Peristiwa Penting Yang Terjadi di Bulan Rabiul Akhir

8 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Bulan keempat pada kalender penanggalan hijriyah umat islam adalah rabiul akhir. Ini datang setelah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tahukah kamu bahwa pada bulan rabiul akhir terdapat banyak peristiwa penting? Salah satunya bahkan berisi kisah rencana pembunuhan Nabi Muhammad SAW. Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak rangkuman berikut ini.

Peristiwa di Bulan Rabiul Akhir

Saat bulan sudah berganti menjadi rabiul akhir, musim bunga sedang mekar-mekarnya serta tumbuhan pun tumbuh dengan subur. Namun ternyata, pada bulan ini juga terjadi banyak peristiwa yang penting dalam sejarah Islam. Di antaranya banyak terjadi perang hingga rencana pembunuhan Nabi Muhammad SAW. Berikut ini lebih lanjut tentang peristiwa penting di bulan rabiul akhir.

Pengusiran Bani Nadhir

Pengusiran terhadap Bani Nadhir terjadi pada tahun 4 Hijriah tepatnya pada perang Bani Nadhir. Sesuai namanya, dalam perang ini kaum muslim melawan kaum Yahudi yang berasal dari Bani Nadhir. Kisah awalnya bermula ketika Bani Nadhir mengkhianati Piagam Madinah yang dibuat oleh Rasulullah. Ini adalah piagam persaudaraan dimana ditetapkan hak dan kewajiban dari warga Madihan, termasuk di dalamnya adalah kaum Muhajirin, Ansor dan Yahudi itu sendiri.

Diam-diam, Bani Nadhir membuat gerakan dengan tujuan untuk menghancurkan Islam serta mengusir mereka dari madinah. Dalam rencananya, mereka membocorkan rahasia kekuatan Islam kepada kaum Quraisy. Mereka juga menyakiti dan membunuh muslimin. Lebih lanjut mereka juga melakukan rencana pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Ternyata rencana ini awalnya tidak dimiliki oleh Bani Nadhir namun mereka mendapatkan hasutan dari Abdullan bin Ubai, seorang munafik Yahudi. Ia menjanjikan bantuan pasukan dari Bani Quraizhah dan Bani Ghatafan. Ternyata janji tersebut palsu. Bani Nadhir yang telah dikepung akhirnya menyatakan kalah. Nabi Muhammad SAW pun akhirnya meminta mereka untuk meninggalkan Madinah sehingga umat muslim mengalami kemenangan.

Perang Al-Ghabah dan Al-Ghamar

Pada tahun 6 Hijriah terjadi perang Al-Ghabah dan Al-Ghamar. Ini adalah perang yang dipimpin langsung oleh Rasulullah. Perang ini terjadi karena adanya penyerangan yang dilakukan oleh Unaynah bin Hizn Al Farizi. Ia bersama dengan 40 orang berkuda menyerang unta-unta yang tengah hamil dan mengambil susu yang ada di Al-Ghabah. Dalam perang ini, mereka juga membunuh Dzar bin Abu Dzar Al-Ghifari dan menyekap istrinya. Selain itu mereka juga merampas 20 ekor unta miliknya.

Saat Rasulullah mengetahui hal ini, beliau bersama 500 sahabat pergi ke Al-Ghabah. Beliau juga meminta Sa’ad bin Ubadah bersama 300 sahabat untuk menjaga Madinah. Sebelum Rasulullah dan pasukan berkudanya datang, Salamah bin Al-Akwa menghadapi musuh dengan panah-panahnya. Sejumlah unta kemudian berhasil diselamatkan.

Lalu Rasulullah dan para sahabat tiba di Dzi Qarad, perang pun terjadi. Musuh pun takluk dan tewas serta unta rampasan juga terselamatkan. Istri dari Dzar pun melarikan diri dengan menggunakan unta milik Rasulullah. Setelah perang usai, Rasulullah kembali ke Madinah. Selain itu, terjadi perang Al-Ghamar dimana Rasulullah menyerang kabilah Bani Asad yang dipimpin oleh Ukkashah bin Mishan.

Perang Damsyik

Pada masa pemerintahan Abu Bakar Shiddiq di tahun 14 Hijriyah, perang Damsyik terjadi selama 70 hari. Saat itu beliau memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan kota Damsyik. Kala itu Khalid bin Walid dan Ubaidah bin Jarrah yang memimpin. Perang ini memiliki rangkaian yang panjang. Namun diketahui pasukan Islam berjumlah 25.000 yang berasal dari pasukan sisa Perang Yarmuk dan Kocisia melawan pasukan Romawi yang jumlahnya 80.000. Namun hebatnya, semua pasukan Romawi tewas oleh pasukan muslim. Akhirnya, tembok bentok ibukota Syam tersebut dijebol pada akhir perang Damsyik.

Nah itu dia beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi di bulan Rabiul Akhir. Semoga dari peristiwa-peristiwa ini ada hikmah yang dapat kita ambil ya. Misalnya tentang pengusiran kaum Bani Nadhir yang tercantum dalam alquran surat Al-Hasyr. Pun hikmah lainnya agar senantiasa menjaga keharmonisan dengan sesama agar tak lagi terjadi peperangan.

Temukan inspirasi islam lainnya di MAQMUR. Dapatkan juga manfaat dari fitur-fitur islami di aplikasi MAQMUR. Insya Allah ibadah jadi makin sempurna.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021