Puasa Tarwiyah, Sunnah Dilakukan Menjelang Idul Adha

16 June 2021

Menjelang idul adha, ada sebuah puasa sunnah yang bisa kamu lakukan yaitu puasa tarwiyah. Ini adalah sebuah amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan terutama untuk umat islam yang tidak menunaikan ibadah haji. Puasa di hari tarwiyah adalah satu dari beberapa bagian puasa di awal bulan Dzulhijjah.

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa Hari Tarwiyah menghapus dosa setahun, dan puasa Hari Arafah menghapus dosa dua tahun.” (Jamiul Ahadits, XIV, 34)

BACA JUGA : Membaca Alquran Digital, Pernah Dilakukan Najwa Shihab Ketika Sakit

Niat Puasa Tarwiyah

Meski hadits yang menyebutkan bahwa puasa sunnah ini akan mengampuni doa selama setahun di masa lampau dianggap lemah, tapi menunaikan puasa ini tetap membawa hal positif. Salah satunya adalah membuat umat Islam memperbanyak amalan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Jika kamu termasuk yang ingin melakukannya, ini dia bacaan niat puasa di hari tarwiyah :

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati Tarwiyah lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya berniat puasa sunah Tarwiyah pada hari ini karena Allah SWT.”

Setelah membaca niat tersebut, kamu bisa langsung menunaikan ibadah puasa di hari kedelapan bulan Dzulhijjah. Tata caranya tak jauh berbeda dengan ibadah puasa pada umumnya.

Keutamaan Puasa Hari Tarwiyah

Puasa di hari tarwiyah merupakan bagian dari rangkaian puasa di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Puasa di waktu ini dikatakan memiliki banyak keutamaan. Namun yang paling utama adalah pahala puasa ini bagaikan puasa selama satu tahun penuh. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Tiada sebarang hari pun yang lebih disukai Allah dimana seorang hamba beribadat di dalam hari-hari itu daripada ibadah yang dilakukannya di dalam 10 hari Dzulhijah. Puasa sehari di dalam hari itu menyamai puasa setahun dan qiyamulail (menghidupkan malam) di dalam hari itu seumpama qiamulail setahun.”

Selain itu, ada juga yang menyebutkan tentang keutamaan lain puasa hari tarwiyah. Yaitu seperti yang ditulis Nur Solikin dalam Buku Pintar Puasa Wajib & Sunnah (2018:82) “Puasa Tarwiyah dan ‘Arafah merupakan puasa untuk memperingati kisah ketaatan Nabi Ibrahim AS saat beliau bermimpi menyembelih anaknya, Nabi Ismail AS,”.

Ada juga hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berisi tentang keutamaan puasa hari tarwiyah. “Puasa pada hari Tarwiyah akan mengampuni dosa setahun lalu, sedangkan puasa hari Arafah akan mengampuni dosa dua tahun.”

Sejarah Hari Tarwiyah

Ada beberapa kisah dan pendapat mengenai hari tarwiyah. Yang pertama seperti yang dituliskan dalam kitab Al-Inayah Syarh Al-Hidayah. Imam Al-Babirti menyebut hari tarwiyah mendapatkan namanya karena pada hari tersebut umat islam yang sedang melaksanakan haji melihat air di waktu dan tempat yang sebelumnya tidak ditemukan. Tarwiyah dalam fi’il madli rawwa memang disebut memiliki makna ‘berbekal air, melihat di dalamnya.’

Pendapat lain menyebutkan, pada hari tersebut jamaah haji minum air ketika mabit di Mina sebagai persiapan menaiki Jabal Arafah. Dikatakan bahwa kala itu air sangat sedikit bahkan sangat sulit untuk menemukan sumber air. Karenanya, jamaah haji berirtiwa atau menyegarkan diri dan minum air sebagai bekal menuju Arafah.

Pendapat yang sedikit berbeda menyebutkan bahwa hari tarwiyah adalah hari dimana Nabi Ibrahim AS bermimpi bahwa ia mendapat bisikan “Sungguh Allah Swt memerintahkanmu untuk menyembelih anakmu”. Dan ketika terbangun, Nabi Ibrahim AS mempertanyakan apakah yang ia dapatkan tersebut berasal dari Allah atau setan. ‘Bertanya-tanya’ atau yurowwi inilah yang kemudian menjadi asal kenapa hari itu disebut sebagai hari tarwiyah. Hal itu terjadi di hari ke delapan bulan Dzulhijjah.

Kisah atau pendapat terakhir menyebutkan bahwa di hari ke delapan bulan Dzulhijjah merupakan waktu dimana jamaah haji melakukan perjalanan menuju Mina. Disana, mereka menyiapkan air sebagai bekal untuk wukuf di Arafah. Menyiapkan air atau yatarowwauna inilah asal kata tarwiyah.

Instal Maqmur Aplikasi Muslim Kiblat, Azan, Quran & Zakat

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021