Seperti Apa Batasan Orang Yang Disebut Mampu Berkurban?

16 July 2021

Dalam hitungan hari, idul adha akan segera datang. Ini artinya umat Islam akan melaksanakan juga ibadah kurban. Dalam ibadah ini sering kita dengar bahwa yang melaksanakannya adalah mereka yang mampu. Namun seperti apa batasan orang yang disebut mampu berkurban?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu siapa sih yang paling wajib melakukan ibadah kurban?

Maka Dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

QS Al-Kautsar : 2

Syarat Orang Yang Berkurban

Pada dasarnya untuk melakukan kurban, ada 4 syarat yang harus terpenuhi dan itu adalah :

  1. Beragama Islam
  2. Merdeka atau bukan budak
  3. Mukallaf, seorang muslim yang dikenai kewajiban atau perintah dan menjauhi larangan agama (sudah dapat dikenai hukum)
  4. Baligh, seorang muslim yang telah mencapai kedewasaan
  5. Mampu atau memiliki kelebihan harta untuk dibelikan hewan qurban

Empat Madzhab Tentang Kriteria Mampu Berkurban

Perkara mampu dalam berkurban ini ternyata dimaknai berbeda-beda. Setidaknya ada empat madzhab yang menjelaskan tentang kriteria mampu berkurban. Dan mereka adalah :

  • Imam Syafi’i

Seseorang dikatakan mampi jika orang tersebut memiliki kelebihan harta yang cukup untuk membeli hewan kurban pada hari raya Idul Adha. Harta tersebut tentu saja tidak boleh mengganggu pos kebutuhan pokok yang ditujukan baginya dan tanggungannya.

  • Imam Abu Hanifah

Jika seseorang memiliki harta lebih yang nilainya lebih dari nisabnya harta maka orang tersebut dianjurkan untuk berkurban. Berapakah nilai nisab harta? Sekitar 200 dirham. Dan juga, mampu menurut Imam Abu Hanifah adalah adanya harta lebih yang tidak mengganggu kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, papan bagi dirinya dan orang tanggungannya.

  • Imam Malik

Menurut Imam Malik, jika seseorang memiliki harta lebih untuk dibelikan hewan kurban dan perkara itu tidak mengganggu kehidupan serta kebutuhan pokoknya selama satu tahun, maka orang tersebut dapat dikatakan mampu. Orang dengan kriteria itu memenuhi syarat untuk berkurban di hari raya idul adha.

  • Imam Ahmad bin Hambal

Yang paling berbeda adalah pendapat yang terakhir ini yaitu seseorang bisa dikatakan mampu jika memiliki harta yang cukup untuk berkurban. Meski dengan cara hutang namun orang tersebut yakin bisa mengembalikan hutang tersebut.

Pendapat Lain Tentang Mampu Berkurban

Selain empat madzhab di atas, ada juga pendapat lain dari ulama. Salah satunya adalah dari Syekh Sulaiman bin Muhammad bin Umar al-Bujairimi pada kitab Hasyiyah al Bujairomi Ala Syarh Manhaj Al Thulab. Disebutkan bahwa :

“Dan kurban disunnahkan dalam hak kita bagi orang yang merdeka atau sebagian dirinya saja yang merdeka, Muslim, mukallaf dan cakap mengelola harta. Bagi wali yaitu bapak atau kakek bukan selainnya boleh berkurban untuk orang yang berada dalam kekuasaannya dari hartanya seperti keterangan yang akan datang, yang mampu yakni hartanya melebihi kebutuhan orang yang wajib dinafkahi, seperti keterangan yang telah lewat dalam fasal sedekah Sunah.”

Mengenai siapa saja orang yang wajib dinafkahi, Syekh Sayyid Abi Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha Al-Dimyati berkata dalam Kitab I’anah At-Tholibin :

“Yang dikehendaki dari orang yang wajib dinafkahi adalah istri, kerabat, budak yang dimilikinya yang dibutuhkan untuk melayaninya, dan orang-orang Islam yang sangat membutuhkan walaupun bukan kerabatnya karena alasan yang disebutkan dalam bab Al-Sair (jihad) bahwa membantu orang-orang Islam yang sangat membutuhkan dengan cara memberi makan orang yang kelaparan, memberi pakaian orang-orang yang telanjang (tidak punya pakaian) dan selainnya merupakan kewajiban bagi orang yang memiliki lebih dari kecukupan satu tahun. Mayoritas orang acuh terhadap hal ini, bahkan orang yang disebut-sebut saleh sekalipun.”

Unduh Aplikasi Maqmur, Lengkap Dengan Fitur Islami

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021