Niat Sholat Tarawih Sendiri di Rumah

27 April 2021

Tahun 2021 ini merupakan tahun kedua bulan Ramadhan harus dilewati di tengah pandemi COVID-19. Ini tentu mengubah beberapa kebiasaan, tradisi dan cara ibadah yang dilakukan selama bulan suci. Jika biasanya kita bisa bebas selalu datang ke masjid untuk sholat berjamaah, kini harus ekstra hati-hati atau memilih untuk sholat sendiri di rumah. Termasuk juga untuk ibadah sunnah bulan Ramadhan, sholat tarawih. Banyak yang memilih untuk sholat sendiri di rumah, baik berjamaah atau tidak.

Sholat tarawih sendiri memang berhukum sunnah, namun karena hanya datang sekali dalam satu tahun, alasan apa yang mengharuskan kita untuk melewatkannya? Apalagi sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, salah satunya mampu menghapuskan dosa di masa lalu. Sebagaimana tertera pada hadis Nabi Muhammad SAW dalam riwayat Imam al-Bukhari “Barang siapa ibadah (sholat tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.”

Karena itu, meski berhalangan atau merasa ragu untuk sholat berjamaah di masjid, kamu tetap bisa melaksanakan sholat tarawih di rumah. Baik sendiri atau berjamaah dengan keluarga. Untuk kamu yang ingin melakukan sholat tarawih sendiri, berikut adalah niat yang harus kamu baca :

Ushollii sunnatat-taroowiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’alaa

Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala.

Tata cara sholat tarawih sendiri

Baik dilakukan sendiri atau berjamaah, sholat tarawih memiliki tata cara yang sama. Kamu bisa melakukan sholat tarawih 11 rakaat dengan pembagian 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir. Yang paling umum adalah sholat tarawih dilakukan secara 2 rakaat dengan 1 kali salam. Setelah melakukannya sebanyak 8 kali, kamu bisa melanjutkan sholat witir 3 rakaat. Sholat witir bisa dilakukan dengan cara 3 rakaat 1 salam atau 2 rakaat 1 salam lalu 1 rakaat 1 salam.

Berikut ini adalah tata cara sholat tarawih yang sama seperti tata cara sholat sunnah lainnya :

  • Takbir
  • Doa Iftitah
  • Surat Al-Fatihah
  • Surat pendek/panjang
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • takbir rakaat kedua
  • Lakukan langkah serupa hingga sujud kedua
  • Duduk tasyahud akhir
  • Salam

Setelah rampung sholat tarawih, kamu bisa melanjutkan ke sholat witir. Kamu bisa melakukan 3 rakaat dengan 2 kali salam atau 3 rakaat dengan 1 kali salam. Niat untuk sholat witir, bisa dibedakan berdasarkan jumlah salam yang kamu pilih.

Untuk bacaan niat sholat witir 3 rakaat 1 salam, kamu bisa membaca :

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka‘âtin mustaqbilal qiblati adâ’an lillâhi ta‘âlâ

Untuk bacaan niat sholat witir 3 rakaat 2 salam, kamu bisa membaca :

Ushallii sunnatam minal witri rak’ataini lillaahhi ta’aalaa.

Kemudian, baca :

Ushallii sunnatam minal witri rak’atal lillaahhi ta’aalaa.

Usai sudah ibadah sholat tarawih dan witir yang kamu lakukan di rumah. Setelah ini, kamu bisa melanjutkan untuk membaca doa setelah sholat tarawih dan witir. Doa ini disebut dengan doa kamilin. Adapun bacaan doa kamilin sebagai berikut :

Allaahummaj‘alnaa bil iimaani kaamiliin. Wa lil faraaidli muaddiin. Wa lish-shlaati haafidhiin. Wa liz-zakaati faa‘iliin. Wa lima ‘indaka thaalibiin. Wa li ‘afwika raajiin. Wa bil-hudaa mutamassikiin. Wa ‘anil laghwi mu‘ridliin. Wa fid-dunyaa zaahdiin. Wa fil ‘aakhirati raaghibiin. Wa bil-qadlaa’i raadliin. Wa lin na‘maa’i syaakiriin. Wa ‘alal balaa’i shaabiriin. Wa tahta lawaa’i muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyaamati saa’iriina wa ilal haudli waaridîn. Wa ilal jannati daakhiliin. Wa min sundusin wa istabraqîn wadiibaajin mutalabbisîn. Wa min tha‘aamil jannati aakiliin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaaribiin. Bi akwaabin wa abaariiqa wa ka‘sin min ma‘în. Ma‘al ladziina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa’i wash shaalihiina wa hasuna ulaa’ika rafiiqan. Daalikal fadl-lu minallaahi wa kafaa billâhi ‘aliiman. Allaahummaj‘alnaa fii haadzihil lailatisy syahrisy syariifail mubaarakah minas su‘adaa’il maqbuuliin. Wa laa taj‘alnaa minal asyqiyaa’il marduudiin. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa shahbihi ajma‘iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Setelah membaca doa kamilin, kamu bisa menyudahi ibadah dengan membaca niat puasa untuk esok hari. Ternyata, meski harus sholat sendiri dan tidak berjamaah, sholat tarawih dan witir tetap bisa dilakukan. Jangan lupa juga untuk selalu mendoakan agar pandemi ini segera berakhir sehingga di ramadhan berikutnya, kita bisa dengan semarak melaksanakan ibadah tarawih dan witir di masjid secara berjamaah.

Sudah Unduh Aplikasi MAQMUR? Klik Di Sini

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021