Mengulang Bacaan Surat Yang Sama Dalam Shalat, Bolehkah?

16 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Ketika shalat, apakah kamu selalu membaca surat yang berbeda setelah al-fatihah? Atau kamu lebih sering mengulang bacaan surat yang sama? Ini adalah salah satu perkara yang paling sering terjadi ketika shalat, memilih bacaan surat untuk dibaca setelah al-fatihah. Kadang tidak jarang ada yang memilih untuk mengulang bacaan surat yang sama untuk setiap rakaat yang ditunaikan. Alasannya bisa jadi lupa, tidak hafal atau sedang terburu-buru hingga memilih surat yang pendek dan sama. Tapi bolehkah yang seperti ini dilakukan?

Daripada menebak-nebak, lebih baik kamu menyimak rangkuman yang sudah kami siapkan berikut ini. Siapa tahu ini bisa memberimu jawaban atas rasa penasaranmu karena perkara ini.

Hukum Bacaan Surat Setelah Al-Fatihah

Dikutip dari Republika, Sekretaris Lembaga Fatwa Mesir Dar Ifta, Dr Ahmed Mamdouh menyebutkan bahwa yang wajib dalam shalat adalah membaca surat al-fatihah. Bacaan surat setelahnya memiliki hukum sunnah. Pun diperbolehkan untuk membaca surat apapun. Bahkan dari Elbalad menjelaskan jika saat shalat hanya membaca al-fatihah saja, shalat tetap sah. Meski dengan begitu pahala dan karunia yang terdapat dalam surat-surat selain al-fatihah tersebut jadi tertinggalkan.

Pendapat Tentang Bacaan Surat Yang Sama Dan Diulang-ulang

Mayoritas Mazhab Syafi’i, Hanafi dan Hanbali memiliki pendapat bahwa jamaah dapat mengulang surat Al-qur’an yang dibaca pada rakaat pertama. Hal tersebut disebutkan berdasarkan sebuah riwayat yang menyebut bahwa Rasulullah pernah membaca surat Az Zalzalah pada dua rakaat shalat subuh.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 816),

dari seorang lelaki dari Juhainah, bahwasanya ia mendengar Nabi Shalallaahu ‘alaihi wa Sallam membaca (اذا زلزلت الارض) (surat Az Zalzalah) pada kedua rakaat shalat shubuh. Dan aku tidak tahu apakah Rasulullaah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam lupa, ataukah beliau membacanya dengan sengaja.

Kemudian Syaikh Al Albani ra menuliskan bahwa:

Tampaknya Nabi –Shallallaahu ‘alaihi wa sallam– melakukannya dengan sengaja, sebagai bentuk pensyariatan (hal tersebut).

Kitab ‘Sifat Shalat Nabi’.

Ada juga pendapat jumhur ulama dari kalangan Hanafiyyah, Syafiiyyah dan Hanabilah berpendapat:

Tidak mengapa bagi orang yang shalat untuk mengulangi surat Al Qur’an yang telah dibacanya pada rakaat pertama.

Meski begitu, disebutkan juga bahwa mengulang-ulang bacaan surat setelah al-fatihah yang sama menyelisihi sunnah dan petunjuk Nabi. Terlebih sunnah yang lebih disenangi adalah membaca surat yang bervariasi.

Berdasarkan tinjauan tersebut, bahwasanya ia dibolehkan, namun tidak disyari’atkan:  Kisah seorang lelaki yang diutus oleh Nabi SAW mengutus satu pasukan yang dipimpin oleh seorang lelaki. Pemimpin pasukan tersebut biasa mengimami para sahabatnya dan mengakhiri bacaannya dengan surat al Ikhlas.  Ketika mereka kembali dan mengabarkan hal tersebut kepada Nabi SAW, beliau bersabda, “Tanyakanlah kepadanya mengapa ia melakukannya?”, kemudian lelaki tersebut menjawab, “Sesungguhnya surat tersebut mengandung sifat-sifat Ar Rahman, dan aku senang membacanya.” Maka Nabi SAW bersabda, “Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah mencintainya.” Nabi menyetujui amalan lelaki tersebut, yakni ia mengakhiri bacaan shalatnya dengan surat Al Ikhlas. Akan tetapi, Rasulullaah tidak mensyari’atkannya, karena beliau tidak mengakhiri bacaan shalatnya dengan surat Al Ikhlas, tidak pula memerintahkan ummatnya untuk melakukannya. Maka menjadi jelaslah dengan keterangan ini bahwasanya ada amalan-amalan yang dibolehkan, namun tidak disyari’atkan. Maksudnya, jika ada orang yang melakukannya maka ia tidak diingkari, akan tetapi tidak dituntut untuk berbuat demikian.

Syaikh Ibnu Utsaimin dari “Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin” 17/252)

Agar bacaan surat setelah al-fatihah makin bervariasi seperti sunnah yang lebih disukai, kamu dapat membaca surat-surat Al-qur’an pada fitur Al-qur’an digital pada aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga ya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021