Niat Puasa Senin Kamis, Puasa Sunnah Yang Menyehatkan Jiwa Raga

24 May 2021

Puasa, meski termasuk salah satu dari rukun Islam, ada juga yang bersifat sunnah seperti puasa senin kamis. Karena bersifat sunnah, berarti jika dilakukan akan mendapatkan ganjaran berupa pahala, namun jika berhalangan untuk melakukan maka tidak apa-apa. Puasa sunnah juga memiliki banyak jenis, seperti puasa senin kamis ini.

Salah satu alasan mengapa kamu sebaiknya mulai melakukan puasa sunnah adalah karena puasa ini juga sering dilakukan oleh Rasulullah. Bukankah sebagai umatNya ada baiknya jika kita mengikuti perilaku rasul?

Hadits tentang anjuran puasa senin kamis

Anjura mengenai perintah puasa senin kamis ternyata tertuang dalam beberapa hadits. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • HR Imam Muslim

“Dari Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah ketika ditanya tentang puasa hari Senin mengatakan, ‘Itu (hari Senin) adalah hari kelahiranku, hari kerasulanku atau hari penurunan wahyu kepadaku.’‘” (HR Muslim).

  • HR At-Tirmidzi 

“Puasa yang dianjurkan berjumlah lima belas. Pertama puasa sunah Senin dan Kamis karena Rasulullah SAW memilih untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Rasulullah bersabda, ‘Berbagai amal manusia ditampakkan di hadapan (Allah) pada hari Senin dan Kamis. Aku senang bila amalku dihadapkan pada saat aku berpuasa.’ HR At-Tirmidzi dan lainnya.” (Abu Zakaria Al-Anshari, Tuhfatut Thullab bi Syarhi Tahrir Tanqihil Lubab, [Beirut, Darul Fikr: 2006 M/1426-1427 H], juz I, halaman 410).

  • HR. An Nasai, dari Aisyah ra

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739.)

  • HR. An Nasai, Usamah bin Zaid berkata

Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.”

  • HR. Tirmidzi, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)

Unduh Aplikasi MAQMUR Di Play Store

Bacaan niat puasa senin kamis

Karena dilakukan di dua hari yang berbeda, maka niat puasa senin kamis pun ada dua. Yaitu niat yang dibaca untuk puasa di hari senin, serta niat yang dibaca untuk di hari kamis. Berikut ini adalah bacaan niat puasa di hari senin :

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa 

Artinya : “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala”

Sedangkan untuk niat puasa di hari kamis, bacaannya adalah :

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa 

Artinya : “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala”

Tata cara

Seperti puasa pada umumnya, puasa ini juga memiliki tata cara dalam pelaksanaannya. Adapun tata cara puasanya adalah :

  1. Membaca niat. Niat puasa sebaiknya dibaca di malam sebelum hari dimulainya berpuasa, atau selambat-lambatnya sebelum waktu imsak tiba.
  2. Menyantap sahur. Meski hukumnya sunnah, namun sahur penting untuk dilakukan untuk mereka yang ingin berpuasa.
  3. Berpuasa. Atau menahan diri dari rasa lapar, dahaga dan juga emosi. Ini dilakukan dari selesai waktu imsak atau saat sholat subuh tiba hingga terbenam matahari atau waktu sholat maghrib.
  4. Berbuka puasa. Saat matahari terbenam atau waktu sholat maghrib tiba, puasa senin atau kamis harus diakhiri segera.

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan

Tak hanya mendapatkan ganjaran berupa pahala karena telah meniru perilaku Rasulullah, puasa senin kamis ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaatnya dijelaskan berikut ini :

  • Membantu mencegah stroke dan serangan jantung

Dalam sebuah penelitian di University of Surrey, Inggris, metode puasa selang-seling seperti puasa senin kamis atau diet 5:2 terbukti bisa menurunkan kadar lemak dalam darah. Responden yang menerapkan metode ini mengalami penurunan berat badan sebesar lebih cepat ketimbang kelompok responden lainnya. Penurunan pada dua hal ini berperan penting dalam pencegahan terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

  • Menurunkan berat badan

Secara umum, berpuasa memang punya pengaruh dalam menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena ketika kita berpuasa maka tubuh akan berhenti menerima asupan dalam waktu kurang lebih 12 jam. Glukosa yang biasanya diolah menjadi energi seringkali tidak cukup sehingga lemak akan menggantikannya. Lemak akan diambil dan diolah menjadi energi yang akhirnya akan membuat berat badan turun.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021