Menjelang Idul Adha 2021, Ketahui Cara Menyimpan Daging

19 July 2021

Alhamdulilah, idul adha akan kita rayakan esok hari. Apakah kamu berkurban tahun ini? Atau selalu mendapat jatah daging kurban? Jika iya maka kamu wajib tahu nih bagaimana cara menyimpan daging agar lebih awet dan tidak bau. Dengan begini, tak masalah jika disimpan dalam waktu yang lama. Dan jika ingin diberikan pada orang lain pun juga tetap layak karena kualitasnya masih terjaga.

Hal-hal ini perlu diperhatikan dan dilakukan jika kamu ingin menyimpan daging lebih awet dan tidak bau. Apa saja?

  • Tidak mencuci daging

Memang betul jika untuk bahan-bahan mentah biasanya disarankan untuk dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas atau freezer. Tujuannya tentu untuk membunuh bakteri dan menjaga kebersihan. Namun ini tidak berlaku untuk daging ya. Disarankan untuk tidak mencuci daging sebelum menyimpannya sebab ini akan membuat daging jadi bau. Selain itu, air yang terserap dalam daging juga akan merusak serat daging.

  • Potong-potong sesuai tujuan dan porsi

Daging bisa digunakan untuk bahan dasar makanan apa saja misalnya sop, tumis hingga gulai. Nah biasanya potongan yang dibuat pun berbeda-beda. Karena itu ada baiknya daging yang kamu miliki ini kamu potong sesuai dengan tujuan atau menu masakan dan juga porsi makan berapa orang. Dengan begitu daging tidak perlu keluar masuk kulkas yang bisa merusak kualitas dari daging itu sendiri.

  • Simpan dalam wadah kedap udara

Ternyata penting lho untuk menyimpan daging dalam wadah kedap udara. Apalagi jika kamu berencana untuk menyimpannya dalam waktu yang lama. Pilih wadah atau plastik yang food grade atau sudah memenuhi standar dan aman untuk pengemasan makanan. Dengan begitu, meski berbulan-bulan disimpan daging akan tetap aman. Hindari menyimpan daging pada wadah tanpa tutup karena akan membuat daging jadi keras dan kering. Selain itu, daging juga akan rusak terlebih jika durasi penyimpanannya terbilang lama.

Dapatkan pengalaman terbaik membaca alquran digital di aplikasi Maqmur

  • Pisahkan daging dan jeroan

Ternyata penting juga untuk memisahkan daging dan jeroan ketika menyimpannya dalam kulkas. Hal ini berkaitan dengan kontaminasi silang yang mungkin terjadi jika keduanya dicampur. Sebaiknya, meski sama-sama disimpan di freezer, tetap tempatkan keduanya di wadah terpisah ya. Jeroan biasanya memang lebih cepat rusak ketimbang daging.

  • Perhatikan kondisi tempat penyimpanan

Pastikan jika wadah daging adalah wadah yang bersih. Kemudian, cek juga kulkas atau freezer tempat kamu akan menyimpan daging. Selanjutnya, cek suhu dan sesuaikan. Untuk penyimpanan di kulkas, kamu bisa menyetel suhu di bawah 4 derajat Celcius. Sedangkan untuk di freezer, kamu bisa setel dengan suhu minus 18 sampai 20 derajat Celcius. Dengan cara ini, daging bisa awet hingga 6 bulan.

  • Beri label tanggal

Memberi label tanggal pada wadah daging juga akan membuat kamu lebih mudah memilih daging mana yang sebaiknya dipakai terlebih dahulu. Dengan begitu, daging yang sudah masuk kulkas atau freezer duluan akan terpakai lebih dahulu.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin menyimpan daging agar lebih awet dan juga tidak bau. Semoga dengan cara-cara di atas, daging kurban yang kamu dapatkan tetap berkualitas dan bisa menghasilkan masakan yang lezat ya.

BACA JUGA : Seperti Apa Batasan Orang Yang Disebut Mampu Berkurban?