Takbir Keliling, Sejak Kapan Menjadi Tradisi Menjelang Lebaran?

12 May 2021

Tak terasa ya bulan suci Ramadhan sudah ada di hari terakhirnya. Besok kita akan memasuki bulan baru yang mana juga berarti hari raya idul fitri telah tiba. Hari esok sangat dinantikan serta dirindukan sebab semua umat Islam akan saling bermaafan dan kembali ke fitrah.

Dalam menyambut datangnya hari raya, sering kali dilakukan dengan melakukan berbagai macam tradisi. Di Indonesia sendiri, setiap wilayah punya kebiasaan berbeda-beda dalam menyambut hari lebaran. Tapi satu tradisi yang selalu ada di malam sebelum hari lebaran adalah takbir keliling.

Takbir keliling biasanya diikuti oleh semua golongan, tak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Mereka akan berkeliling baik dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan sambil menggemakan takbir. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan membawa obor dan alat musik yang dipukul. Ada juga yang melakukan takbir keliling dengan menggunakan kendaraan lalu ditumpangi bedug, alat musik pukul dan bahkan pengeras suara.

Sejak kapan ada tradisi takbir keliling di Indonesia?

Sebenarnya tidak ada waktu pasti sejak kapan takbir keliling menjadi tradisi yang dilakukan menjelang hari lebaran. Namun yang pasti tradisi ini sudah mengakar dan hampir selalu dilakukan oleh umat Islam di berbagai wilayah di Indonesia. Pada Buletin Nusantara, Pimpinan Pusat PSNU mengatakan bahwa tkbir adalah ajang silaturahmi kolektif yang juga merupakan budaya umat Islam Indonesia.

“Takbir keliling adalah tradisi panjang dari Islam Nusantara. Ini merupakan tradisi yang sudah mengakar.” ujarnya.

Apakah ada takbir keliling di zaman Nabi?

Sejauh yang kami ketahui, menggemakan takbir dengan cara berkeliling dan membawa obor seperti yang ada di Indonesia tidak dilakukan di zaman Nabi. Meski begitu, perilaku memperbanyak takbir hingga waktu sebelum dilaksanakannya sholat idul fitri memang disunnahkan oleh Nabi.

Takbir keliling yang mana di dalamnya takbir digemakan secara semarak bisa jadi salah satu cara untuk melakukan sunnah tersebut. Meski bisa juga membaca takbir sebanyak mungkin dengan cara yang lebih lembut atau perlahan saja.

Kita bisa memaknai takbir keliling sebagai bentuk rasa bahagia umat Islam karena telah menyelesaikan ibadah puasa Ramadhan serta kegembiraan dalam menyambut hari kemenangan, idul fitri. Ini seperti yang dituliskan dalam sebuah hadits dimana bagi orang yang sedang berpuasa ada dua kegembiraan yang mereka miliki. Pertama adalah kegembiraan saat berbuka puasa atau bertemu idul fitri, kedua adalah kegembiraan nantinya ketika bertemu dengan Tuhannya di surga.

Bagaimana dengan takbir keliling di era pandemi?

Tahun ini merupakan tahun kedua dimana kita harus melewati momen ramadan dan lebaran di tengah pandemi. Banyak hal dan kebiasaan yang berubah, tak sama seperti yang kita lakukan dulu kala. Tak lagi ada buka bersama keluarga di luar rumah, ragu-ragu untuk berjamaah di masjid dan mungkin juga tidak adanya takbir keliling karena pasti menimbulkan kerumunan.

Di berbagai wilayah bahkan sudah ada larangan untuk melakukan takbir keliling. Alasannya tentu saja untuk menghindari terjadinya kerumunan yang bisa menjadi potensi makin luas tersebarnya virus COVID-19. Kalau begitu, malam menjelang hari lebaran harus diisi dengan kegiatan apa ya?

  • Menyerukan takbir sembari ibadah sholat malam

Karena membuat kerumunan dengan takbir keliling tidak diperbolehkan, kamu masih bisa menggemakan takbir sembari melakukan ibadah sholat malam. Seusai sholat, kamu bisa berdoa dan menyerukan takbir sebanyak-banyaknya.

  • Membaca al-quran atau mengkhatamkannya

Bulan ramadhan biasanya dijadikan ajang untuk mengkhatamkan al-quran. Dan bila di hari terakhir ramadan ini kamu belum menamatkan al-quran, kamu bisa mengisi malam menjelang lebaran dengan membaca al-quran saja. Tak hanya khatam, kamu juga akan mendapatkan pahala berlipat.

  • Memasak hidangan lebaran

Ketupat, opor, rendang, sambal goreng krecek dan hidangan lainnya pasti jadi yang paling dicari seusai sungkeman hari raya. Karena di pagi hari kamu harus sholat id, maka di malam menjelang lebaran kamu bisa loh memasak hidangannya terlebih dahulu. Atau membereskan rumah agar terlihat rapi, bersih dan indah.

Download Aplikasi MAQMUR Di Sini

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021