Niat Puasa Ramadhan Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

24 April 2021

Bagi seorang muslim, melaksanakan puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib. Apabila dilakukan akan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa serta harus menggantinya di lain hari. Dalam melakukan puasa, ada rukun-rukun yang harus dilakukan. Salah satu yang wajib adalah membaca niat puasa. Mengapa niat puasa ramadhan menjadi penting?

Niat diartikan sebagai keinginan berbuat sesuatu yang kemudian diikuti dengan perbuatan. Karena itu niat biasanya dilakukan terlebih dahulu sebelum tindakan. Niat sendiri juga diharuskan untuk mereka yang akan berpuasa. Bahkan Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya amal perbuatan disertai dengan niat-niat, dan sesungguhnya bagi setiap orang apa yang telah mereka niatkan,” (H.R. Bukhari). 

Dari hadis tersebut, makin yakin kan bahwa niat puasa itu penting? Nah, sekarang mari membicarakan apa niat puasa yang benar. Niat puasa Ramadhan yang kamu ketahui adalah yang di bawah ini : 

Nawaitu shouma ghadin ‘an ada’I fardhi ramadhanihaadzihis sanatilillahi Ta’alaa

Artinya: Aku berniat berpuasa besok untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan di tahun ini karena Allah Ta’ala

Niat puasa Ramadhan di atas harus kamu panjatkan di malam hari sebelum hari berpuasa tiba hingga waktu imsak. Lalu bagaimana jika kamu melewatkan sahur dan tidak sengaja lupa mengucapkan niat puasa Ramadhan? Menurut mazhab Hanafi, kamu bisa tetap mengucapkan niat puasa Ramadhan di pagi hari. Namun hal ini sifatnya darurat, hanya boleh dilakukan ketika niat puasa secara tidak sengaja lupa. Jadi yang paling betul adalah tetap mengucapkan niat sebelum waktu Imsak tiba. 

Ada juga pendapat bahwa demi menghindari sifat manusia yang sering lupa dan khilaf, sebaiknya niat puasa Ramadhan diucapkan ketika selesai Tarawih. Biasanya jika jamaan sholat Tarawih di masjid, Imam akan membimbing jamaahnya untuk membaca niat puasa untuk keesokan harinya. Nah, di era pandemi seperti sekarang ini jika kamu melakukan Tarawih jamaah di rumah, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan niat puasa Ramadhan ya. 

Selain niat puasa di atas, ada juga beberapa doa puasa dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Doa-doa ini diperbolehkan untuk dibaca demi menambah keimanan. Adapun doa-doanya adalah sebagai berikut : 

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal ‘afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal ‘aini ‘alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani. Allahumma sallimnaa liromadhona, wasallamahu lanaa, wa sallamahu minna hatta yakhruju romadhona wa qad ghofarta lanaa warahmatunaa wa ‘afawta ‘annaa.

Artinya: Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca Al-Qur’an. Ya Allah, serahkan kami pada Ramadhan ini. Serahkan Ramadhan pada kami. Selamatkan Ramadhan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadhan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan Engkau memaafkan kami.

Dan ada juga doa lain seperti di bawah ini : 

Allahumma sallimni ila ramadhan, wa sallim li ramadhan, wa tasallamhu minni mutaqabbalan.

Artinya: Ya Allah, sampaikan aku dengan selamat ke Ramadhan, sampaikan Ramadhan kepadaku, dan terimalah amalku di bulan Ramadhan.

Allaahumma ahlilhu ‘alainaa bilyumni wal imaani was salaamati wal islaam, rabbii wa rabbukallaah.

Artinya: Ya Allah, terbitkanlah bulan tersebut kepada kami dengan berkah, iman, keselamatan serta Islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.

Itu dia niat puasa Ramadhan dan doa-doa yang bisa dipanjatkan menjelang bulan suci Ramadhan. Setelah membaca niat puasa, jangan lupa untuk melakukan rukun puasa lainnya yaitu menahan diri dari pembatal puasa dari fajar hingga matahari tenggelam. Apa saja sih pembatal puasa yang harus diketahui? Di antaranya adalah makan dan minum, haid, nifas, berhubungan intim hingga muntah secara sengaja dan murtad. Hal-hal tersebut otomatis membuat puasamu menjadi tidak sah. Sehingga wajib hukumnya untuk mengganti di lain hari atau dengan pengganti yang sesuai dengan syariat. Tak lupa, rukun-rukun puasa ini dilakukan dengan niat karena Allah SWT. 

Selamat menyambut bulan Ramadhan, semoga ibadahmu diterima dan menjadi berkah. Amin. Jangan lupa, temani ramadhan dengan aplikasi Maqmur.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021