Pelit Dalam Islam, Tak Masuk Surga Hingga Datangkan Musibah

1 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Dari sekian sifat yang mesti dihindari oleh seorang muslim, bakhil atau pelit adalah salah satunya. Ini adalah perilaku tercela yang akan membuat kita jadi merugi. Bahkan tak hanya di dunia tapi juga pada hari akhir nanti. Pelit dalam Islam sudah tentu merugikan, bahkan disebut ada tujuh hal yang dapat menimpa orang-orang yang memiliki sifat ini.

Tujuh hal ini ada dalam kitab Syekh Nawawi al-Bantani yang berjudul Nashaihul ‘Ibad. Adapun hal-hal tersebut adalah:

  • Saat seseorang sangat pelit semasa hidupnya, ketika dirinya meninggal dunia nanti hartanya akan habis untuk hal-hal yang tidak diperintahkan oleh Allah. Hal itu dilakukan oleh orang-orang yang menerima waris harta tersebut.
  • Akan dibuat terhina dengan siksaan orang yang bersifat bakhil. Caranya adalah Allah akan membangkitkan penguasa dzalim dimana ia akan merampas semua harta orang pelit tersebut.
  • Allah akan membuat orang yang pelit itu dikuasai oleh syahwat. Setelahnya, hartanya akan habis dan hancur karena syahwat tersebut.
  • Dengan harta yang dimiliki, orang yang pelit tersebut akan diberi inisiatif untuk membangun di wilayah yang rawan bencana. Bangunan-bangunan ini kemudian akan runtuh atau menguras hartanya hingga habis.
  • Orang yang pelit akan ditimpa musibah di dunia, salah satunya dicontohkan seperti tenggelam, kebakaran, kecurian atau hal lain yang mirip dengan tiga hal tersebut.
  • Orang yang pelit akan terkena penyakit kronis yang disebut bisa membuat hartanya menjadi habis. Habisnya harta tersebut tak lain untuk mengobati penyakit yang dideritanya.
  • Mereka yang pelit akan memiliki pikiran untuk menyimpan hartanya di suatu tempat. Mereka kemudian akan lupa dan tidak bisa menemukan hartanya tersebut. Atau jika tidak, mereka akan meninggal dunia sebelum sempat mengambil kembali hartanya tersebut sehingga tidak ada satu orang lainnya yang tahu dimana hartanya.

Hadits Mengenai Sifat Pelit dalam Islam

Ada beberapa hadits yang disebut menjelaskan tentang perilaku atau sifat pelit. Di antaranya:

Abu Bakar Ash-Shiddiq Ra, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Seorang penipu tak akan masuk surga, demikian pula orang yang kikir dan orang yang mengungkit-ungkit pemberian.

HR Tirmidzi

Abu Hurairah RA, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Orang-orang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan surga, dekat dengan manusia, dan jauh dari neraka. Dan, orang-orang yang kikir jauh dari Allah, jauh dari surga, jauh dari manusia, dan dekat dengan neraka. Sesungguhnya seorang bodoh yang dermawan lebih dicintai Allah dariapda seorang ahli ibadah yang kikir.

HR Tirmidzi

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021