Home » Blog » Sholat Tidak Khusyu, Ini Penyebab Dan Doa Untuk Mengatasinya

Sholat Tidak Khusyu, Ini Penyebab Dan Doa Untuk Mengatasinya

Setiap muslim pasti ingin menjalankan ibadah sholat dengan khusyu. Namun ternyata ini bukan perkara yang mudah. Ada begitu banyak hal yang seringkali membuat seseorang susah untuk khusyu dan fokus pada ibadahnya. Padahal, ada banyak sekali keutamaan bagi ibadah yang dilakukan dengan khusyu. Satunya seperti yang tertulis dalam Shahih Muslim, yaitu :

“Tidaklah seorang muslim mendapati shalat wajib, kemudian dia menyempurnakan wudhu`, khusyu’ dan ruku’nya, kecuali akan menjadi penghapus bagi dosa-dosanya yang telah lalu, selama tidak melakukan dosa besar; dan ini untuk sepanjang masa.”

Selain itu, dalam alquran yaitu pada surat Al-Mukmin ayat 1-2 juga disebutkan bahwa “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya”. Tidakkah kamu ingin termasuk dalam orang-orang beriman yang beruntung tersebut? Karena itu, cari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab sholat tidak khusyu’ seperti dalam penjelasan berikut.

Penyebab sholat tidak khusyu

  • Ada hal yang mencuri perhatian

Bunyi ponsel, alarm kendaraan dan hal lainnya bisa termasuk dalam hal yang mencuri perhatian kamu dan menyebabkan sholat tidak khusyu. Karenanya, ketika akan menjalankan sholat sebaiknya jauhkan hal-hal tersebut dari tempatmu beribadah. Apalagi sebagaimana yang diriwayatkan Aisyah ra. “Saya bertanya kepada Rosulullah tentang hukum menengok ketika sholat, Rasulullah SAW menjawab, “itu adalah curian setan atas sholat seorang hamba””

  • Sedang dalam kondisi tergesa-gesa

Pasti ada di antara kamu yang sering melaksanakan sholat dalam keadaan tergesa-gesa. Alasannya beragam, mulai dari karena sholat di penghujung waktu atau punya kepentingan yang mendesak. Akhirnya, sholat dilakukan dengan tidak khusyu karena pikiran bepergian kemana-mana. Sebaiknya sih, ini tidak terus dilakukan sebab berdasarkan sabda Rasulullah, “Sejahat-jahatnya pencuri adalah yang mencuri sholatnya.”

BACA JUGA : Hikmah dan Manfaat Perubahan Arah Kiblat Di sini

  • Memiliki keraguan tentang buang angin

Pernah tidak kamu merasa ragu tentang buang angin saat baru selesai wudhu? Rasa ragu ini ternyata termasuk tanda-tanda bahwa setan sedang mengganggu kamu yang sedang akan sholat. Untuk menghindari keraguan ini, Rasulullah pernah bersabda, “ jika salah seorang diantara kalian merasakan hal itu, maka jangan membatalkan shalatnya hingga dia mendengar suaranya atau mencium baunya tanpa ragu.” 

  • Dalam keadaan was-was

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang merasa was-was, misalnya seorang ibu yang was-was anaknya terbangun atau membutuhkan dirinya selagi ia sholat. Tahukah kamu ternyata rasa was-was ini juga termasuk tanda bahwa sholatmu sedang diganggu oleh setan. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa memastikan kondisi terlebih dahulu atau tenangkan diri terlebih dulu sebelum sholat.

Mengatasi sholat tidak khusyu dengan doa

Untuk mengatasi sholat yang tidak khusyu, ada sebuah doa yang bisa dibaca. Doa ini dimaksudkan agar kamu bisa melakukan sholat atau ibadah dengan fokus dan khidmat. Sehingga keutamaan beribadah pun bisa tercapai. Doa yang bisa kamu baca adalah sebagai berikut :

Allahumma inna na’udzubika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qolbin la yakhsya’u wa min nafsin la tasyba’u wa min ‘amalin la yutaqobbalu wa min du’a-in la yusma’u. Ilahana dholamna anfusana faqod amartana fatarakna wa nahaitana fartakabna fala yasa’una illa ‘afwuka allahumma taqobbal a’malana wa tammin taqshirana wamnahnal khosyyata wal khusyu’. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya :” Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak kenyang (puas), dari amal yang tidak diterima dan dari doa yang tidak dikabulkan. Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, Engkau memerintahkan kami berbuat tetapi kami tidak mengerjakannya, Engkau melarang kami, tetap larangan-Mu kami abaikan, sehingga tiada yang kami harapkan kecuali pengempunan-Mu. Ya Allah, terimalah amal-amal kami dan sempurnakanlah apa yang kurang dari kami serta anugerahilah kami rasa takut dan khusyuk terhadap-Mu. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan juga kepada keluarga dan sahabatnya. Semoga Allah juga memberikan keselamatan kepada mereka.”

Sebaik-baiknya sholat atau ibadah adalah yang dilakukan dengan khusyu dan khidmat. Karenanya, untuk terhindar dari penyebab sholat tidak khusyu sebaiknya kamu baca doa di atas. Semoga setelahnya, ibadahmu makin khusyu dan penuh dengan menfaat serta berkah.

BACA JUGA : Apa Hukumnya Membaca Alquran Digital? Di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *