Pamer Harta Di Media Sosial, Bagaimana Pandangan Islam?

27 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Sadar tidak kalau belakangan ini makin banyak konten-konten di media sosial yang berisi perlombaan memamerkan harta? Mulai dari pamer koleksi kendaraan mewah, tas mewah sampai isi saldo rekening. Hal ini semakin dianggap sebagai wajar karena makin banyak yang melakukannya.

Padahal bukankah pamer harta pada dasarnya adalah hal yang kurang terpuji? Bagaimana ya pandangan islam terhadap fenomena ini?

Perilaku memamerkan sesuatu termasuk dalam perbuatan yang dilarang sebab bisa dikategorikan sebagai riya. Tahu dong kalau riya adalah syirik kecil dengan dosa yang amat besar? Nah pamer sendiri bisa memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti:

Agar Dipandang Lebih

Ada yang senang melakukan pamer karena ingin mendapatkan penghargaan, pandangan dan juga kekhususan dari orang lain. Tujuan seperti ini tentu tidak disukai atau dikehendaki oleh Allah SWT.

Untuk Medapatkan Keuntungan Duniawi

Ada juga yang memamerkan sesuatu untuk mendapatkan keuntungan duniawi seperti harta, wanita atau kedudukan tertentu. Tujuan seperti ini juga tidak diperbolehkan karena sebaiknya suatu perbuatan dilakukan karena perintah Allah serta tak mengaburkan amalan-amalan salihnya.

Lantas apakah pamer harta yang merupakan riya ini berbahaya? Ya, perbuatan riya atau pamer sangat merugikan. Sebab dalam menimbulkan hal-hal seperti ini:

Membatalkan Amalan

Hal ini didapatkan dari salah satu ayat alquran yang berbunyi:

Wahai orang-orang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadikan dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak Memberi Petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

QS Al Baqarah : 264
BACA JUGA: Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar

Membuat Allah Menjadi Murka

Dari sekian perbuatan yang membuat Allah murka salah satunya adalah riya.. Ini tertulis pada surat Lukman ayat 18 yang berbunyi:

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

QS Lukman : 18

Menjadi Orang Yang Celaka

Jika kamu tidak ingin menjadi orang yang celaka, maka ada baiknya jauhi pamer atau riya. Sebagaimana disebutkan dalam al-quran:

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,

(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,

orang-orang yang berbuat riya,

dan enggan (menolong dengan) barang berguna.

QS. Al-Maa’uun : 4-7

Lalu, bagaimana agar kita terhindar dari riya? Ada beberapa hal yang bida dilakukan yaitu :

  1. Bersungguh-sungguh dalam ibadah,
  2. Menghindari sebab-sebab riya,
  3. Mengerti bahwa hidup bertujuan hanya untuk menyembah Allah,
  4. Mengingat bahwa nilai di dunia adalah sementara, dan
  5. Mengetahui bahwa kebahagiaan sejati adalah di akhirat.
Temukan fitur islami lengkap di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Sifat pamer baik di media sosial atau secara langsung sangat tidak disukai oleh Allah SWT dan Rasulullah. Sangat tidak dianjurkan untuk seorang muslim untuk melakukannya. Justru sebaiknya tetap rendah hati pada semua makhlukNya. Dengan begitu, tidak akan timbul rasa iri dengki atau perselisihan bahkan silaturahmi yang renggang.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021