Penyaluran Hasil Akumulasi Sedekah dari Transaksi via Maqmur

11 January 2022

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Beberapa waktu yang lalu warga sekitar Gunung Semeru mengalami musibah erupsi dari Gunung Semeru. Kurang lebih 10.565 jiwa yang terdampak dari musibah erupsi Gunung Semeru ini (Disaster Management Institute of Indonesia (DMII), 17 Desember 2021). Pada masa pemulihan atas musibah yang dialami warga sekitar Gunung Semeru, kondisi saat ini belum kondusif dan masih membutuhkan bantuan terutama dari segi materi. Ribuan jiwa masih harus berjuang di pengungsian karena kehilangan tempat tinggal bahkan hingga mata pencarian mereka. 

Kebutuhan pangan sangatlah penting karena termasuk kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup. Tanpa sesuap nasi, mereka yang kelaparan akan sulit untuk mencari nafkah. Selain itu, menjaga pangan termasuk tujuan syariah paling utama karena berkaitan erat dalam pemeliharaan jiwa.

Maqmur bekerjasama dengan ACT dalam penyaluran bantuan melalui Operasi Pangan Gratis (OPG), pelayanan kesehatan gratis, serta distribusi air bersih untuk para korban meletusnya Gunung Semeru. Program ini merupakan aksi nyata yang dilaksanakan oleh ACT. Pada periode 2 (Agustus – November 2021), sebesar Rp682,022 berhasil dikumpulkan Maqmur melalui pengguna setia fitur – fitur transaksi Aplikasi Maqmur. Jumlah tersebut dikumpulkan dari Rp200 atas setiap transaksi top up e-wallet dan pembayaran tagihan serta kode unik per transaksi yang berhasil dilakukan pada Aplikasi Maqmur. Sedekah yang terkumpul dari pengguna fitur transaksi Aplikasi Maqmur sudah disalurkan kepada pihak ACT pada tanggal 29 Desember 2021 untuk membantu korban yang terkena dampak meletusnya Gunung Semeru. 

Sejauh ini, jumlah total donasi dari periode satu dan dua (Januari-November 2021)  yang telah disalurkan adalah Rp1,111,041.

Maqmur berterima kasih kepada seluruh Sahabat Maqmur karena telah mengupayakan sedekah dalam aktivitas sehari – hari seperti melakukan transaksi via Aplikasi Maqmur.  

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.

HR. Muslim