Sudah Terima Gaji? Simak Mengenai Zakat Profesi!

11 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Sudahkah kalian menerima gaji bulan ini? Masih bingung apakah kalian sudah seharusnya membayar zakat profesi atau belum? Simak pemaparan mengenai Zakat Profesi berikut yuk

Definisi Zakat Profesi

Zakat Profesi adalah pengeluaran wajib yang mana merupakan rukun Islam keempat, oleh pekerja atau yang sudah memperoleh penghasilan yang sudah melampaui nishab (batas bayar zakat).

Landasan Hukum Zakat/Zakat Profesi

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

QS. Al – Baqarah: 110

رَبَّنَآ اِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ اَخْزَيْتَهٗ ۗ وَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.

QS. Al – Imran: 92

Selain Zakat adalah wajib bagi setiap muslim, Allah SWT memerintahkan kita untuk menginfaq-kan sebagian dari harta kita yang paling kita cintai.

Tujuan Zakat Profesi 

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.

QS. At – Taubah: 103

Melalui ayat di atas dapat diketahui bahwa tujuan serta manfaat dari Zakat tidak lain adalah untuk membersihkan harta, membersihkan  jiwa, hati, dan menjauhkan sifat bakhil. Adapun manfaat lain yaitu doa dari penerima zakat yang juga dapat menciptakan ketentraman bagi pemberi zakat.

Nishab Zakat Profesi

Apabila Zakat Profesi di-qiyas-kan dari makanan pokok hasil pertanian atau setara 524 kg beras dengan waktu pengeluaran Zakat setiap panen dihasilkan. Namun, apabila Zakat Profesi di-qiyas-kan dari 85 gr emas atau setara (68 Juta/12 Bulan), maka jumlahnya sekitar 5,6 Juta (per bulan).

Siapakah yang wajib membayar Zakat Profesi?

Beberapa syarat yang perlu dipenuh bagi pembayar zakat (muzakki) diantaranya adalah muslim, merdeka, penghasilan dari sumber yang halal dan mencapai nishab.

Perhitungan Zakat Profesi

2,5% X Jumlah Penghasilan

Sebagai contoh, apabila penghasilan atau gaji sejumlah Rp10,000,000,- dan diketahui telah melampaui nishab sesuai dengan qiyas yang digunakan, maka (2,5% x Rp10,000,000,- = Rp250,000,-) wajib dibayarkan sebagai Zakat Profesi.

Waktu Pembayaran Zakat Profesi

keduanya boleh dan sesuai dengan landasan/qiyas yang digunakan. Namun,  Islam mengajarkan kita untuk tidak menunda-nunda dalam melakukan amal ibadah. Oleh karena itu, sebaiknya ketika kita sudah menerima penghasilan atau gaji, segerakanlah untuk membayar Zakat Profesi tersebut sehingga tidak terpakai oleh keperluan lain.

Penerima Zakat Profesi (Mustahiq)

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

QS. At – Taubah: 60

Ayat di atas menjelaskan bahwa yang berhak menerima Zakat (mustahiq) diantaranya adalah orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, mualaf, untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, orang yang berjuang untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan (musafir).

Demikian pemaparan mengenai Zakat Profesi. Untuk menyimak lebih lanjut mengenai Zakat Profesi, sahabat bisa menyaksikan kembali Bincang Maqmur X Dompet Dhuafa dengan tema “Sempurnakan Berkah Penghasilan Melalui Zakat Profesi” pada Instagram Live di Halaman Instagram Maqmur:

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta memotivasi sahabat untuk segera menunaikan Zakat Profesi. Jika kamu ingin melakukan transaksi Zakat Profesi dengan mudah dan praktis, Maqmur memiliki fitur finansial islami termasuk pembayaran Zakat Profesi. 

Maqmur bekerjasama dengan Dompet Dhuafa yang sudah berpengalaman, kredibel, tepat sasaran dalam pengelolaan serta penyaluran Zakat. Selain itu, bagi kamu yang masih ragu atau bingung untuk menghitung jumlah Zakat Profesi yang harus dibayarkan, jangan khawatir karena tersedia juga kalkulator zakat pada Aplikasi Maqmur sehingga jumlah yang dibayarkan sesuai. 

Selain membantu sahabat dalam membayar Zakat Profesi, Maqmur juga memiliki fitur-fitur layanan keuangan seperti Transfer Gratis, Pulsa, Paket Data, Listrik PLN, BPJS, Listrik PLN, TV Kabel, Top UP E-wallet yang dapat membantu sahabat dalam membayar tagihan sehari – hari dengan sekaligus bersedekah Rp200,- dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan.

Kalau ada yang sekaligus sedekah, kenapa nggak? Unduh Aplikasi Maqmur di Google Play sekarang dan nikmati seluruh fiturnya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021