Selain Harga Kambing, Ini Tips Kurban Yang Sesuai Syariat

9 July 2021

Kambing merupakan salah satu hewan yang paling sering digunakan sebagai kurban di idul adha. Hal ini disebabkan karena harga kambing yang cenderung masih terjangkau dibandingkan hewan lainnya seperti sapi. Terlebih kambing juga memenuhi salah satu syarat hewan kurban yaitu harus merupakan golongan hewan ternak.

Jika kamu berniat untuk membeli hewan kurban berupa kambing, ada baiknya kamu tahu hal-hal yang harus dipertimbangkan. Selain harga kambing yang mesti disesuaikan dengan kemampuan, ada juga syarat dan ketentuan dan hal lain yang perlu diperhatikan. Selengkapnya akan diulas di bawah ini.

Syarat Kambing Yang Bisa Dikurbankan

Harga kambing bukan merupakan syarat penting dalam memilih hewan kurban ini. Melainkan ada setidaknya 3 hal ini yang bisa dijadikan syarat dalam memilih kambing :

  • “ (Seekor kambing) baik domba maupun kambing kacang itu memadai untuk qurban (satu orang) saja berdasarkan kesepakatan ulama, tidak untuk lebih satu orang.”
  • Setidaknya harus berusia satu tahun atau memasuki tahun kedua
  • Harus merupakan kambing yang berkualitas, maksudnya adalah tidak memiliki cacat seperti buta sebelah, pincang, sakit atau kurus.

Selain Harga Kambing, Pakai Tips Ini Untuk Beli Hewan Kurban

Harga tidak menjadi patokan apakah seekor hewan kurban layak dipilih. Ada beberapa tips jika kamu ingin membeli hewan kurban. Berikut penjelasannya :

  • Usia hewan. Untuk bisa mengetahui usia kambing atau sapi yang akan dibeli, kamu bisa memeriksa catatan kelahiran pada pemilik atau penjual hewan tersebut. Usia hewan jadi salah satu syarat penting sebelum kambing atau sapi tersebut layak dikurbankan.
  • Kondisi berkualitas. Yang dimaksudkan adalah lihat dengan teliti apakah kambing atau sapi yang kamu pilih sudah dalam kondisi yang terbaik seperti tidak ada cacat. Hal ini sangat menentukan apakah hewan tersebut sah atau tidak untuk dikurbankan.
  • Kesehatan yang prima. Sehat atau tidaknya hewan kurban bisa dilihat dari kelincahan, bulu yang tidak kusam, mata bersih dan bersinar serta nafsu makan yang baik. Perhatikan ini sebelum memilih hewan kurban.
  • Lokasi pembelian. Kondisi lingkungan tempat pembelian hewan kurban juga harus diperhatikan. Hindari membeli hewan kurban yang dekat dengan lingkungan kotor sebab bisa berpotensi mengandung bakteri.

Untuk mendapatkan itu semua, kamu bisa memilih opsi membeli hewan kurban secara online melalui Maqmur. Dengan berkurban bersama MAQMUR, mudah, praktis dan terpercaya karena telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan ACT. Unduh aplikasinya sekarang juga!

BACA JUGA : 15 Ucapan Idul Adha 1442 H, Ketika Berbagi Terhalang Pandemi

Berapa Harga Kambing Sekarang?

Setiap tahunnya, harga kambing tentu mengalami perubahan. Biasanya akan ada kenaikan ketika hari raya idul adha sudah makin dekat. Ada beberapa hal yang biasanya membuat harga kambing jadi berubah-ubah, di antaranya :

  • Berat kambing

Bisa dibilang, kambing dibedakan harganya berdasarkan berat yang dimiliki. Semakin berat, maka semakin tinggi harganya. Biasanya harga kambing akan diklasifikasikan menurut berat dengan pembagian kelas, yaitu kelas A, B, C dan super dan super plus. Kisarannya bisa dari Rp1,8 juta hingga Rp5 juta.

  • Lokasi pembelian

Tidak seperti emas yang harganya sama, kambing bisa memiliki harga yang berbeda tergantung pada lokasi pembelian. Maksudnya, harga kambing di Jakarta mungkin saja akan lebih mahal dibandingkan dengan di Jember. Meski biasanya tetap pada kisaran-kisaran umum yang ada.

Bagaimana Jika Beli Kurban Secara Online?

Sekarang ini, beli hewan kurban pun bisa dilakukan secara online seperti melalui aplikasi Maqmur. Bagaimana hukumnya ya? Dirangkum dari berbagai sumber disebutkan bahwa hukum membeli hewan kurban online adalah diperbolehkan menurut ulama. Hal ini dikarenakan tidak ada dalil yang secara spesifik melarang. Hanya saja, ketika membeli hewan kurban secara online biasanya shohibul qurban tidak dapat menikmati hasil kurbannya sendiri.

Dengan berbekal pengetahuan di atas, semoga kamu tidak ragu lagi jika ingin berkurban melalui Maqmur. Terlebih di era pandemi seperti sekarang ini yang membuat kita tak bisa berkurban seperti biasanya. Pun meski secara online, Maqmur telah bekerjasama dengan badan terpercaya seperti Dompet Dhuafa dan ACT sehingga kurban yang kamu lakukan akan tersalurkan dengan baik dan tepat.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021