Susah Bangun Shalat Subuh? Baca Ini Segera

6 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Setelah seharian beraktivitas, kamu tentu mendambakan tidur yang nyenyak hingga pagi hari. Namun sering kali, kamu melewatkan ibadah shalat subuh. Padahal waktu subuh mengandung banyak sekali keutamaan. Lalu bagaimana ya jika sering susah bangun shalat subuh?

Sebelum membahas hal tersebut, mari kita ketahui terlebih dahulu keutamaan shalat subuh. Dengan begitu diharapkan kamu jadi mengerti bahwa ibadah ini tidak boleh ditinggalkan dan timbul semangat untuk bangun serta melaksanakannya.

Keutamaan Shalat Subuh

Tahukah kamu bahwa shalat subuh memiliki kedudukan dan nilai yang tinggi dalam syariat?

Ini terbukti dengan banyaknya hadits yang menyerukan untuk tidak meninggalkan shalat subuh. Rasulullah menyebut bahwa memang waktu shalat ini adalah waktu yang tidak mudah. Sebagian muslim mungkin melewatkannya karena ingin istirahat lebih lama atau alasan lainnya.

Meski begitu, kamu tidak boleh melewatkan keutamaan yang dimiliki oleh shalat subuh. Di antaranya adalah:

Didoakan Oleh Rasulullah

Dalam sebuah hadits disebutkan:

Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh.

HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad, dan Ibnu Majah

Rasulullah meminta Allah untuk menurunkan berkahnya khususnya bagi yang tidak meninggalkan shalat subuh. Tentu sangat istimewa bukan bisa didoakan oleh Rasulullah? Mengingat beliau adalah yang paling dekat dengan Allah.

Berada Dalam Jaminan Allah

Ketika berada dalam jaminan Allah, seorang umat bisa mendapatkan berkah dan kenikmatan yang tidak bisa ditebak. Shalat subuh adalah salah satu cara untuk mendapatkannya. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah bersabda,

Siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia barada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.

HR Muslim

Mendapatkan Rahmat Dan Ridha Allah

Dalam surat Al-Kahfi ayat 28 disebutkan,

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.

Surah Al-Kahf Ayat 28.

Ini menjadi bukti bahwa shalat subuh adalah waktu terbaik untuk meraih rahmat dan ridha dari-Nya.

Mendapatkan Pahala Yang Nilainya Lebih Dari Apapun Di Dunia

Keutamaan shalat subuh lainnya adalah tentang pahala yang bisa didapatkan. Disebutkan dalam riwayat Imam At-Urmuzi,

Dari Aisyah ra telah bersabda Rasulullah SAW, Dua rakat shalat Fajar pahalanya lebih indah dari pada dunia dan isinya.

Terbayang tidak bagaimana di hari akhir nanti jika pahalamu dikumpulkan dan semasa hidup kamu tidak pernah meninggalkan shalat subuh?

BACA JUGA: Tips Ibadah Maksimal, Nomor 3 Paling Mudah Dilakukan

Diberikan Pahala Shalat Malam Satu Malam Penuh

Selain pahala yang bernilai lebih indah dari dunia dan isinya, shalat subuh juga memberimu pahala setara dengan shalat malam satu malam penuh. Hal ini seperti yang diriwayatkan Muslim dari Utsman bin Affan ra,

Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh.

Dijanjikan Surga

Tahukah kamu bahwa waktu subuh termasuk dalam waktu yang dingin selain waktu shalat ashar? Mereka yang melaksanakan shalat di waktu tersebut dikatakan akan dijanjikan surga. Ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah,

Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.

HR Al Bukhari

Dengan begitu banyak keutamaan shalat subuh, apakah kamu masih ingin meninggalkan ibadah ini? Yuk rutinkan untuk bangun di waktu shalat subuh. Butuh bantuan? Dapatkan fitur pengingat shalat di aplikasi MAQMUR. Tak ada lagi ibadah yang terlewat!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021