Pakai Baju Serba Hitam Saat Berduka, Apakah Wajib?

6 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Kematian adalah hal yang sudah ditakdirkan untuk semua makhluk hidup sebab ini merupakan sebuah keniscayaan. Bagi yang ditinggalkan, ini merupakan momen yang berat. Mereka akan melalui momen berduka yang mana ini wajar dan diperbolehkan dalam Islam. Nah, bagaimana dengan memakai baju serba hitam saat berduka? Apakah ini sebuah keharusan dan bagaimana pandangannya dalam Islam?

Berikut ini mari kita simak penjelasan lebih lanjut mengenai memakai baju hitam saat berduka. Semoga ada pengetahuan baru yang dapat kita petik setelahnya ya.

Hitam = Berkabung?

Pada dasarnya, warna hitam adalah warna yang digunakan oleh beberapa negara ketika sedang berkabung. Meski begitu, warna ini tidak disebutkan dalam teks manapun pada agama Islam. Sehingga penggunaannya dapat disimpulkan karena adanya kesepakatan bersama dan juga kebiasaan yang ada.

Meski begitu, dalam buku Al-Awa’il, Imam As-Suyuti menyebut bahwa orang pertama menggunakan pakaian hitam ketika ada yang terbunuh adalah Bani Abbasiyah. Saat itu Imam Umayyah Marawan Ibrahim terbunuh ketika merebut kembali Khilafah. Sejak saat itu, pakaian hitam digunakan untuk berkabung.

Berbeda dengan kisah yang ada di Mesir. Pakaian dengan warna hitam dipilih oleh orang-orang Mesir ketika mereka berkabung atas korban Koptik di masa pemerintahan Diqlidyanus. Pada masa pemerintahannya, 180ribu orang Kristen dibantai hanya dalam waktu satu hari.

Aturan Pakaian Saat Berkabung Dalam Islam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada aturan atau teks agama seperti alquran atau sunnah yang menjelaskan bahwa seorang muslim mesti memakai pakaian hitam saat berkabung. Meski begitu, ada larangan tentang pakaian yang dikenakan saat berduka. Namun untuk lebih lanjutnya diserahkan kepada yang telah disepakati bersama.

Adab Berduka Khusus Bagi Muslimah

Kesedihan karena ditinggal oleh orang yang terkasih tentu akan menerpa siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Meski begitu, untuk muslimah ada adab yang mesti diperhatikan terutama jika yang meninggal adalah sang suami. Berikut ini penjelasannya:

Bersikap sabar

Seorang muslimah yang ditinggal meninggal oleh suaminya mesti bersabar sebab hal tersebut merupakan cobaan. Ini merupakan bentuk kebaikan seorang hamba Allah. Bahkan Rasulullah pernah bersabda “Sungguh mengherankan perkara seorang Mukmin itu.Sesungguhnya seluruh perkaranya adalah baik baginya. Dan hal itu tidak dimiliki oleh siapa pun kecuali oleh orang Mukmin.Jika mendapat sesuatu yang menggem- birakan, dia bersyukur maka itu kebaikan baginya. Jika ditimpa keburukan, dia bersabar maka itu kebaikan baginya.”

Tidak mengumbar kesedihan

Tidak diperkenankan untuk seorang wanita mengumbar kesedihan meski terasa sangat sakit karena ditinggal meninggal oleh suami. Selain itu, menyimpan kesedihan hingga berhari-hari dan menangis juga tidak diperkenankan. Sebab ini adalah contoh ketidaksabaran dalam menghadapi musibah yang menimpanya. Tahukah kamu, jika melakukan ini bisa menjadi dosa bagi dirinya dan mendiang suami.

Seorang Muslimah yang terus meratapi mayit pun terancam dipakaikan celana dari timah cair dan baju dari kudis pada hari kiamat

HR Muslim

Selain perkara di atas, seorang muslim mesti mengetahui bagaimana doa untuk orang yang meninggal. Doa ini sesuai dengan hadits dan alquran. Pertama-tama, mereka harus membaca istirja yaitu Innalillahi wa innaa ilaihi raajiuun. Kemudian bacalah doa:

اللَّهُمَّ أجُرني فِي مُصِيبَتِي واخلُف لِي خَيْرًا مِنْهَا

Allahuma ajurnii fii musibatii wakhluf lii khoiran minhaa.

Artinya:

Ya Allah, berilah daku pahala dalam musibahku ini, dan gantikanlah buatku yang lebih baik daripadanya, melainkan diberlakukan kepadanya apa yang dimintanya itu”.

Temukan fitur islami di aplikasi MAQMUR untuk membantumu menyempurnakan ibadah. Rasakan manfaat dari fitur Pengingat Shalat hingga pembayaran Zakat. Download sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021