Puasa 11 Muharram, Ketika Lupa Lakukan Puasa Tasua

19 August 2021

Sebagai umat Islam kamu mesti tahu bahwa berpuasa di bulan Muharram sangatlah istimewa. Bahkan disebut dalam sebuah hadits bahwa puasa yang paling utama selain puasa di bulan Ramadhan ialah yang dilakukan di bulan Muharram. Ada beberapa waktu yang paling dianjurkan untuk berpuasa yaitu di tanggal 1, 9 dan 10 Muharram. Namun bagaimana dengan puasa 11 muharram?

Dalam ajaran Islam ternyata memang dianjurkan untuk melakukan puasa di waktu sebelum dan sesudah puasa Asyura. Puasa sebelum Asyura disebut dengan Tasua, dilaksanakan pada 9 Muharram. Sedangkan puasa setelahnya disebut dengan puasa 11 muharram. Apa tujuannya?

Penjelasan mengenai puasa 11 Muharram

Dari beberapa sumber disebutkan bahwa puasa sunnah yang ditambahkan pada waktu sebelum dan sesudah puasa Asyura memiliki tujuan sebagai pembeda dari puasanya orang Yahudi. Ini juga tercantum dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Puasalah hari Asyura’ dan jangan sama dengan model orang yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.” (HR. Ahmad, Al Bazzar).

Ada juga hadits penguat lainnya yang diriwayatkan Al-Baihaqi dalam Sunan Al-Kubra yang berbunyi:

“Puasalah sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya.”

Dengan bekal kedua hadits di atas, seperti apa hukum melakukan puasa di tanggal 11 Muharram?

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download di Playstore!

Hukum puasa di 11 Muharram

Tidak adanya hadits yang kuat tentang anjuran puasa di tanggal 11 Muharram tidak serta merta membuat ibadah ini haram dilakukan. Ada hadits lain yang menganjurkan untuk memperbanyak puasa di bulan Muharram, seperti dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda:

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim 2812)

Dengan begitu, para ulamapun berpendapat bahwa puasa di tanggal 11 pada bulan awal di tahun hijriyah ini hukumnya diperbolehkan meski ada beberapa catatan. Pertama, puasa ini boleh dilakukan jika dianggap sebagai bagian dari anjuran dalam memperbanyak puasa di bulan Muharram. Selain itu, puasa 11 Muharram ini juga dianjurkan ulama untuk dilakukan jika ada keraguan akan kapan tanggal satu bulan Muharram dimulai.

Hal ini juga sebagaimana Ibnu Qudamah menukil penjelasan dari Imam Ahmad yang berbunyi:

Imam Ahmad mengatakan, ‘Jika seseorang tidak yakin dengan awal bulan, maka hendaknya dia puasa 3 hari. Dia lakukan itu agar lebih yakin bahwa dia telah berpuasa tanggal 9 dan 10 Muharram.’ (al-Mughni, 3/112).

BACA JUGA : Puasa Asyura 2021, Jadwal Sampai Keutamaannya

Kapan waktu pelaksanaannya?

Untuk tahun 2021, puasa 11 Muharram dilaksanakan pada Jumat, 20 Agustus 2021. Lalu bagaimana dengan bacaan niatnya? Menurut Buya Yahya dikutip dari Pikiran Rakyat, niat untuk puasa ini bisa dilakukan dengan membaca “Aku niat puasa tanggal 11.” Atau bisa juga dengan membaca niat, “aku niat puasa besok.” Buya Yahya juga menjelaskan bahwa tidak ada bacaan niat spesifik untuk puasa ini karena ibadah ini merupakan sunnah mutlak bukan sunnah yang dikukuhkan.

Apa yang dimaksud dengan puasa sunah mutlak? Ini merupakan ibadah yang dilaksanakan seperti puasa lain di hari-hari biasa, hanya saja untuk puasa ini memang dilaksanakannya di bulan Muharram. Karena itu, untuk bacaan niat pun seperti sholat mutlak yang tidak pakai nama.

Adakah keutamaan puasa sunnah ini?

Sebagaimana puasa sunnah yang diajarkan dalam agama Islam, ibadah ini juga memiliki keutamaan yaitu untuk mendapatkan cinta Allah SWT. Yang membuat puasa 11 Muharram ini istimewa adalah karena ibadah ini diniatkan untuk menyempurnakan ibadah tiga hari di bulan Muharram. Tujuannya adalah agar puasa yang dilakukan tidak menyamai yang dilakukan oleh orang Yahudi.

Itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang puasa 11 Muharram. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untukmu ya. Jika kamu ingin menunaikan puasa sunnah ini, semoga mendapatkan keberkahan dan manfaat.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021