Sore Ini, Mari Kembali Meluruskan Arah Kiblat

15 July 2021

Kamis 15 Juli 2021, matahari akan kembali berada tepat di atas ka’bah. Ini artinya umat islam wajib melaksanakan sebuah tugas yaitu meluruskan arah kiblat. Peristiwa ini sebelumnya telah terjadi pada tanggal 27 Mei 2021. Memang dalam satu tahun, peristiwa yang disebut dengan Istiwa’ul azham ini terjadi dua kali. Tahun ini selain terjadi di bulan Mei, muncul lagi di bulan Juli atau tepatnya sore nanti.

Apa Itu Istiwa’ul Azham?

Peristiwa ini sendiri memiliki beberapa nama yaitu Qibla Day, Istiwa’ul Azham, Great Culmination of Mecca dan Global Rashdul Qibla. Ini merupakan peristiwa dimana matahari tepat berada di atas Ka’bah. Dengan begitu, pada hari itu semua bayangan di Bumi akan mengarah ke Ka’bah. Bagaimana penjelasannya ya?

“Fenomena ini terjadi ketika deklinasi matahari bernilai sama dengan lintang geografis Ka’bah. Sehingga ketika tengah hari, Matahari tepat berada di atas Ka’bah,” ujar Peneliti Lapan Andi Pangerang dikutip dari situs Lapan. Selain itu dijelaskan juga bahwa sumbu rotasi Bumi miring 66,6º terhadap orbit, maka terjadi pergerakan semu tahunan Matahari. Dan jika ada pergerakan matahari yang selalu dijadikan acuan untuk arah kiblat bagi umat Islam, maka ketika peristiwa ini terjadi wajib meluruskan arah kiblat.

Jam Berapa Matahari Tepat Berada di Atas Ka’bah?

Dirangkum dari berbagai sumber, peristiwa matahari tepat berada di atas Ka’bah akan terjadi pada Kamis, 15 Juli 2021 pukul 09.26 waktu Arab Saudi atau pukul 16.26 WIB / 17.26 WITA / 18.26 WIT.

Cara Meluruskan Arah Kiblat Saat Peristiwa Istiwa’ul Azham

Untuk meluruskan atah kiblat hari ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Menurut LAPAN, berikut caranya dijelaskan dalam sebuah gambar :

cara meluruskan arah kiblat menurut LAPAN
Fenomena matahari di atas Ka’bah / LAPAN

Cara-cara tersebut bisa dijabarkan sebagai berikut :

  1. Mencari tempat yang rata, luas dan tentunya terpapar oleh sinar matahari.
  2. Melakukan di waktu yang tepat
  3. Menggunakan tiang atau sesuatu yang lurus. Kemudian pasang dengan posisi tegak lurus
  4. Saat waktu kulminasi, lihat kemana arah bayangan tongkat atau tiang yang digunakan tadi.
  5. Itulah arah kiblat yang harus kamu ketahui dan gunakan untuk beribadah selanjutnya

Mencari Kiblat Dengan Aplikasi

Cara paling mudah untuk mencari arah kiblat adalah dengan bantuan teknologi. Sekarang ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur pencari arah kiblat. Satu yang paling bisa kamu andalkan adalah Maqmur. Maqmur merupakan aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur islami, mulai dari pencari arah kiblat, jadwal sholat yang lengkap, pengingat sholat, alquran digital hingga fitur keuangan yang berbasis syariah.

Untuk bisa mencari arah kiblat dengan aplikasi, kamu tentu harus melakukan cara berikut ini :

  1. Mengunduh aplikasi Maqmur di ponselmu (sudah tersedia di Play Store)
  2. Pastikan kamu sudah dalam keadaan siap sholat
  3. Buka aplikasi Maqmur
  4. Cari fitur arah kiblat
  5. Lihat kemana arah yang ditunjuk pada aplikasi tersebut
  6. Kamu siap sholat sekarang

Dengan menggunakan aplikasi, kamu tidak perlu bingung lagi ketika bepergian. Selama memiliki jaringan internet, maka kamu bisa menemukan arah kiblat terakurat dengan Maqmur.

Cari Arah Kiblat Dengan Aplikasi MAQMUR