Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru

22 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Sebagai umat Islam yang baik sudah sewajarnya jika turut bahagia ketika mendengar kabar baik, seperti pernikahan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memanjatkan doa untuk pengantin baru tersebut. Apakah selama ini kamu hanya mengucapkan agar pasangan tersebut menjalani rumah tangga yang samawa saja? Nih ada yang perlu kamu tahu lagi.

Selain samawa, ada juga doa yang dianjurkan untuk dibacakan untuk pengantin baru. Doa-doa ini tentu saja memiliki makna yang baik serta membawa harapan yang bernada kebaikan bagi pasangan yang didoakan. Nah, apa saja tuh doa yang bisa diberikan untuk pengantin baru? Simak selengkapnya

Agar Diberi Kebahagiaan, Pernah Diucapkan Oleh Rasulullah

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khayrin

Arti:
Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”

Doa ini sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. Beliau berkata bahwa Nabi Muhammad bilsa memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah akan mengucapkan doa tersebut.

BACA JUGA: Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini

Agar Diberikan Keberkahan Karena Telah Mengundang

Dalam perayaan pernikahan atau resepsi, sebagai undangan biasanya akan dijamu dengan makanan, minuman dan hiburan yang menyenangkan. Tentu saja ini adalah hal yang mesti disyukuri. Karenanya kamu bisa mendoakan pengantin tersebut dengan membaca doa ini agar mereka diberikan keberkahan:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Arti:
Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.

Selain itu, kamu juga bisa membaca doa ini setelah selesai makan hidangan yang disajikan:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Arti:
Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.

BACA JUGA: Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng

Agar Diberi Kelancaran Untuk Pernikahannya

Kamu juga bisa memberikan doa untuk perayaan hingga perjalanan rumah tangganya. Doa yang dapat kamu baca adalah surat Al-Kahfi ayat 10 yang berbunyi:

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Arti:
(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Nah, ternyata selain sekadar samawa ada juga banyak doa yang bisa kamu berikan untuk pengantin baru. Harapannya dengan doa-doa ini maka pengantin tersebut dapat diberi kelimpahan berkah dan juga kebahagiaan dalam rumah tangganya. Lain kali, ucapkan doa ini juga ya ketika ada keluarga, teman atau rekan yang menikah.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021