Sejarah Perayaan Maulid Nabi Dan Tradisinya Di Indonesia

18 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Salah satu hari yang paling penting untuk diketahui oleh umat islam adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Atau lebih kerap disebut dengan Maulid Nabi. Hari tersebut jatuh setiap tanggal 12 pada bulan Rabiul Awal. Tahun ini, 12 Rabiul Awal jatuh pada 19 Oktober 2021. Namun hari liburnya digeser pada satu hari setelahnya.

Dalam bahasa Arab, Maulid memiliki arti lahir. Oleh karena itu, Maulid Nabi dapat dimaknai sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Lalu adakah tradisi khusus untuk merayakannya?

Peringatan Maulid Nabi Pertama Kali

Ada beberapa versi yang menyebutkan tentang peringatan Maulid Nabi pertama kali. Yang pertama menyebutkan bahwa peringatan pertama kali ada di zaman Khalifah Mu’iz li Dinilah. Kemudian sempat dilarang pada masa kepemimpinan Al-Afhdal bin Amir al-Juyusy meski kemudian dilakukan kembali ketika Salahuddin Al-Ayyubi memimpin.

Dalam versi lain disebutkan bahwa peringatan kelahiran Nabi dilaksanakan pertama kali pada zaman Khalifak Mudhaffar Abu Said. Kala itu sedang terjadi perang melawan Jengis Khan. Khalifah memiliki niat untuk membangkitkan semangat heroisme muslim yang tengah berperang. Perayaan kemudian dilaksanakan selama 7 hari 7 malam di daerah kekuasaannya yaitu Afrika Utara, Mesir dan Suriah.

BACA JUGA: Libur Maulid Nabi Digeser, Tetap Lakukan Amalan Ini Ya

Tradisi Maulid Nabi di Indonesia

Tak jauh berbeda dengan negara-negara muslim lainnya, di Indonesia hari Maulid Nabi juga dirayakan bahkan menjadi hari libur nasional. Biasanya ada perayaan yang dilakukan berdasarkan tradisi atau adat setempat. Di antaranya sebagai berikut:

Kirab Ampyang, Kudus

Ini merupakan tradisi merayakan Maulid Nabi dengan melakukan arak-arakan rtandu berisi nasi yang dibungkus daun jati dan dibentuk mirip gunungan. Selain itu ada juga sayur dan buah-buahan alias hasil bumi. Arakan ini juga akan didoakan oleh pemuka agama setempat lalu dibagikan ke warga.

Grebeg Maulud

Di beberapa daerah ada tradisi bernama Grebeg Maulud. Tradisi ini disebut sudah berlangsung sejak zaman sultan Mataram. Grebeg sendiri punya arti ‘mengikuti’ yang kemudian dimaknai sebagai mengikuti sultan dan pembesar untuk keluar dari keraton menuju masjid. Dalam tradisi ini ada nasi gunungan juga yang dibagikan ke masyarakat dengan cara diperebutkan.

Muludhen, Madura

Dalam rangka memperingat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, di Madura ada tradisi pembacaan riwayat hidup beliau yang disebut barzanji. Ada juga ceramah tentang kebaikan beliau selama hidup. Tradisi ini biasanya dilakukan di Masjid Agung. Pada tradisi ini juga ada nasi tumpeng dengan beragam buah yang ditusuk dengan lidi.

BACA JUGA: Amalan Rabiul Awal, Penghormatan Umat Islam di Bulan Kelahiran Rasul

Bungo Lado, Padang Pariaman

Secara harfiah, Bungo lado berarti bunga cabai. Ini adalah pohon yang dihias dengan uang sebagai daunnya. Uang yang digunakan adalah uang kertas dengan berbagai nominal dari sumbangan warga dan perantau. Uang ini digunakan untuk pembangunan rumah ibadah. Tradisi Bungo Lado ini digelar secara bergantian di kecamatan yang ada di Padang Pariaman.

Walima, Gorontalo

Sejak Gorontalo mengenal Islam, tradisi Walima sudah dilaksanakan pada tiap peringatan Maulid Nabi. Pada tradisi ini, kue tradisional seperti kolomengi, curuti, wapili sampai pisangi akan disiapkan dengan disusun-susun. Kue ini kemudian diarak menuju masjid dimana ratusan warga sudah menunggu. Warga kemudian akan berebut kue yang menjadi lambang berkah.

Ngalungsur Pusaka, Garut

Pada tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakatn Garut ini terdapat ritual pembersihkan barang pusaka peninggalan Sunan Rohmat atau Sunan Godog atau Kian Santang. Barang-barang tersebut akan dicuci dengan air bunga dan digosok memakai minyak wangi. Tak hanya di Garut, tradisi serupa juga dilakukan di Banten.

Temukan fitur islami mulai dari pengingat waktu shalat hingga al-quran digital di aplikasi MAQMUR! 

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021