Mengenal Tadabur, Cara Memaknai Dan Menyelami Makna Alquran

25 August 2021

Tahukah kamu bahwa dalam 5 ayat pertama al-quran terdapat seruan untuk umat Islam membaca, merenungi dan menghayati ciptaan Allah SWT? Ini adalah yang terdapat pada surat Al-Alaq, surat ke-96 yang termasuk dalam surat Makkiyah. Perlu diketahui bahwa dalam al-quran memang tersimpan kebaikan, pedoman dan ilmu yang banyak. Oleh karena itu tak salah jika sebagai umat Islam harus tadabur.

Definisi tadabur

Apa itu tadabur? Secara bahasa, istilah ini memiliki arti melihat dan memperhatikan kesudahan segala urusan dan bagaimana akhirnya. Ibnu al-Qayyim juga menyebut bahwa dengan melakukan tadabur maka seseorang mesti melihat dan memperhatikan perkataan dari awal hingga akhir dan mengulang-ulanginya.

Dikutip dari Republika, tadabur al-quran dimaknai sebagai menggunakan ketajaman mata hati dengan perenungan mendalam dan secara berulang-ulang demi mendapat atau menangkap pesan-pesan dalam al-quran. Sebagaimana dalam kitab Al-Fawaid milik Ibnu al-Qayyim disebutkan “Jika engkau ingin mengambil manfaat dari alquran maka pusatkanlah hatimu ketika membaca dan mendengarkannya, fokuskanlah pendengaranmu dan hadirlah seperti seseorang yang sedang diajak bicara oleh Allah SWT.”

Tujuan melakukan tadabur al-quran

Adapun dijelaskan tujuan dari tadabur ini adalah demi mendapatkan manfaat dan mengikuti apa hal-hal yang ada di dalam alquran. Selain itu, tadabur juga bertujuan untuk membuat umat Islam mengamalkan serta berpegang pada isi dalam al-quran.

Ibnu Taimiyyah menjelaskan bahwa siapa saja yang menadaburi al-quran untuk mendapatkan petunjuk darinya maka akan diberi jalan kebenaran yang sejelas-jelasnya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa tujuan tadabur al-quran adalah:

  1. Agar bisa merasakan bahwa al-quran memang benar berasal dari Allah SWT. Sehingga tidak akan ada lagi keraguan antara al-quran dan hatinya, antara al-quran dan realita serta antara satu ayat al-quran dengan lainnya.
  2. Untuk membuka kunci pintu kalbu atau hati sebab di dalam sanalah pesan-pesan al-quran akan tertanam

Temukan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Ayat al-quran sebagai penegas

Apakah umat Islam wajib melakukan tadabur pada al-quran? Jawabannya ada dalam firman Allah pada surat Shad ayat 29. Di dalam ayat tersebut ditegaskan mengenai kewajiban bertadabur. Ayat tersebut berbunyi:

{كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka mentadaburi ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.”

Bagaimana caranya?

Menurut Rafiq, alumni Darul Hadits Al-Ghomidy, Awaly, Makkah Al-Mukarromah apda Republika, ada beberapa langkah untuk umat Islam yang ingin menadaburi al-quran. Di antaranya adalah:

  • Mengevaluasi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti “Apakah yang terdapat dalam ayat al-quran telah dijalankan?” “Apakah telah meninggalkan yang diharamkan?”
  • Ketika menemukan kisah umat terdahulu, maka baiknya adalah mengambil hikmah agar tidak mengalami kesalahan yang sama dan mengambil kebaikannya saja
  • Jika menemukan kejadian yang mungkin akan datang di masa depan maka sebaiknya bersiap diri sebab dalam al-quran lah terkandung kebenaran.

Alquran Digital MAQMUR

Kini kamu sudah tahu bahwa selain membaca al-quran, kamu juga perlu menadaburinya. Sebab dengan begitu kamu akan menghayati serta mengerti makna dari tiap-tiap ayat yang kamu baca.

Apakah ini informasi yang bermanfaat untukmu? Jangan lupa bagikan ya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021