Sudah Tahu Apa Saja Peristiwa Penting di Bulan Syawal?

21 May 2021

Bulan syawal adalah bulan kesepuluh menurut kalender Hijriyah. Kedatangannya sangat dinanti sebab ini berarti ramadhan telah selesai dilewati. Pada bulan ini juga, idul fitri dirayakan. Hari kemenangan dan juga hari dimana setiap umat islam akan kembali ke fitrah. Pada bulan ini juga terdapat amalan sunnah untuk melakukan puasa selama enam hari. Puasa yang juga disebut dengan puasa syawal ini, jika dibarengi dengan lengkapnya puasa ramadhan maka pahalanya sama dengan berpuasa selama satu tahun.

Pada bulan syawal ini juga banyak sekali peristiwa bersejarah bagi umat islam. Tak hanya penting, tapi peristiwa-peristiwa di bulan syawal ini penuh dengan makna dan juga hikmah. Apa saja sih memang peristiwa penting yang terjadi di bulan syawal?

Pernikahan Rasulullah dengan Aisyah di bulan syawal

Saat datang bulan syawal, kamu pasti akan menemui banyak pernikahan terjadi di sekelilingmu. Bukan tanpa alasan, ternyata ini memang merupakan amalan sunnah. Sebab Rasulullah juga menikahi Aisyah pada bulan syawal, tepatnya di tahun kesepuluh kenabiannya. Hal ini sebagaimana diceritakan oleh Aisyah ra sendiri dan diriwayatkan dalam sebuah hadits : “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan Syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” 

Perang Uhud, terekam dalam  QS. Ali Imran: 121

“Dan (ingatlah), ketika engkau (Muhammad) berangkat pada pagi hari meninggalkan keluargamu untuk mengatur orang-orang beriman pada pos-pos pertempuran. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Itu adalah surat Ali Imran ayat 121 yang sedikit banyak menceritakan tentang Perang Uhud dimana 700 pasukan umat islam berhadapan dengan 3000an pasukan musyrik. Pada awalnya pasukan umat Islam memimpin peperangan hingga memukul mundur pasukan musyrik. Namun akibat lengah, pasukan muslim yang bertugas memanah diserang oleh Khalid bin Walid yang saat itu masih kafir. Akibatnya terjadi kekalahan atas pasukan umat Islam dan Rasulullah terluka parah. Perang Uhud diketahui terjadi di tiga tahun setelah Rasulullah hijrah, tepatnya pada 15 syawal.

Unduh Aplikasi MAQMUR Di Play Store, Nikmati Beragam Fitur Islami

Perang Khandaq, umat islam menang karena strategi

Di bulan syawal lima tahun setelah hijrahnya Rasulullah, terjadi perang Khandaq. Perang ini termasuk salah satu yang populer dalam sejarah Islam sebab strategi yang digunakan sangatlah unik. Kala itu, Salman Al-farisi membuat sebuah ide untuk pertahanan menghalau musuh yaitu dengan membuat parit. Berunding dengan para sahabat, Rasulullah menyetujui ide ini dan ikut turun tangan dalam membuat paritnya.

Dr Syauqi Syaqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith Nabawi, parit yang digali kaum Muslimin itu terbentang dari utara sampai selatan Madinah. Dengan cuaca Madinah yang sangat dingin, parit tersebut akhirnya berhasil diselesaikan dalam enam hari. Meski jumlah pasukan muslim kalah jauh dari pasukan musyrik, parit ini berperan penting dalam kemenangan pasukan muslim. Kubu musyrik kalah diterjang angin puyuh ketika tertahan di luar parit.

Perang Hunain bulan syawal, tertulis di surat at-taubah ayat 25-26

“Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu diwaktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlah (mu), maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari kebelakang dengan bercerai-berai. Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Allah menurunkan bala tentara yang kamu tiada melihatnya, dan Allah menimpakan bencana kepada orang- orang yang kafir, dan demikianlah pembalasan kepada orang-orang yang kafir.” 

Ini adalah cuplikan arti dari surat at-Taubah ayat 25-26 yang berisi tentang perang Hunain. Seperti namanya, perang ini pecah di bukit Hunain. Kala itu, sebenarnya Rasulullah dan para sahabat baru saja menaklukkan Mekah dari kekuasaan kaum kafir Quraisy. Mendengar itu,  kaum Badui dari suku Hawazin dan Tsaqif merasa khawatir akan mendapat serangan dari kaum Muslimin sebab umat Muslim yang baru saja kembali menduduki Mekah menghancurkan berhala-berhala di sana. Peperangan itu akhirnya dimenangkan secara telak oleh pasukan muslim. Kaum Hawazin kemudian melarikan diri.

Itu dia peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam yang perlu kamu pahami. Itu pula yang menjadikan bulan syawal begitu istimewa. Selain juga karena di bulan Syawal banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan dengan balasan pahala yang berlipat. Seperti puasa enam hari hingga menikah. Akan lebih afdhol, jika di bulan syawal kamu juga meneruskan ibadah rajin nan rutin bak di bulan ramadhan. Sholat wajib jangan ditinggalkan, sholat sunnah ayo dilakukan. Baca al-quran dirutinkan, dzikir dan zakat atau sedekah juga dilaksanakan.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021