Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur

20 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Setelah beraktivitas selama seharian, tubuh butuh diistirahatkan dengan tidur. Ini juga merupakan salah satu bentuk nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, jangan sampai meremehkan betapa pentingnya tidur apalagi mengingat begitu banyak manfaatnya untuk tubuh dan jiwa.

Nah, setelah selesai tidur bagaimana cara untuk bangun tidur yang benar? Ternyata ada hal sunnah yang dilakukan Rasulullah saat bangun tidur. Apa sajakah itu?

Duduk Dan Mengusap Wajah

Tidak langsung berdiri atau bermalas-malasan di ranjang, Rasulullah memiliki kebiasaan mengusap wajah dan duduk ketika baru terbangun dari tidur. Hal ini seperti yang dikisahkan oleh Ibnu Abbas,

Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah SAW bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya.

HR. Ahmad, Bukhari, Nasai dan lainnya

Membaca Doa

Setelah bangun, duduk dan mengusap wajah, Rasulullah kemudian membaca doa bangun tidur. Doa tersebut berbunyi:

Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

Arti:

Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan,

Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali Imran

Dalam sebuah kisah juga disebutkan bahwa Ibnu Abbas bercerita bahwa setelah bangun dari tidurnya, Rasulullah kemudian duduk dan menghilangkan kantuk di wajahnya. Setelah itu, beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran. Kemudian, dilanjutkan dengan menunaikan shalat malam.

Membersihkan Hidung

Pada sebuah hadits disebutkan bahwa ketika tidur, setan bermalam di rongga hidung. Oleh karenanya, ketika bangun tidur Rasulullah juga membersihkan rongga hidung. Caranya adalah dengan membasuhkan air sebanyak tiga kali. Beliau memasukkan air ke dalam hidung, disedot perlahan dan dikeluarkan kembali.

Bersiwak Atau Gosok Gigi

Selain membersihkan hidung, Rasulullah juga selalu menggosok gigi dengan siwak setelah bangun tidur. Siwak adalah kayu yang dulu kerap dipakai untuk membersihkan gigi. Kini, kamu tak perlu memakai siwak karena sudah ada sikat gigi dan pasta gigi. Amalan ini selain meneladani sikap Nabi juga baik untuk kesehatan loh.

Wudhu

Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa ketika tidur, setan mengikat tengkuk kepala seseorang dengan tiga ikatan. Ikatan tersebut membuatnya terus tidur dan hanya akan terlepas atau terbuka dengan tiga kondisi yaitu:

  • Ketika bangun lalu berdzikir,
  • Kemudian berwudhu, dan
  • Lalu melakukan shalat.

Dengan melakukan ketiga hal tersebut, seorang tersebut akan bangun dengan jiwa yang baik dan bersemangat. Dan sebaiknya, jika tak dilakukan dirinya akan malas.

Mencuci Tangan

Ada juga sabda Rasulullah yang menyebutkan bahwa ketika bangun tidur, kamu mesti mencuci tangan sebanyak tiga kali terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Hal ini disebutkan karena:

… karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.

HR Bukhari dan Muslim

Itu dia beberapa hal yang dilakukan oleh Rasulullah ketika bangun tidur. Kamu bisa mempraktekkannya juga agar hari yang kamu jalani diberkahi dengan kebaikan. Pun ini juga salah satu cara untuk meneladani sikap Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, untuk melengkapi ibadah kamu bisa memanfaatkan fitur islami yang ada di aplikasi Maqmur loh. Kamu dapat menemukan fitur alquran digital, adzan atau pengingat shalat serta pembayaran zakat.

Praktis dan lengkap, bukan? Yuk download sekarang.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021