Penting! Ini Waktu Ijabah Berdoa Yang Wajib Diketahui

22 August 2021

Berdoa merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Pada aktivitas ini, seorang umat bisa mencurahkan segala permasalahan atau bersyukur atas rezeki yang diberi oleh Allah SWT. Perlu diketahui bahwa ada waktu ijabah berdoa dimana yang kamu sampaikan bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam tulisan ini kami akan mengulas secara lengkap.

Waktu ijabah berdoa

Sebenarnya, umat Islam dapat berdoa kapan dan dimana saja. Meski begitu, ada beberapa waktu yang disukai oleh Allah. Bahkan dijanjikan olehNya bahwa jika kamu berdoa di waktu-waktu ini akan dikabulkan. Kapan sajakah waktu tersebut?

  • Sepertiga malam atau waktu sahur

Sepertiga malam terutama yang paling akhir adalah waktu yang dipenuhi dengan berkah sebab pada waktu tersebut Rasulullah turun ke langit dunia. Di waktu tersebut pula ia mengabulkan doa. Sebagaimana dituliskan pada hadits:

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

  • Saat malam lailatul qadar

Setiap bulan Ramadhan, umat Islam akan berlomba-lomba mencapai malam lailatul qadar. Berbagai amalan dilakukan di waktu-waktu tersebut yaitu 10 hari terakhir Ramadhan. Di waktu itu juga, berdoa sangat dianjurkan karena termasuk waktu yang ijabah. Hal ini seperti yang diceritakan oleh Ummul Mu’minin Aisyah ra:

“Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni [‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku”]”(HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119, At Tirmidzi berkata: “Hasan Shahih”)

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur!

  • Saat sujud dalam sholat

Ada yang mengatakan bahwa sujud adalah sesuatu yang indah karena kamu berbisik ke bumi namun bisa terdengar hingga langit. Bisa jadi ini juga menjadi alasan mengapa waktu sujud adalah ijabah untuk berdoa. Seperti sabda Rasulullah:

Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

  • Di hari Jumat

Ada banyak sekali keistimewaan hari Jumat, salah satunya adalah menjadi waktu ijabah berdoa. Ini juga terdapat dalam sabda Rasulullah yang berbunyi:

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Hadits dan ayat tentang berdoa

Tentang berdoa juga tertulis dalam hadits-hadits. Disebutkan bahwa Allah sangat menyukai hambaNya yang selalu memanjatkan doa. Beberapa hadits dan ayat menjelaskan tentang berdoa, lebih lengkapnya sebagai berikut:

  • Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi)
  • Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir ayat 60)
  •  “Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan suara lembut, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (Allah)memperbaikinya; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan harapan (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (orang-orang yang berbuat baik).” (QS. Al-Araf ayat 55-56)
  • “Sesungguhnya hanya kepadaMulah kami beribadah, dan hanya kepadaMulah kami memohon pertolongan” (QS Al-Fatihah)

BACA JUGA: Doa Sabar Menghadapi Cobaan Hidup, Ketahui Dan Amalkan

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021