Sholat Taubat Nasuha, Niat Hingga Waktu Pelaksanaannya

3 August 2021

Pada dasarnya, manusia terlahir suci tanpa membawa satupun dosa. Dalam perjalanan hidupnya, tak hanya berbuat baik, seringkali secara sadar atau tidak, manusia juga melakukan hal yang tidak disukai bahkan dilarang oleh Allah SWT. Karena itu, manusia mendapatkan dosa. Untuk menebusnya, ada yang disebut dengan taubat. Atau dalam bentuk ibadah disebut dengan sholat taubat nasuha.

Apa itu sholat taubat nasuha? Bagaimana cara melaksanakannya? Berikut ini akan dijelaskan secara rinci dan semoga memberimu pengetahuan baru.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Tentang sholat taubat nasuha

Jika kamu ingin melaksanakan sholat taubat ini, ada baiknya jika memahami tentang sholat sunnah ini terlebih dahulu. Sholat taubat merupakan sholat yang dilaksanakan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT, khususnya untuk dosa yang diperbuat selama hidup. Sholat ini juga sering dijuluki sholat istighfar atau sholat minta ampun.

Ketika seseorang telah menunaikan sholat taubat nasuha, ada baiknya jika kemudian menjalani hidup dengan lebih baik dan juga tak lagi melakukan maksiat serta dosa yang sama. Anjuran mengenai sholat ini ada dalam al-quran, khususnya pada surat At-Tahrim ayat 8. Ayat ini berbunyi :

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah SWT dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabb-mu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Cara melaksanakan sholat taubat nasuha

Dalam melaksanakan sholat taubat nasuha sebenarnya tidak ada aturan yang rumit. Sholat ini bisa dilakukan kapan saja, entah siang atau malam hari. Meski begitu, ada waktu yang bersifat haram dan terlarang untuk melaksanakan sholat ini. Waktu-waktu tersebut adalah :

  • Ketika fajar kedua terlihat hingga matahari terbit
  • Saat matahari terbit hingga matahari naik sepenggalah
  • Saat matahari tepat berada di tengah-tengah sampai terlihat condong
  • Ketika masuk waktu sholat ashar sampai matahari tenggelam
  • Menjelang matahari tenggelam sampai tenggelam sempurna

Lantas apakah ada perbedaan atas tata cara pelaksanaan shola taubat ini? Jawabannya adalah tidak ada. Sholat ini bisa dilakukan dengan cara :

  • Membaca niat lalu takbir
  • Membaca doa iftitah kemudian surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek alquran
  • Ruku
  • Itidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Bangun dan mengulang urutan pada rakaat pertama
  • Duduk tasyahud akhir
  • Salam
  • Memanjatkan doa memohon ampunan

Sebelum melaksanakan sholat, tentu harus membaca niat terlebih dahulu. Untuk niat sholat taubat nasuha adalah :

Ushalli sunnatat taubata rak atainin lillahi ta ala

Artinya : saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah

Perlu diketahui bahwa sholat sunnah ini paling baik dilakukan sendiri, tidak berjamaah. Hal ini dikarenakan sholat ini termasuk sholat nafilam dimana tidak dianjurkan untuk ditunaikan secara berjamaah.

BACA JUGA : Ketahui Tata Cara Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT

Doa dan dzikir setelah sholat taubat

Setelah selesai sholat taubat nasuha, sangat dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa. Urutan yang bisa dilakukan adalah membaca istighfar terlebih dahulu sebanyak 100 kali.

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya”.

Kemudian, bisa dilanjutkan dengan membaca doa khusus yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana Abduka Wa Ana Ala Ahdika Wa Wadika Mastathotu. Audzu Bika Min Syarri Maa Shonatu, Abuu-U Laka Binimatika Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku.sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yang telah aku lakukan.”

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021