Sejarah Shalat Jumat Dan Alasan Mengapa Hanya Untuk Laki-Laki

10 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Pernah penasaran nggak sih mengapa pada hari Jumat hanya muslim laki-laki saja yang wajib melakukan ibadah? Ternyata ada sejarah shalat jumat yang perlu kamu ketahui. Namun tentu kamu mesti mengetahui juga bahwa Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Beberapa alasannya disebutkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

 سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.

Lalu bagaimana asal mula shalat Jumat diperintahkan? Berikut yang perlu kamu ketahui:

Tentang Perintah Shalat Jumat

Dalam surah al-Jumu’ah ayat 9, Allah berfirman mengenai kewajiban muslim laki-laki untuk meninggalkan apapun yang sedang dilakukan ketika panggilan shalat jumat datang. Ayat ini berbunyi:

Hai orang-orang beriman apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Dalam dalil lain Rasulullah juga menyebut,

Demi Allah, berhentilah para lelaki yang sering meninggalkan sholat Jumat atau Allah akan mengunci hati mereka dan menjadikan orang-orang lalai.

Dengan bekal dalil di atas sudah cukup jelas bahwa ibadah shalat Jumat memang wajib terutama bagi para laki-laki. Nah, kapan ya tepatnya shalat jumat mulai diperintahkan oleh Allah SWT?

BACA JUGA: Ini Dia Surat Al-quran Yang Sunnah Dibaca Ketika Sholat Jumat

Sejarah Shalat Jumat Dan Waktu Pertama Kali Dilaksanakan

Disebutkan dalam berbagai sumber, pelaksanaan shalat jumat yang pertama kali datang seiring dengan adanya perintah untuk melakukan shalat lima waktu. Saat itu Rasulullah tengah berada di Mekkah namun belum bisa melaksanakan perintah shalat karena kondisi yang tak memungkinkan. Sebabnya karena jumlah umat yang masih sedikit hingga mendapatkan intimidasi dari kaum kafir Quraisy.

Shalat jumat pertama kali akhirnya bisa dilaksanakan ketika Rasulullah bersama para sahabat dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Saat itu adalah pekan kedua pada bulan Rabiul Awal atau sekitar minggu terakhir di bulan September tahun 622 Masehi. Rasul bersama rombongan tiba di Quba pada Senin 8 Rabiul Awal kemudian beristirahat selama 4 hari dan membangun masjid.

Pada hari Jumat pagi, mereka melanjutkan perjalanan ke Madinah. Setelah tiba di Wadi Ranuna, Rasul melakukan ibadah shalat jumat untuk pertama kalinya. Di tempat ini jugalah berdiri masjid yang dinamai Masjid Jumat. Masjid ini dimaksudkan untuk memberi jejak sejarah pada shalat jumat yang pertama. Setelah melakukan shalat jumat, Rasul juga memberikan khutbah dimana disampaikan beberapa wasiat penting.

Kenapa Hanya Untuk Laki-Laki?

Seperti yang kita ketahui bahwa shalat jumat wajib hukumnya untuk muslim laki-laki. Tapi kenapa perempuan tidak boleh ya? Ada hadits yang bisa menjawabnya. Yaitu:

Dari Thariq bin Syihab, Rasulullah SAW bersabda,

Sholat Jumat itu dilaksanakan secara berjamaah dan wajib hukumnya bagi seorang Muslim, selain hamba sahaya, perempuan, anak-anak, atau orang yang sakit.

Hadits riwayat Abu Dawud, dari Ibnu Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Jangan lah kalian mencegah para perempuan (yang berada dalam tanggung jawab) kalian untuk pergi ke masjid, tapi (sholat) di rumah-rumah mereka itu lebih baik bagi mereka.

Maksimalkan ibadah dengan fitur islami di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Selain itu, disebutkan juga mengapa muslimah perempuan tidak wajib untuk melakukan shalat jumat. Yaitu untuk menghindari fitnah karena berkumpulnya laki-laki dan perempuan pada satu tempat.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021