Susun Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Melalui Ekonomi Syariah, Maqmur Dukung HMPS Eksyar UIN Jakarta Gelar Diskusi Panel

22 October 2021

Minggu (31/10/2021) – HMPS Eksyar UIN Jakarta (Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah sukses menggelar acara Diskusi Panel dengan tema “Optimalisasi Potensi Ekonomi Syariah dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19”. Acara tersebut termasuk rangkaian dari Sharia Economic Festival yang dihadiri lebih dari 140 mahasiswa. Mayoritas peserta yang hadir di diskusi panel ini tidak lain adalah mahasiswa jurusan ekonomi syariah serta jurusan sejajarnya dari berbagai kampus. 

“Di acara diskusi panel kali ini kami ingin membangun kembali kebiasaan mahasiswa – mahasiswa yaitu berdiskusi,” kata Zaim Baihaqi, Ketua Pelaksana Sharia Economic Festival 2021.

Pembicara yang hadir diantaranya Arfi Silmi (UIN Jakarta), Muhammad Zulfikar Al-Ansari (Ketua Umum IBEC Universitas Indonesia), Wildan Syuruq (President of Sharia Capital Market Padjajaran University), Farras Abyan Aziz (AISCO Pakistan), Anas Roiyan (Founder Melek Saham), IIP Parikesit (Presiden Fornas Mesya), Ikhsanul Ikhwan (ISEFID Malaysia). dan Muhammad Raihan Gunawan (Institut Agama Islam Tazkia) dengan dimoderatori oleh Zidane Akbar Wiguna (UIN Jakarta).

Tahun ini, Diskusi Panel membahas mengenai bagaimana peran ekonomi syariah dalam menstimulasi sektor ekonomi untuk kembali bangkit seperti sedia kala sebelum Pandemi Covid-19 muncul. Salah satu pengaruh terberat Covid-19, tingkat kemiskinan meningkat 0,48% atau penambahan sejumlah 1,3 juta penduduk miskin selama 2020. Selain itu, diproyeksikan angka kemiskinan mendekati angka 1% yang artinya akan bertambah 8,45 juta penduduk miskin baru di Indonesia. 

Menanggapi permasalahan tersebut, ekonomi syariah dapat menjadi solusi untuk menstabilkan perekonomian melalui keuangan, filantropi maupun sektor riil. Fokus utama ekonomi syariah pada sektor riil diharapkan dapat membuka potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa pasca Pandemi Covid-19.  Pada agenda Diskusi Panel ini, terdapat 4 topik yang dibedah bersama para panelis, yang terdiri atas:

  • Philanthropy
  • Islamic Capital Market
  • Digital Economy
  • Halal Tourism, Halal Lifestyle

Maqmur, sebagai salah satu Muslim digital app, mendukung Diskusi Panel yang digelar HMPS Eksyar UIN dengan harapan mahasiswa dapat menciptakan solusi dan strategi yang tepat untuk memulihkan perekonomian baik melalui sharia digital economy maupun sistem pendukung lain. 

“Harapannya melalui diskusi ini tidak hanya selesai sampai sini saja ya, melainkan inovasi – inovasi baru kita ini bisa ditindaklanjuti kepada yang memiliki wewenang lebih,“ ujar Muhammad Zulfikar Al-Ansari (Ketua Umum IBEC Universitas Indonesia) pada closing statement-nya di sesi Halal Tourism & Halal Lifestyle.

Saksikan dokumentasi video Diskusi Panel selengkapnya di sini:

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021