Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar

21 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Hidup memang bisa penuh dengan cobaan. Asalnya pun beragam, misalnya karena koneksi internet yang memburuk sehingga membuat aktivitas sekolah atau kerja dari rumah menjadi terhambat. Emosi? Sebagian besar pasti merasakannya. Tapi jangan kebablasan ya. Lebih baik jika kamu bersabar karena ada banyak balasan bagi orang sabar.

Sabar sering kali diartikan sebagai sikap tahan terhadap cobaan, tidak cepat marah atau putus asa. Sabar kadang juga dikaitkan dengan sikap tenang serta mampu mengendalikan diri dengan baik. Sikap ini ternyata sangat disukai oleh Allah. Buktinya ada begitu banyak balasan yang diberikan bagi mereka yang sabar.

Dijanjikan Akhir Yang Baik

Atau sering kita dengar dengan sebutan happy ending. Mereka yang bersabar niscaya akan diberikan akhir yang baik menurut Allah. Ini seperti yang dijanjikan Allah dalam surat Ar-Rad ayat 22:

Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),

Diberikan Keberuntungan

Tahukah kamu bahwa orang yang sabar termasuk orang yang tidak merugi? Karena kesabarannya, mereka termasuk orang yang senantiasa diberikan keberuntungan. Ini seperti firman Allah dalam surat Ali ‘Imran ayat 200 yang berbunyi:

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.

BACA JUGA: Doa Untuk Meluluhkan Hati Hingga Melancarkan Urusan

Selalu Diberi Hal Baik

Sebagai balasan karena telah bersikap sabar, Allah menjanjikan hal-hal baik yang akan diterima. Di antaranya bisa berupa kabar gembira, petunjuk hidup hingga keberkahan. Hal ini pun juga tercantum dalam firman Allah dalam surat al-Baqarah ayat 155-157 yang memiliki arti:

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Dijanjikan Martabat Tinggi Di Surga

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan martabat tinggi di surga? Karena itulah manusia patut melakukan beragam kebaikan dan berperilaku baik. Salah satunya adalah dengan bersabar. Ini adalah balasan yang mestinya dinantikan oleh setiap umat Islam. Mengenai ini juga disebutkan dalam surat al-Furqan ayat 75:

Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.

Temukan fitur islami lengkap di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Hidup memang tak selalu mudah, kadang ada saja kesulitan yang mesti kita hadapi. Tapi ini tidak menjadi alasan untuk bersikap keras atau emosi. Sebab apapun dalam hidup pasti telah dituliskan oleh Allah. Tugas kita sebagai manusia adalah menjalaninya dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah dengan bersabar. Melakoni sikap ini tidaklah membuat kita rugi, bahkan Allah sudah siapkan balasan bagi orang sabar yang begitu banyak.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021