Sudah Tahu Apa Saja Keutamaan Sholat Tarawih?

24 April 2021

Tahukah kamu bahwa sholat tarawih hukumnya adalah sunnah muakad? Ini artinya sangat dianjurkan untuk melakukan sholat tarawih. Sholat sunnah ini hanya terjadi satu kali dalam satu tahun yaitu ketika bulan Ramadhan tiba. Meski begitu masih saja kita sering melewatkan kesempatan terbatas ini. Padahal jika dilakukan, kamu bisa mendapatkan keutamaan sholat tarawih.

Sama seperti sholat fardhu atau sunnah lainnya, sholat tarawih juga akan membuatmu mendapatkan pahala dan berkah. Tapi, di luar itu, keutamaan sholat tarawih berikut ini patut kamu jadikan pertimbangan agar tak melewatkannya lagi. Apa saja keutamaan sholat tarawih?

Akan diampuni dosa-dosa terdahulu

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah dan mendapatkan dosa karenanya. Sebab itu, demi menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan, tiap manusia harus melakukan amalan baik sebanyak-banyaknya serta memohon ampunan Allah SWT. Salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk terampuni dosa-dosa terdahulu yang pernah diperbuat adalah dengan menegakkan sholat tarawih. Seperti Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim). Maka, alasan apa lagi yang ingin kamu buat untuk meninggalkan sholat tarawih?

Melapangkan jalan rejeki

Bagaimana sholat tarawih bisa melapangkan rejeki? Sholat sunnah di bulan ramadhan ini biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid atau mushola. Tak hanya sholat berjamaah, pada kesempatan tersebut kamu pasti bertemu dengan tetangga, teman dan orang-orang terdekat. Ini bisa menjadi momentum mempererat silaturahmi. Dan tahukah kamu bahwa silaturahmi bisa membuat rejekimu makin lapang? Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). 

Menghindarkan dari lalai akan sholat fardhu

Sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat fardhu Isya’. Secara otomatis, jika kamu ingin melakukan sholat tarawih kamu harus mendahuluinya dengan sholat fardhu. Dengan begini, kamu akan terhindar dari lalai akan sholat fardhu yang sifatnya wajib. Ibadah wajibmu jadi sempurna. Mengenai ini Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab adalah sholatnya. Jika sholatnya bagus maka dia beruntung dan selamat. Namun jika sholatnya buruk maka dia sengsara dan merugi. Jika ada kekurangan dari sholat fardhunya mempunyai pahala sholat sunnah untuk melengkapi kekurangan sholat fardhu? Kemudian seluruh amalnya seperti itu”.

Mendapatkan pahala sholat berjamaah

Seperti yang disebutkan di atas, umumnya sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid atau mushola. Meski sholat tarawih juga boleh dilakukan secara berjamaah di rumah. Dengan melakukannya secara berjamaah, otomatis kamu akan mendapatkan pahalanya sholat berjamaah. Apa baiknya sholat berjamaah? Rasulullah SAW bersabda, “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari)

Mendapatkan pahala bagi yang melaksanakan penuh

Ketika dilakukan secara berjamaah, alangkah baiknya jika sholat tarawih yang kamu lakukan dilaksanakan secara penuh. Artinya, kamu hanya selesai ketika imam menyudahinya. Baik di rumah atau di masjid dan mushola, ini sama hukumnya. Mengapa begitu? Mengenai ini Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” Ganjarannya tak main-main yaitu pahala sholat semalam penuh. Yakin mau melewatkan kesempata ini?

Mendekatkan diri dan makin bertakwa kepada Allah SWT

Di bulan Ramadhan, ibadah sekecil apapun akan mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT. Termasuk juga ibadah sunnah sholat tarawih. Tak hanya itu, ibadah yang dilakukan juga akan menjadi jalan untuk makin dekat dan bertakwa kepada Allah SWT. Tentunya kamu adalah umat yang ingin dekat dan bertakwa kepada Sang Pencipta, bukan? Sebab akan dekat bagimu ampunan dan berkah dariNya. 

Selain keutamaan yang telah disebutkan di atas, ada juga manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari sholat tarawih yaitu dalam aspek kesehatan. Jumlah rakaat sholat tarawih biasanya berkisar 11 hingga 23 rakaat. Ini tentu akan membuat tubuhmu bergerak lebih banyak sehingga menyehatkan raga. Begitu istimewa dan utama loh sholat tarawih, mengapa masih membuat alasan untuk meninggalkannya? Semoga dengan tulisan ini ke depannya kamu bisa makin rajin dan rutin melakukan sholat tarawih ya. 

Unduh Aplikasi MAQMUR Di Ponselmu, Mari Hijrah Finansial Dan Nikmati Fitur Islami

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021