Puasa Asyura 2021, Jadwal Sampai Keutamaannya

8 August 2021

Tahun baru islam akan jatuh beberapa hari lagi, artinya umat muslim akan berganti tahun dan memasuki bulan Muharam. Di dalam bulan tersebut, ada banyak sekali amalan yang dilakukan demi pendapatkan pahala dari-Nya. Salah satunya adalah puasa Asyura. Kapan puasa asyura 2021 dilaksanakan? Adakah keutamaan dari puasa ini?

Secara bahasa dan istilah, asyura dekat dengan angka 10 atau tanggal 10. Karena itu, pada sebagian bulan di kalender penanggalan Hijriah, dianjurkan untuk berpuasa sunnah di tanggal tersebut. Hal ini berdasar pada hadits Nabi Muhammad yang berbunyi “Barang siapa yang melapangkan keluarga dan familinya pada hari Asyura, niscaya Allah melapangkannya sepanjang tahun itu.”

Kapan Puasa Asyura 2021?

Tahun baru Islam 1443 Hijriah atau 1 Muharram akan jatuh pada 10 Agustus 2021. Ini berarti puasa Asyura bisa dilaksanakan di tanggal 19 Agustus 2021. Selain itu, sebelum hari tersebut atau tanggal 9 Muharram, bisa juga melaksanakan puasa Tasu’a.

Hukum Puasa Asyura

Terdapat sebuah kisah tentang bagaimana hukum puasa ini. Awalnya, menurut Abu Hanifah puasa ini bersifat wajib. Namun, pada kala itu dimana era permulaan islam, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Baru setelah adanya syariat puasa Ramadhan, ulama kemudian sepakat bahwa hukum puasa Asyura adalah sunah. Pun yang diutarakan oleh Imam Ahmad.

Hadits Mengenai Puasa Asyura

Ada beberapa hadits yang berisi sabda Rasulullah mengenai puasa asyura. Di antaranya:

  • Nabi SAW bersabda: Sesungguhnya hari ini adalah hari Asyura, tidak diwajibkan kamu melakukan puasanya, tetapi saya berpuasa. Barang siapa yang ingin berpuasa, berpuasalah, dan barang siapa yang tidak ingin berpuasa, hendaklah ia berbuka (HR Bukhari dan Muslim).
  • Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya hari Asyura adalah termasuk hari-hari (yang dimuliakan) Allah. Barang siapa yang suka berpuasa, berpuasalah. (Muttafaq ‘alaihi)

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Keutamaan Puasa Sunah Asyuradi Bulan Muharram

Manfaat atau keistimewaan yang paling utama dari puasa asyura ini adalah terhapusnya dosa-dosa satu tahun kebelakang. Ini berdasar pada hadits yang berbunyi: “Puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang lewat.”

Selain itu, terdapat juga sebuah hadits yang menyebut tentang puasa yang nilainya lebih baik dari puasa Ramadhan. Hadits tersebut berbunyi: Dari Abu Hurairah RA dia berkata, Rasulullah SAW ditanya, ‘Shalat apa yang lebih utama setelah shalat fardhu? Nabi menjawab, ‘Shalat di tengah malam’. Mereka bertanya lagi, ‘Puasa apa yang lebih utama setelah puasa Ramadhan?’ Nabi menjawab, ‘Puasa pada bulan Allah yang kamu namakan Muharram.” (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud).

BACA JUGA: Sejarah Tahun Baru Islam, Awal Hijrah Rasulullah

Bacaan Niat

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala.

Artinya:

Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala

Fakta Menarik Tentang Puasa 10 Muharram

Kebiasaan berpuasa di tanggal 10 Muharram ini ternyata juga dilaksanakan oleh orang Yahudi. Mereka melakukan ibadah ini dengan tujuan untuk bersyukur karena keselamatan yang didapat dengan ditenggelamkannya Firaun serta tentaranya di Laut Merah oleh Allah.

Karena fakta ini, dibuatlah pembeda untuk puasa di tanggal 10 Muharram bagi umat Islam. Muslim disunnahkan untuk berpuasa juga di tanggal 9 Muharram atau puasa Tasu’a.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021