Sebulan Lagi Idul Adha, Persiapkan dengan Baik Demi Raih Keutamaannya

4 June 2021

Umat Islam di seluruh dunia, dalam waktu kurang lebih satu bulan lagi akan merayakan Idul Adha. Di hari raya ini, sunnah hukumnya untuk melakukan kurban yang biasanya berupa menyembelih hewan seperti sapi, kambing, kerbau atau unta. Ibadah kurban ini punya nilai sejarah yang tinggi sebab berkaitan dengan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. 

Kala itu dikisahkan, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengkurbankan atau menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Meski penuh keraguan, Nabi Ismail dikisahkan bersikap ikhlas untuk disembelih karena cintanya untuk Allah. Nabi Ibrahim pun, meski sangat mencintai Nabi ismail, dengan ikhlas dan penuh pengorbanan akhirnya mengkurbankan anaknya. Ini artinya, kecintaan dan kebahagiaan apapun tidak ada yang lebih besar ketimbang kepada Allah SWT. 

Adapun perintah Allah mengenai kurban di hari raya Idul Adha tercantum dalam surat Al-Hajj ayat 34-35 yang berbunyi : “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka.”

Selain itu, ada juga beberapa hadits yang menyebutkan perkara keutamaan berkurban di hari raya Idul Adha. Beberapa di antaranya adalah seperti yang dituliskan berikut ini : 

Berkurban adalah amalan yang disukai oleh Allah SWT

“Tidak beramal anak Adam pada hari Nahr (‘Idul Adha) yang paling disukai Allah selain daripada mengalirkan darah (menyembelih qurban). Kurban itu akan datang kepada orang-orang yang melakukannya pada hari kiamat dengan tanduk, rambut dan kukunya. Darah kurban itu lebih dahulu jatuh ke Allah sebelum jatuh ke atas tanah. Oleh sebab itu, berkurbanlah dengan senang hati.”

Ada pahala di tiap satu tetes darah hewan yang dikurbankan

Para sahabat bertanya kepada Rasulullah “Apakah kurban-kurban ini? Beliau menjawab: “Sunnah bapak kamu sekalian, Ibrahim ‘alaihissalaam”. . Sahabat bertanya: “Pahala apa yang kami dapatkan darinya? Rasulullah menjawab: “Setiap tetes darah satu kebaikan”.

Ada kebaikan di setiap rambut dari bulu hewan yang dikurbankan

Kami bertanya : Wahai Rasulullah Apakah qurban-qurban ini? Beliau menjawab : “Sunnah (tuntunan) bapak kalian, Ibrahim”. Zaid bin Arqam berkata: Kami bertanya : “Pahala apa yang kami dapatkan darinya? Rasulullah menjawab : “Setiap rambutnya adalah satu kebaikan.” Zaid bin Arqam berkata: Kami bertanya : “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan bulunya?” Beliau menjawab: “Setiap rambut dari bulunya adalah kebaikan”.

Unduh Aplikasi MAQMUR Di Ponselmu

Bertubi-tubi kebaikan yang didapat mulai dari tiap langkahnya

Dari sayidina Ali karrromallahu wajhah berkata: siapa berangkat dari rumahnya hendak membeli hewan kurban maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkan 10 keburukannya serta dinaikan 10 derajatnya. Apabila berbicara di anggap bertasbih dan ketika membayarkan harga / uangnya setiap dirhamnya memperoleh 700 kebaikan dan ketika meletakan hewan itu di atas tanah untuk disembelih maka Allah menjadikan setiap tetes darahnya malaikat sejumlah 10 orang malaikat yang selalu beristigfar untuknya sampai kiamat. Dan waktu daging dibagikan maka setiap potongannya seperti memerdekakan seorang budak dari keturunan Nabi Ismail alaihisalam.

Nilainya lebih besar daripada sedekah lainnya

“Menyembelih hewan pada hari raya qurban, aqiqah (setelah mendapat anak), dan hadyu (ketika haji), lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi).

Begitu banyak kebaikan dan keutamaan yang ada ketika seorang muslim melakukan kurban di hari raya idul adha. Jika kamu ingin meraihnya, pastikan kamu telah memenuhi syarat yaitu Muslim, Mampu dan Baligh serta Berakal. 

Selain melaksanakan kurban di hari raya Idul Adha, jangan lupa untuk selalu melakukan amalan penting yang utama lainnya yaitu sholat dengan menghadap arah kiblat dan membaca alquran

Baca Juga Artikel Terbaru Kami