi berdoa, “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” Amalan ini bisa juga kamu lakukan jika nanti kedatangan hujan yang sangat lebat.

Dalil Tentang Hujan di Alquran

Hujan adalah bukti dari kekuasaan Allah SWT. Ia dengan keesaanNya mengatur serta menguasai alam semesta. Allah bisa menurunkan hujan di tanah yang tandus, kemudian membuatnya menjadi tanah hijau nan subur. Sebagaimana yang tertuang dalam firmanNya :

Dan di antara tanda-tanda-Nya (ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fushshilat : 39).

Itu dia sedikit wawasan mengenai hujan dari sudut pandang Islam. Hujan, sebagai salah satu ciptaan Allah meski seringkali dikeluhkan oleh sebagian manusia namun kehadirannya juga disyukuri. Ia, dalam dalil alquran di atas, bahkan bisa menghidupkan tanah yang mati. Sebab itulah hujan, bagaimanapun ia adalah berkah.