Tata Cara Pembagian Daging Kurban

15 July 2021

Bagi umat Islam yang mampu, dianjurkan untuk melakukan ibadah kurban di hari raya idul adha yang tahun ini akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Daging kurban hasil sembelihan kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan berdasarkan tata cara pembagian yang ada. Agar ibadah kurban terlaksana dengan tepat dan juga sesuai, ada baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu bagaimana tata cara yang benar.

Simak penjelasan yang berdasarkan dengan hadits serta siapa saja yang berhak mendapatkan daging kurban di rangkuman berikut ini :

Penjelasan Hadist Mengenai Pembagian Daging Kurban

  • Daging kurban boleh disimpan

“Dulu aku melarangmu mengunjungi makam, tapi sekarang kamu boleh mengunjunginya, dan aku melarangmu makan daging kurban yang berumur lebih dari tiga hari, tapi sekarang kamu bisa menyimpannya selama yang kamu inginkan. Saya melarangmu menggunakan nabidh, namun sekarang kamu boleh meminumnya asal tidak memabukkan.” (HR Muslim).

Hadits ini menjelaskan bahwa tidak apa jika daging kurban disimpan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada yang berhak menerimanya.

  • Tidak wajib tepat di hari raya kurban

Berdasarkan dua hadits di atas maka bisa disimpulkan juga bahwa untuk pembagian daging kurban tidak harus tepat di hari raya kurban. Daging bisa disimpan dan kemudian disalurkan pada yang membutuhkan. Pun waktu yang diberikan adalah selama tiga hari. Penundaan ini biasanya harus berdasarkan pertimbangan kebutuhan dan kemaslahatan.

  • Dibagikan hingga hari tasyrik

Diceritakan Salama bin Al-Aqua’, Rasulullah SAW mengatakan: “Siapa saja yang menyembelih hewan qurban tidak seharusnya menyimpan daging setelah tiga hari.” Ketika sampai di tahun berikutnya, orang-orang bertanya, “Ya Rasulullah SAW haruskah kita lakukan seperti tahun kemarin?” Rasulullah SAW berkata, “Makanlah, berikan pada yang membutuhkan, dan simpanlah di tahun itu untuk mereka yang mengalami kesulitan dan ingin kamu tolong.” (HR Bukhari).

Tiga hari setelah hari raya kurban atau tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah disebut juga dengan hari tasyrik. Membagi daging kurban dianjurkan hanya sampai 3 hari atau hari tasyrik saja.

BACA JUGA : Hukum Jual Beli Kambing Atau Sapi Hasil Kurban

  • Yang berkurban juga boleh menikmati

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi’ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.” (Al-Hajj: 36).

Dari ayat ini bisa disimpulkan bahwa mereka yang berkurban juga boleh menikmati hewan yang mereka kurbankan. Yang paling umum diketahui adalah sepertiga hasil hewan kurban boleh diberikan pada pekurban, dua pertiga sisanya boleh untuk siapa saja. Ada juga yang berpendapat 1/3 daing kurban untuk pekurban, 1/3 untuk fakir miskin dan 1/3 untuk hadiah pada tetangga yang kaya.

Siapa Saja Yang Berhak Menerima Pembagian Daging Kurban?

Ada tiga golongan yang paling berhak menerima daging kurban. Ini adalah kesepakatan ulama yang hingga kini sudah dilakukan. Tiga golongan tersebut adalah :

  1. Shohibul Qurban atau mereka yang melakukan kurban itu sendiri dan juga keluarganya. Dikisahkan dan dijelaskan dalam sebuah hadits yang menyebut dimana ketika hari raya kurban, Rasulullah tidak makan apapun sampai ketika sudah berada di rumah, beliau makan hati hasil dari kurban yang dilakukan.
  2. Teman, kerabat atau tetangga. Meski tergolong mampu, golongan ini juga bisa diberikan daging kurban namun sebagai hadiah. Ini ternyata dianjurkan juga oleh para ulama Hanabilah dan Hanafiyah.
  3. Fakir dan miskin. Dalam surat Al-Hajj ayat 28 dan 36 disebutkan bahwa daging kurban sebaiknya diberikan pada mereka yang membutuhkan yaitu fakir dan miskin. Hal ini bertujuan untuk memberi manfaat dan juga kebaikan bagi mereka.

Kini kamu bisa berkurban melalui Maqmur, telah bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan ACT! Proses kurban dijamin dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Transaksi kurban juga berlangsung mudah, praktis dan terjamin. Hasil kurbanmu akan disalurkan dengan amanah dengan sasaran yang tepat. Bukti kurban akan diterima melalui email maksimal 30 hari dari hari penyembelihan dilakukan.

Info mengenai kurban di Maqmur bisa dibaca di Pusat Bantuan : Kurban

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021