Menguap Saat Shalat, Bagaimana Hukumnya?

1 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Selain kentut, hal yang sering tidak dapat ditahan dan muncul secara tiba-tiba adalah menguap. Ini adalah aktivitas yang sering datang ketika tubuh merasa lelah dan butuh istirahat. Tapi bagaimana ya hukumnya jika menguap saat shalat? Apakah ini termasuk yang membuat shalat menjadi batal?

Pendapat Tentang Menguap Saat Shalat

Sebelumnya, kamu mesti tahu bahwa dalam Islam ternyata juga ada aturan atau adab untuk menguap. Seorang muslim dianjurkan untuk menahannya dengan cara mengatupkan bibir atau menahan dengan tangan kanan. Hal ini seperti yang dituliskan dalam sebuah hadits,

Kuapan (menguap) itu datangnya dari syaitan. Jika salah seorang di antara kalian ada yang menguap, maka hendaklah ia menahan semampunya.

HR. Bukhari dan Muslim

Meski begitu, menguap sering kali datang tak tertahankan. Jika sudah begitu, sangat dianjurkan untuk menutup mulut agar tidak terbuka lebar. Hal ini juga dituliskan dalam hadits,

Apabila salah seorang di antara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syaitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka).

HR. Muslim

Lalu bagaimana ya jika ini terjadi ketika shalat? Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa sebaiknya menahan rasa ingin menguap saat shalat. Hal ini dikarenakan menguap disebut datang dari setan yang ingin menggoda kekhusyuan shalat yang sedang dilakukan. Hal ini terdapat dalam sabda Rasulullah yang berbunyi:

Apabila salah seorang di antara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syaitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka).

HR. Muslim

Lalu apakah karena menguap saat shalat maka shalat menjadi tidak sah? Beberapa pendapat seperti dari Anggota Fatwa Dar al-Ifta Mesir, Syekh Mahmud Syalabi menyebutkan bahwa menguap tidak membatalkan shalat. Ini berarti shalat yang dilakukan tetap sah. Disebutkan juga bahwa menahan kantuk atau rasa menguap saat shalat merupakan sunnah. Sebab bagaimanapun sebaiknya shalat dilakukan dengan cara yang terbaik demi menunjukkan rasa hormat kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya?

Ustad Abdul Somad pada Pikiran Rakyat juga menyebutkan bahwa menahan menguap saat shalat dengan menggunakan tangan juga tidak membatalkan shalat. Sebab, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sebisa mungkin menguap memang mesti ditahan. Penasaran tidak sih kenapa harus ditahan?

Ustad Abdul Somad menjelaskan ternyata ada hikmah dan maksud dari perbuatan menahan menguap tersebut. Saat menguap, mulut cenderung terbuka lebar dimana tulang rahang dapat bergeser dan bisa menyebarkan dislokasi. Ini adalah kondisi dimana tulang keluar atau bergeser dari posisi normalnya. Jika ini terjadi pada rahang, bukan tidak mungkin jika mulut kemudian tidak bisa menutup kembali seperti semula.

Temukan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Ternyata, selain karena berasal dari setan, menahan menguap juga ada hikmah untuk kesehatan juga ya? Subhanallah.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021