Mulai Hari dengan Doa Pagi, Ini Yang Bisa Kamu Baca

5 June 2021

Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan hal yang sulit dilakukan. Padahal, bisa bangun setiap pagi adalah bukti dari diberinya rezeki oleh Allah SWT padamu. Artinya kamu masih berhak atas kesempatan diberi nafas untuk hidup. Seringkali memang kita sebagai manusia lupa akan nikmat dan rezeki yang berharga ini. 

Setiap umat islam sebenarnya diharuskan untuk bangun pagi sebab harus melakukan ibadah sholat fardhu yaitu sholat subuh. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk bangun pagi dengan cara apapun, misalnya dengan membunyikan alarm. Jika kamu sudah terbiasa untuk bangun pagi, maka jangan lupa untuk menambah pahala dengan membaca doa pagi. 

Bacaan doa pagi

Jika kamu memiliki kesempatan untuk bangun pagi, jangan lupa untuk melakukan doa pagi. Kamu bisa berdoa sebagai rasa syukur karena telah diberi nikmat oleh Allah SWT. Adapun doa yang bisa kamu panjatkan yaitu : 

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihin nusyur

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat. 

Ada pula doa yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibaca di pagi hari, yaitu : 

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa

Artinya : “Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.”

Selain itu, Imam An-Nawawi juga menyebutkan doa yang sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW di pagi hari berdasarkan riwayat Ibnu Mas’Ud dalam Sahih Muslim. Doa tersebut berbunyi :

Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir.

Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba’daha, wa a’udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba’daha.

Rabbi, a’udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A’udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Artinya: “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.”

Unduh Aplikasi Maqmur Dari Play Store!

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan

Bangun pagi juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Tak hanya untuk kesehatan secara fisik saja tapi juga bagi kesehatan mental. Jika kamu belum terbiasa bangun pagi, mungkin kamu harus baca dulu apa saja manfaatnya : 

  • Membuat mood jadi lebih baik

Tidak dipungkiri, mood atau perasaan bisa berdampak pada bagaimana kamu menjalani aktivitas. Nah, kamu tahu tidak kalau bangun pagi itu bisa bikin mood kamu enak seharian? Sebab dengan bangun lebih pagi, kamu punya waktu lebih banyak untuk bersiap-siap atau sejenak berdoa dan bersyukur di pagi hari. Ketimbang bangun di waktu yang mepet yang bikin kamu terburu-buru menjalani aktivitas. Alhasil kamu pusing dan bete.

  • Jadi lebih bahagia

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada menyebutkan bahwa mereka yang bangun pagi cenderung merasa lebih bahagia. Pun dengan level kesehatan mereka yang lebih baik ketimbang mereka yang senang begadang dan bangun siang. Jika hidup sudah bahagia, kamu pasti tidak punya waktu untuk tidak bersyukur di setiap detik dalam hidupmu.

  • Terhindar dari kegemukan

Apa hubungannya ya bangun pagi dengan kegemukan? Ternyata, jika kamu bangun lebih pagi maka kamu bisa memiliki waktu sarapan yang lebih panjang. Dengan begitu, kamu memiliki energi yang cukup untuk menjalani hari. Dibandingkan dengan mereka yang sarapan terburu-buru, biasanya menjelang siang akan mulai lapar mata dan mencari makanan-makanan manis atau camilan cepat saji.

  • Badan jadi lebih bugar

Kalau sudah terbiasa bangun pagi, tidak ada lagi deh alasan untuk tidak berolahraga. Sebuah survei menunjukkan jika seseorang biasa berolahraga di pagi hari maka mood akan lebih baik dan lebih proaktif dalam menjalani hari. Ini terjadi karena aliran darah lebih lancar karena berolahraga di pagi hari.

  • Terhindar dari stres berlebih

Manusia semakin dewasa makin berpeluang memiliki level stres yang tinggi. Kamu mungkin mencari cara untuk menguranginya. Bagaimana kalau dengan membiasakan bangun pagi? Kebiasaan ini bisa membuatmu punya waktu di awal hari untuk bersiap lebih panjang, mengurutkan aktivitas prioritas dan membuat keputusan penting, misalnya. Dengan begitu, stres akan jauh lebih banyak berkurang.

Yang tak kalah penting, dengan bangun lebih pagi kamu akan lebih jarang meninggalkan sholat subuh. Lalu setelahnya, kamu masih dapat melakukan doa pagi dan melanjutkan aktivitas pagi dengan santai tanpa terburu-buru.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami