Niat Puasa Tasua dan Asyura

17 August 2021

Ada banyak cara untuk menyambut tahun yang baru seperti Tahun Baru Islam. Biasanya ada saja resolusi yang dibuat, isinya tentu berupa harapan agar memiliki kehidupan serta menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk mengawali tahun yang baru yakni di bulan Muharram, kamu bisa melakukannya dengan melakukan amalan sunnah. Di bulan ini ada puasa Tasua dan Asyura yang diutamakan. Sudah tahu bagaimana niat puasa Tasua dan Asyura? Baca tulisan ini hingga akhir.

Kapan puasa Tasua dan Asyura 2021?

Seperti yang diketahui, puasa Tasua dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram. Di tahun 2021 ini, tanggal tersebut jatuh pada 18 Agustus pada kalender Masehi. Sedangkan untuk puasa Asyura dilaksanakan satu hari setelahnya atau pada 10 Muharram. Maka di tahun ini, puasa Asyura dilakukan pada 19 Agustus 2021.

Bacaan niat puasa Tasua dan Asyura

Sebagaimana puasa pada umumnya, untuk mengawali puasa Tasua dan Asyura kamu harus membaca niat terlebih dahulu. Untuk puasa Tasua, bacaan niatnya adalah:

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatit Tasu’a lillahi ta’ala.

Artinya:

Aku berniat puasa sunah Tasu’a pada hari ini karena Allah SWT.

Sedangkan untuk puasa Asyura, bacaan niatnya adalah:

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala.

Artinya:

Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah SWT.

Aplikasi Maqmur bantu sempurnakan ibadahmu dengan fitur islami yang lengkap. Segera download di Play Store!

Hadits mengenai puasa di bulan Muharram

Di antara banyaknya amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharram, berpuasa merupakan yang paling dianjurkan. Ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-seutama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharram,” (HR Muslim)

Berbekal hadits tersebut, maka dapat diketahui bahwa berpuasa di bulan ini merupakan yang utama selain puasa Ramadhan. Seorang muslim diperbolehkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Muharram, meski ada juga waktu yang diutamakan seperti salah satunya adalah puasa Tasua dan Asyura.

BACA JUGA: Amalan Sunnah Bulan Muharram Untuk Maknai Tahun Baru

Mengenal makna dari puasa Tasua dan Asyura

Puasa Tasua atau Tasua sendiri berasal dari kata tis’a yang berarti sembilan. Dari makna inilah mengapa puasa ini dilakukan di tanggal 9 Muharram. Puasa Tasua ini sejatinya dilakukan untuk melengkapi puasa pada tanggal 10 Muharram. Mengapa? Sebab tanggal 10 Muharram ini bisa dibilang istimewa dalam sejarah umat Islam.

Ada begitu banyak peristiwa penting yang terjadi di tanggal 10 Muharram. Beberapa peristiwa tersebut adalah waktu diciptakannya manusia pertama yaitu Nabi Adam, diterimanya taubat Nabi Adam AS, diselamatkannya Nabi Musa AS dan kaumnya dari kejaran Firaun, dilahirkannya Nabi Isa AS, dilahirkannya Nabi Ibrahim AS, dan lainnya. Tak heran ya mengapa tanggal ini begitu istimewa?

Mengetahui keutamaannya

Dalam hadits di atas disebutkan bahwa puasa di bulan Muharram adalah yang utama selain bulan Ramadhan. Sebab itulah, puasa Tasua dan Asyura begitu istimewa sehingga memilik keutamaan yang istimewa pula. Adapun keistimewaannya disebutkan adalah sebuah hadits:

“Puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang lewat.”

Mengetahui ini, tentu sebagai umat Islam kamu tak boleh melewatkannya ya? Jika tak memiliki halangan, mari menunaikan puasa Tasua dan Asyura.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021