Pernah Dengar Soal Shalat Wustha Yang Diperintahkan Dalam Al-quran?

16 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Pernah dengar tidak tentang shalat Wustha? Bagi sebagian orang mungkin istilah ini masih baru, padahal setiap hari harus dilakukan loh.

Shalat Wustha sejatinya adalah ibadah yang paling utama di antara lima waktu. Allah bahkan memerintahkan untuk menunaikan shalat ini lho dalam al-quran. Tepatnya pada surat Al-Baqarah ayat 238 yang berbunyi:

Peliharalah semua sholat dan sholat wustha. Dan laksanakanlah (sholat) karena Allah dengan khusyuk.

Lantas sebenarnya shalat ini ibadah yang mana? Mari kita kulik berikut ini.

Pendapat Ulama Tentang Shalat Wustha

Dalam surat al-Baqarah ayat 238 di atas memang tidak dijelaskan secara spesifik shalat Fardhu mana yang dimaksudkan termasuk shalat Wusha. Namun ada hadits-hadits Nabi yang menyebutkan perkara shalat ini. Salah satunya adalah:

Mereka menyibukkan kami dari sholat wustha, yaitu sholat Ashar. Semoga Allah memenuhi kubur mereka dan perut mereka atau rumah mereka dengan api.

Dari hadits ini, para ulama setuju bahwa shalat Wustha adalah shalat Ashar.

Apa Maksud Dibalik Perintah Shalat Ini?

Shalat Wustha atau shalat Ashar ini termasuk salah satu ibadah Fardhu yang artinya harus atau wajib dilakukan oleh setiap muslim. Namun mengapa ada ayat khusus yang menyebutkan bahwa shalat ini tidak boleh ditinggalkan dan bahkan disebut sebagai shalat Wustha? Dikutip dari Republika, shalat ini ternyata punya mukjizat ilmiah dalam al-quran.

Selain itu, ada manfaat yang berkaitan dengan biologis tubuh manusia. Disebutkan bahwa waktu ashar, sistem dalam tubuh sedang mengalami klimaks atau puncak. Adapun yang dimaksudkan adalah peredaran darah hingga jantung. Selain itu juga dikatakan bahwa tengah hari adalah waktu dimana adrenalin sedang tinggi.

BACA JUGA: Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu

Hadits Tentang Shalat Wustha

Ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang shalat ashar atau wustha, di antaranya:

Dari Ali radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah SAW sewaktu perang Ahzab, bersabda:

Mereka (orang-orang kafir itu) telah membuat kami lalai terhadap sholat wustha (sholat ashar). Semoga Allah memenuhi rumah dan kuburan mereka dengan api.

Dari Abu Bashrah Al-Ghifari, dia berkata, Rasulullah SAW pernah sholat ashar bersama kami di Al-Mukhammash, lalu beliau bersabda:

Sesungguhnya sholat ini telah dibebankan kepada kaum sebelum kalian, tapi mereka menyiakannya. (Karena itu) barang siapa yang memeliharanya, maka untuknya pahala dua kali (lipat), dan tidak ada sholat lagi setelahnya sampai muncul syahid.

Temukan pengingat shalat dan alquran digital di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Wah ternyata ibadah yang dimaksudkan adalah shalat Ashar ya? Selain termasuk shalat Fardhu, Ashar ternyata juga dinilai sebagai ibadah yang tertinggi yang disebut dalam hadits Nabi. Kalau sekarang sudah makin tahu, semoga selanjutnya kita tidak lupa atau lalai ya dalam melaksanakan shalat Wustha atau Ashar ini. Amin

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021